Vaksinasi Corona Dimulai, Menyambut Kehidupan Normal

0Shares

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya, bahwa kita akan menjalani hari-hari dengan kehidupan di luar normal seperti sedia kala, kita menyebutnya kebiasaan normal baru atau new normal. Ya, tidak lain semua diakibatkan oleh pandemi virus Corona Covid-19 yang mewabah di seluruh dunia. Dengan adanya kehidupan new normal tersebut, pada akhirnya saat ini kita harus membatasi pekerjaan di luar rumah, membatasi interaksi dengan orang lain, menggunakan masker ke mana-mana, dan lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Kondisi dunia sampai saat ini belum menemukan titik terang, setiap hari jumlah kasus infeksi corona masih bertambah. Terhitung hingga pertengahan Desember 2020 saja, sudah ada kurang lebih 75 juta orang di dunia yang terinfeksi virus ini. Sifatnya yang menular melalui kontak udara, membuat virus ini benar-benar menjadi wabah yang mengerikan bagi semua orang. Di Indonesia sendiri, terhitung sudah 636 ribu orang terinfeksi virus ini pada periode yang sama. Maka dari itu, Indonesia dan dunia butuh solusi dan jalan keluar untuk bisa menghapus wabah ini dalam kehidupan manusia. Hal ini adalah tantangan bagi dunia, umat manusia, Indonesia, dan juga bagi kita semua.

Tentang Vaksin Corona

Baru baru ini, rasanya agak sedikit lega, semacam mulai terlihat seberkas cahaya di dalam kegelapan. Dunia mulai sibuk dengan persiapan vaksinasi corona. Salah satu upaya yang dilakukan dunia untuk bisa keluar dari wabah serius ini. Vaksin corona digambarkan sebagai ‘superman’ yang datang kesiangan sebagai solusi efektif yang dapat dilakukan berbarengan dengan melakukan proteksi dini 3M: menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan secara berkala.

Sumber: Kemenkes.go.id

Apa itu vaksin? Apa fungsinya? Kata Wikipedia, vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit. Pemberian vaksin dilakukan untuk mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi penyebab penyakit – penyakit tertentu. Nah dengan vaksin corona ini, diharapkan nantinya manusia menjadi kebal dari virus corona, dan pada akhirnya wabah virus corona hilang dari muka bumi.

Lalu apa bedanya vaksin dan imunisasi? Tentu vaksinasi berbeda dengan imunisasi, imunisasi merupakan proses dalam tubuh agar seseorang memiliki kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Imunisasi terbagi menjadi imunisasi aktif dan pasif.

Menyembuhkan Indonesia dengan Vaksinasi Corona

Harapan seluruh masyarakat Indonesia saat ini tentunya adalah bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala. Bekerja tanpa adanya hambatan, bersekolah di ruang kelas dengan teman-teman, mengelola usaha dengan beratus ratus pembeli, dan lain sebagainya. Pastinya semua sudah membayangkan hal itu dapat kembali terjadi. Dengan adanya vaksinasi, semoga saja harapan itu benar-benar terjadi ya.

Sumber: Presidenri.go.id

Bersyukur sekali kita, baru baru ini Presiden Joko Widodo memberikan kabar gembira bagi kita semua. Bukan ‘kulit manggis ada ekstraknya’, namun kabar tentang vaksin corona yang akan disebarluaskan secara gratis untuk seluruh kalangan masyarakat. Artinya, dengan begitu vaksin corona ini akan benar-benar disebarluaskan ke masyarakat sesuai dengan target dan tujuan penggunaan yang disasar oleh pemerintah untuk menekan penyebaran virus.

Vaksin tersebut dibuat oleh beberapa perusahaan farmasi pembuat vaksin. Produk vaksin yang ada saat ini contohnya vaksin yang dibuat oleh Pfizer dan BionTech. Dilansir dari Halodoc, Pfizer dan BionTech mengklaim Vaksin Corona yang mereka buat memiliki efektivitas 90 persen, dalam mencegah COVID-19, meski belum rampung uji klinis fase ketiga. Pihak Pfizer menyebut bahwa jika vaksin corona tersebut bisa menghentikan infeksi, maka dengan begitu penularan pun dapat terhenti. Ya, semoga adanya vaksin ini, akan ada banyak orang yang kebal dari virus corona, sehigga penularan dapat terhenti.

Informasi-informasi mengenai dunia kesehatan seperti informasi di atas banyak saya dapatkan dari Halodoc. Halodoc menyediakan banyak sekali artikel kesehatan yang tentunya dapat menambah ilmu kita. Informasi tentang vaksin dan corona dapat dengan mudah dicari di halodoc. Kita pun bisa bertanya dan konsultasi tentang Corona ini ke dokter-dokter halodoc melalui halaman menu Tanya Dokter. Fasilitas lengkap hari Halodoc ini baiknya kita manfaatkan dengan baik.

Semoga saja harapan kita tidaklah hanya sekadar harapan belaka. Semoga ke depannya, proses vaksinasi ini dapat berjalan dengan lancar. Sehingga Indonesia bisa terbebas dari wabah covid-19 ini hingga kita bisa kembali beraktivitas normal tanpa ada hambatan apapun. Semoga.

0Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Kreator Konten Daring dan Programmer. Bloger Bandung. Founder Forum Bloger ID. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Hubungi saya melalui email arsabandung@gmail.com . Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai