Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari perilaku individu dan organisasi yang terlibat dalam produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Tujuan ilmu ekonomi ini adalah untuk meramalkan berbagai peristiwa ekonomi dan untuk membuat berbagai kebijakan yang akan mencegah atau mengoreksi berbagai masalah seperti pengangguran, inflasi, atau pemborosan dalam perekonomian.

Ilmu ekonomi terbagi menjadi ilmu makroekonomi dan ilmu mikroekonomi. Ilmu makroekonomi mempelajari output agregat, kesempatan kerja, dan tingkat harga umum. Makroekonomi merupakan studi tentang perekonomian secara keseluruhan (aggregate) meliputi pendapatan nasional, investasi nasional, produksi nasional, dan sebagainya yang bersifat makro.

Ilmu  mikroekonomi  mempelajari perilaku ekonomi para pengambil keputusan individual seperti konsumen, pemilik sumber daya, dan perusahaan bisnis. Ilmu mikroekonomi merupakan  teori  yang  mempelajari  bagaimana  sebuah  rumah  tangga  atau  perusahaan secara  individu  membuat  berbagai  keputusan  ekonomi;  merupakan  pemecahan  dari variabel-variabel ekonomi makro, merupakan teori harga, yang mempelajari sumberdaya yang terbatas jumlahnya sehingga diperlukan adanya suatu alternative.

Masalah Ekonomi

  1. Apa yang harus diproduksi dan berapa banyaknya?
  2. Bagaimana memproduksinya?
  3. Untuk siapa barang dan jasa diproduksi?

Barang dan Jasa

  1. Barang ekonomi dan barang bebas.
  2. Barang akhir.
  3. Barang antara (barang yang belum dapat langsung digunakan konsumen -> perlu diolah lebih lanjut).
  4. Barang Modal (barang yang dibuat untuk menghasilkan barang lain).

Mengapa belajar Ilmu Ekonomi

  1. Membantu cara berfikir dalam pengambilan keputusan.
  2. Membantu memahami masyarakat.
  3. Membantu memahami masalah-masalah internasional.
  4. Bermanfaat dalam membangaun masyarakat.

Dikutip secara langsung tanpa pengubahan dari Modul Pengantar Ilmu Ekonomi, Mumu Natapriatna.

0Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Kreator Konten Daring dan Programmer. Bloger Bandung. Founder Forum Bloger ID. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Hubungi saya melalui email [email protected] . Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai