Saturdate Bagian 3

  • Tempat: Masjid Raya Unpad
  • Saturdate Bagian 3: Umi Aan
  • Tanggal: 14 september 2019
  1. termasuk unnah qouniah.
  2. stelsel terkecil: keluarga
  3. perlu ikhtiar, tidak hanya menunggu dilamar
  4. hasyim asyari berkata: sesungguhnya tauhid mewajibkan adanya iman. Iman mewujudkan adanya syariat. penegakkan syariat mewajibkan adanya adab.
  5. sakinah: tenang tentram damai
  6. mawaddah: mahabbah
  7. rahmah: kasih sayang
  8. kedewasaan itu bukan soal umur, tapi kematangan jiwa. Kesadaran akan kelemahan2 diri. Dan punya kesadaran untuk memperbaikinya. Mendidik terus menerus.
  9. indikator kedewaaaan: bisa menasehati dan menerima saran dalam sudut pandang mereka. Fleksibel tidak keukeuh peuteukeuh. Mau menerima kekalahan dan kesalahan, tanpa berlarut larut.
  10. tugas guru orang tua pembina untuk menumbuhkan itu.
  11. membangun jiwa perubah. Tapi perubah yang fleksibel.
  12. memilih pasangan: mengedepankan masalah agama dan dakwah dibanding kesukaan pribadi.
  13. adab akan menikah: menyampaikan niat ke orang tua guru pembina, izin dan restu orang tua, berpadu kemaslahatan dakwah dan agama dan kemaslahatan dakwah, tidak boleh pacaran khalwat mendekati zina.
  14. tahapan: bersihkan niat bukan semata karena suka atau sendiri atau syahwat memuncak tapi karena perintah allah sunnah allah dan salah satu tahapan untuk menegakkan syariat islam, berdoa minta kepada allah jangankan soal nikah soal meminta kecukupan garam atau tali sandal putus saja disuruh, shalat hajat, memperbanyak istighfar -> mempermudah kesulitan – memberikan rezeki – jalan keluar persoalan, memperbanyak sedekah -> menambah rizki – jodoh juga rizki, menyiapkan ruhiah, menyiapkan ilmu, menyiapkan jasad, menyiapkan harta, mengondikasikan keluarga besar.
  15. taaruf: saling bertukar biodata dan foto, shalat istikharah, musyawarah dengan orang tua, boleh nadzor, taarud bertemu muka dengan mediator.
  16. khitbah
  17. akad nikah
  18. walimatul ‘ursy
  19. setelah nikah: keluarga, kerabat, tetangga, masyarakat
0Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Kreator Konten Daring dan Programmer. Bloger Bandung. Founder Forum Bloger ID. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Hubungi saya melalui email [email protected] . Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai