Kuasai Semua Ini untuk Menjadi Web Developer

3Shares

Meski tahun ini gelora penggunaan web/website tidak sebesar tahun 2015, namun tetap teknologi website masih menjadi salah satu teknologi paling dibutuhkan di dunia informasi saat ini. Bisa dibilang, basis website masih menjadi primadona bagi para developer IT dalam mengembangkan inovasi/startupnya.

Di dunia nyata pun, masih banyak perusahaan yang melirik penggunaan website sebagai pemikat produknya, meski perkembangan sosial media mulai mengikis pemanfaatan website di masyarakat.

Hmm, lalu bagaimana pandangan para informatikawan?

Berhubung saya adalah informatikawan, tadi saya mengadakan survey ke kawan-kawan saya yang jauh lebih berpengalaman di dunia IT. Ini yang saya tanyakan:

Hmm, penasaran dengan jawaban mereka? Cekidot, langsung liat aja apa kata mereka.

Hoho, benar kan apa kata saya sebelumnya, permintaan pembuatan web oleh perusahaan masih banyak dibutuhkan. Toh karena dengan web, ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti:

  1. Promosi dan penjualan produk.
  2. Mesin program (web jenis ini yang banyak dibutuhkan sekarang, web yang fungsinya sesuai dengan keinginan sang pemesan).
  3. Elektronisasi aktivitas, misal E-Commerce, E-Learning, E-Government, dsb.
  4. Media publikasi karya.

Apa Saja yang Harus Dipelajari untuk Bisa Menjadi Web Developer?

Aduh kang, jadi pengen bisa bikin web yang punya nilai jual, susah gak sih belajarnya?

Yang Harus Dipelajari | Lisensi gratis Freepik.com

Bagi Sahabat yang tertarik dan bersemangat untuk menjadi Web Developer, berikut saya akan memberi tahu ilmu apa saja yang harus Sahabat pelajari. Let’s read!

1 | Memahami Konsep Website

Sebelum mempelajari ilmu-ilmu utama seorang web developer, perlu ditekankan bahwa Sahabat sebelumnya harus paham mengenai konsep berjalannya sebuah website. Mulai dari konsep kerja http, konsep kerja hosting & domain, konsep kerja pemrograman web, dan konsep kerja jaringan (server – klien).

2 | Belajar HTML dan CSS

HTML dan CSS | Lisensi gratis Freepik.com

Bahasa HTML (Hyper Text Markup Languange) dan CSS (Cascading Style Sheet) adalah dua ilmu dasar yang sangat wajib dipahami oleh setiap calon web developer. HTML dipergunakan untuk melakukan layout dan membentuk tampilan sebuah website. Sedangkan CSS digunakan untuk memformat tampilan tersebut agara mudah digunakan dan lebih menarik tentunya.

3 | Belajar PHP dan MySQL

PHP dan MySQL | Lisensi gratis Freepik.com

Belajar PHP  digunakan untuk Server Side Programing, sedangkan MySQl digunakan untuk Database Management System, dengan kata lain dengan PHP dan MySQL kita dapat membuat program dan fitur-fitur hebat di dalam sebuah website. Atau biasanya kita-kita para informatikawan menyebutnya sebagai bahasanya Back-End Website Programer.

4 | Belajar JavaScript dan jQuery

Form online biasanya dibangun menggunakan JavaScript | Sumber gambar duniailkom.com

Mesti banyak programer bilang kalau JavaScript dan jQuery merupakan ilmu yang bersifat opsional. Tapi tetap, jika Sahabat ingin membuat web yang interaktif dan animatif, kedua ilmu ini perlu dipelajari. JavaScript biasa digunakan dalam pembuatan form online, fitur chatting, efek-efek modern, dan juga games.

Oh ya, jQuery sendiri adalah teknologi library terbaru yang membuat JavaScript lebih powerfull sehingga bahasa JavaScript lebih mudah digunakan dan dapat diemplementasi ke berbagai web browser.

5 | Belajar PHP Framework

PHP Framework adalah suatu kerangka kerja yang telah terpola dan memudahkan pengembang web dalam pembuatan web yang menggunakan script PHP.

Memudahkan gimana nih bang? Memrogram web tetep aja susah…

Gini nih, dalam membuat sebuah aplikasi web kita sering menulis script PHP secara keseluruhan (konvensional) dan itu pun kita ulang pada halaman yang lain.

Bener kan?

Cara tersebut sangat tidak efesien juga berat ketika diload. Nah dengan PHP Framework semua bisa teratasi guys. Semuanya sudah diatur menjadi pola-pola tertentu yang disebut dengan class. Pola/class inilah yang meringankan kita dalam penulisan script dan load halaman web.

6 | Belajar Bootstrap

Fungsi Bootstrap | Lisensi gratis freepik.com

Hmm, dari awal saya melulu nih yang ngejelasin, gimana kalau kali ini kita lihat bagaimana pendapat dari Ka Fadlullah Faduldalam webnya dul.web.id mengenai bootstrap ini.

Bootstrap merupakan framework untuk membangun desain web secara responsif. Artinya, tampilan web yang dibuat oleh bootstrap akan menyesuaikan ukuran layar dari browser yang kita gunakan baik di desktop, tablet ataupun mobile device. Fitur ini bisa diaktifkan ataupun dinon-aktifkan sesuai dengan keinginan kita sendiri. Sehingga, kita bisa membuat web untuk tampilan desktop saja dan apabila dirender oleh mobile browser maka tampilan dari web yang kita buat tidak bisa beradaptasi sesuai layar. Dengan bootstrap kita juga bisa membangun web dinamis ataupun statis.”

Fadlullah Fadul

Intinya, teknologi Bootstrap ini membantu kita dalam pembuatan web yang responsive and mobile friendly.

7 | Belajar Desain

Belajar Desain | Lisensi gratis Freepik.com

Hmm, desain? Buat apa?

Please deh bang, ngeprogram web itu gak cuma nulis script alias ngoding n ngoding. Sahabat semua pasti butuh ilmu desain, toh ada banyak bagian web yang membutuhkan keahlian desain. Mulai dari desain layout, desain beberapa elemen, hingga desain konten.

Feel The Boom Sensation

Dari penjelasan di atas, jelas sekali ada tujuh materi yang sebaiknya Sahabat pelajari sebagai jalan menjadi seorang web developer. Dan jelas, masih banyak ilmu selain di atas yang semestinya dipelajari agar Sahabat bisa menjadi web developer yang professional.

Tapi, kira-kira berapa lama saya harus belajar semua itu?

“Hmm, jadi ngakak denger pertanyaan di atas. Saya terfikir lama seorang daku – Muhammad Fadillah Arsa – yang butub waktu 4 tahun lamanya untuk bisa handal dalam ngeblog, apalagi belajar web developing secara otodidiak. Wkwkw.”

Apakah butuh waktu 10 tahun?

“Hehe, ya enggak lah. Gini deh, secara umum belajar otodidak itu udah jelas lebih lama prosesnya plus lebih banyak modalnya ketimbang digurui. Di sini, saya hanya menyarankan, untuk Sabahat yang memang ingin benar-benar menjadi seorang web developer dan memang udah kebelet banget, coba deh ikutan kursus web programming. Boom! Cuma kursus 2 sampai 5 bulan cita cita Sahabat menjadi web developer bisa terwujud.”

Boom! | Lisensi gratis freepik.com

Dimana kak? Dimana tuh kak?

Coba Sahabat cek deh program kursus web di Dumet School, mereka menawarkan paket pembelajaran yang lengkap abis. Dan yang saya salut, kamu bisa mengulang kelas sepuasnya sampai bisa.

Wuih!!! Mantap bukan?

Terakhir, saya ingin menutup dengan sebuah quotes kece nih.

“The more knowledge you can grab, The more achievement you will get.”

Semoga bermanfaat.

3Shares

Informatikawan, Bloger, dan Pegiat Sastra. Founder Forum Bloger ID (Line Square). Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Site Footer