Struktur dan Fungsi Alat Indera Peraba (Kulit)

0Shares

Mari kita pelajari kulit kita! Perhatikan kulitmu atau kulit temanmu! Kulit berwarna coklat sawo matang, kuning, atau hitam karena ada pigmen melanin. Perhatikan gambar skema kulit! Kulit tersusun atas beberapa lapisan yaitu lapisan kulit luar dan dalam (ari). Pada lapisan kulit terdapat indera perasa. Kelenjar keringat.  

Kulit memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  1. Reseptor rangsang sentuhan dari lingkungan sekitar
  2. Selain itu juga berfungsi untuk:
  3. Mencegah penguapan air dari dalam tubuh
  4. Perlindungan dari sinar ultra violet (UV) karena mengandung pigmen hitam yang disebut melanin
  5. pengaturan suhu tubuh karena memiliki pembuluh darah kulit arteriovenosa shunt (hubungan arteri vena secara langsung)
  6. Ekskresi limbah metabolisme melalui kelenjar keringat

Reseptor pada kulit

Pada lapisan dalam kulit terdapat berbagai jenis penerima rangsang (reseptor). Letak reseptor pada kulit tersebar dan tidak merata antara bagian satu dengan lainnya.  

Pada kulit punggung tangan memiliki reseptor lebih banyak daripada telapak tangan. Jenis-jenis reseptor pada kulit antara lain sebagai berikut:

  1. Reseptor untuk menerima rangsang tekanan.
  2. Reseptor untuk menerima rangsang panas.
  3. Reseptor untuk menerima rangsang nyeri.
  4. Reseptor untuk menerima rangsang sentuhan.
  5. Reseptor untuk menerima rangsang dingin.

Uji kepekaan indeera pembau. Tutup mata dengan menggukan kain, kemudian dekatkanlah kopi bubuk, bunga melati kemudian suruh menyebutkan.

Pos blog ini merupakan hasil alih media dari buku bebas sebar Buku Sekolah Elektronik Ilmu Kesehatan Jilid I untuk SMK oleh Heru Nurcahyo yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

0Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Kreator Konten Daring dan Programmer. Bloger Bandung. Founder Forum Bloger ID. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Hubungi saya melalui email arsabandung@gmail.com . Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai