Alasan Kesulitannya Dewan Konstituante (Masa Demokrasi Parlementer) Membahas Dasar Negara Indonesia

Gambar: Sidang Konstituante – Tirto.id

Jelaskan mengapa pembahasan mengenai Dasar Negara di Dewan Konstituante (Masa Demokrasi Parlementer) mengalami kesulitan?

Pembahasan mengenai dasar negara mengalami banyak kesulitan. Hal ini lebih disebabkan oleh adanya konflik dan pertentangan ideologis antara partai-partai besar yang memegang kendali Dewan Konstituante. Dalam pembahasannya, terdapat 3 usulan Dasar Negara Indonesia, yakni Pancasila, Islam, dan Sosial Ekonomi. Namun, ketiganya mengerucut menyisakan Pancasila dan Islam sebagai usulan dasar negara yang mendapat dukungan banyak dari anggota Dewan Konstituante. Anggota dewan yang beraliran nasionalis mendukung Pancasila, dan anggota yang beraliran agamis mendukung dasar negara Islam diterapkan.

Namun, dalam perkembangannya, tidak terjadi kesepakatan di antara kedua kelompok ini. Meski pada mulanya kelompok pendukung dasar negara Islam telah mengusulkan untuk dimasukkannya nilai-nilai Islam pada butir Pancasila, yaitu dengan memasukkan poin pertama Piagam Jakarta sebagai sila pertama Pancasila. Namun, usulan ini ditolak. Akibatnya, pembahasan mengenai Dasar Negara Indonesia oleh Dewan Konstituante ini mengalami kebuntuan.

0Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Kreator Konten Daring dan Programmer. Bloger Bandung. Founder Forum Bloger ID. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Hubungi saya melalui email [email protected] . Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai