Alasan Pentingnya Web Security dan Cara Mudah Menerapkannya pada Produk Digitalmu

6Shares

Di era digital ini, setiap aspek kehidupan mulai berinteraksi dengan dunia internet. Dimulai dari bidang perdagangan, bidang pendidikan, bidang pemerintahan, bidang politik, dan lain sebagainya mulai mengolaborasikan sebagian atau seluruh sistem kerjanya dengan internet. Sebagai contoh, bidang perdagangan memiliki sistem e-commerce, pendidikan memiliki sistem e-learning, dan bidang pemerintahan memiliki sistem e-government.

Saat ini, sistem kerja yang dikolaborasikan dengan internet tersebut cenderung menggunakan sistem web sebagai basis pembangunannya. Itu terjadi karena sifat web yang fleksibel dan membuka peluang kita dapat mengembangkannya sesuai dengan tujuan yang diinginkan, serta belum ada basis lain yang berhasil menyainginya.

Maka yang terjadi saat ini, banyak sekali kalangan bisnis ataupun pribadi yang mulai melirik web sebagai salah satu cara yang dapat memfasilitasi mereka untuk mencapai tujuannya. Hingga pada akhirnya, terbentuklah sebuah ekosistem internet raksasa dengan web sebagai penguasanya.

Hoho…

Meski saat ini membuat sebuah web sangat mudah dilakukan, seperti menggunakan website builder dan Content Management System, namun nyatanya untuk menjadikan web dapat bertahan kokoh di internet ada beberapa aspek lain yang harus diperhatikan, salah satunya diantaranya adalah aspek keamanan web atau lebih populer dengan sebutan web security.

Hmm, emang web security penting yah?

Bagi Sahabat yang masih belum paham mengenai web security dan seluk beluknya, tulisan saya kali ini saya kira sangat pas untuk Sahabat. Saya akan mengulas secara mendalam mengenai pentingnya web security dan cara mudah untuk menerapkannya khusus untuk sahabat pembaca sekalian.

Penasaran?

Hehe, yuk lanjut membaca!

Sebelum saya mengulas seputar web security, ada baiknya saya ulas sekilas mengenai ‘alasan mengapa web menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan kita’ di era digital ini.

Ada dua alasan pokok yang menjadi penyebabnya.

Saya yakin, Sahabat yang sedang membaca blog ini tidak mutlak sedang membacanya dengan menggunakan laptop. Setiap orang memiliki kegemaran penggunaan gadget yang berbeda-beda untuk mencari informasi di internet (inggris: browsing). Saya sendiri lebih menyukai browsing menggunakan laptop ketimbang gadget lainnya karena pertimbangan kenyamanan membaca, tapi mungkin saja Sahabat lebih menyukai browsing menggunakan smartphone atau tablet karena pertimbangan portabilitas.

Yap, web bisa diakses melalui berbagai macam gadget ketimbang aplikasi semisal dengan basis mobile appsĀ yang hanya dapat diakses dengan menggunakan sistem operasi tertentu.

Bagi saya dan kawan-kawan para pengembang aplikasi, basis web adalah yang terbaik saat ini. Di samping karena jangkauan penggunaan yang sangat luas, itu karena web dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Dengan banyaknya bahasa pemrograman, framwork pemrograman, bahkan adanya software pembuat web siap pakai, pengembang memiliki banyak pilihan cara pengembangan web

Coba lihat saja, ketika manusia membutuhkan aplikasi untuk memudahkan jual-beli, maka hadirlah web e-commerce, ketika manusia membutuhkan sistem pengelolaan pemerintahan, maka hadirlah web e-government, ketika para profesional membutuhkan aplikasi yang dapat membantu pekerjaan mereka, maka hadirlah web apps.

Web security (indonesia: keamanan web) merupakan salah satu komponen penting dalam pembangunan/pembuatan dan pengeloaan sebuah web. Istilah web security meliputi segala usaha yang dilakukan oleh pengembang web dalam menjaga keamanan web dari segala ancaman yang berasal dari hasil manipulasi manusia.

Hasil manipulasi manusia?

Yap, web security hanya berkaitan dengan ancaman hasil manipulasi manusia. Ancaman-ancaman yang tidak berkaitan dengan hasil manipulasi manusia seperti ancaman kerusakan hardware server karena usia penggunaan, ancaman kerusakan sistem web karena kesalahan pemrograman, atau ancaman diblokirnya web karena penggunaan software yang tidak tepat tidaklah ada hubungannya dengan istilah web security ini.

Dalam konteks ini, ancaman hasil manipulasi manusia sendiri berkaitan dengan setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia untuk merusak sebuah sistem web. Secara, di zaman digital seperti ini, ada saja orang yang berkeinginan untuk merusak suatu sistem web dengan berbagai tujuan, beberapa diantaranya berikaitan dengan kepentingan bisnis, hingga kepentingan mencari penghasilan.

Terkadang, ketika kita meluncurkan sebuah produk dalam bentuk web, secara tidak sengaja kita akan menjatuhkan kompetitor dengan produk sejenis. Dalam persaingan bisnis, kadang-kala norma-norma yang berlaku tidak diindahkan. Kompetitor bisa saja tidak suka dengan kemunculan produk kita, sehingga mereka mencoba untuk merusak produk web kita dari celah yang ada.

Kita tidak bisa melupakan adanya bocah-bocah nakal di negeri ini. Siapa bocah nakal itu? Mereka yang sedang belajar hacking. Terkadang para pembelajar hacking mencoba mengimplementasikan kemampuan mereka pada suatu website. Dan bisa saja web kita menjadi sasaran mereka.

Ingat dengan berita Ransomeware Wannacry? Kejadian semacam itu adalah satu dari banyak contoh kejadian perusakan web untuk kepentingan mencari penghasilan. Merek bisa saja merusak web kita, lalu mereka menawarkan penyelesaian masalah dengan syarat pembayaran sejumlah uang. Kalau hal itu terjadi pada web kita, mungkin saja kita hanya bisa menangis tersedu-sedu. Heuheu.

Metode semacam ini juga bisa dilakukan secara masal tanpa menerapkan objek tertarget. Mereka bisa saja membuat ancaman berbahaya dan juga software pemecahnya ancaman tersebut. Tentu metode semacam ini sangat menguntungkan mereka, karena software pemecah ancaman yang mereka buat akan laku keras.


Adapun, beberapa ancaman hasil manipulasi manusia yang saat ini banyak diterjadi dan banyak dilakukan adalah sebagai berikut.

Malware merupakan singkatan dari malicious software, yaitu suatu software/program yang dirancang dan diprogram khusus untuk menyusup ke suatu sistem komputer. Secara umum, malware bertugas untuk mencuri data atau merusak sistem. Dalam konteks kali ini, malware dapat menyusup ke komputer server lalu mencuri data pengunjung web atau data sistem web, atau merusak sistem web kita sehingga tidak berfungsi secara normal.

Contoh dari malware adalah virus, worm, trojan horse, spyware, rootkit, dan lain-lain.

Spam email apakah berbahaya?

Tentu kita bisa katakan tidak berbahaya jika email spam yang masuk hanya satu sampai sepuluh saja. Tapi apa jadinya jika ada 100 sampai 10.000 email spam yang masuk setiap harinya, atau email yang masuk bisa mengelabui dan menipu kita untuk menginputkan data-data penting seperti nomor dan password kartu kredit? Kan brabe…

Ancaman lain yang banyak terjadi pada saat ini adalah visitor bom. Serangan ini dilakukan dengan mengirimkan visitor/pengunjung ke web kita dalam jumlah yang sangat sangat banyak hingga membuat web server kita down. Akibatnya, web kita menjadi tidak bisa diakses oleh seluruh pengunjung dalam beberapa waktu.

Serangan yang paling menyeramkan adalah serangan hacker secara langsung. Bagaimana tidak menyeramkan? Jika hacker yang melakukan serangan terhadap web kita adalah hacker profesional, dan web kita tidak memiliki pengamanan yang kuat, apa jadinya web kita? Hmm, coba beri jawabanmu di kolom komentar šŸ™‚ .


Lalu apa akibatnya jika web kita terkena ancaman-ancaman itu?

Jika web kita terkena ancaman-ancaman itu, maka ada dua kemungkinan yang akan terjadi:

  1. Web Rusak.
    Jika hanya berakibat web yang rusak, maka akan berakibat pada tingkat kepercayaan pengguna pada web kita. Entah itu produk kita akan tenggelam, atau hanya kehilangan pengunjung selama sehari.
  2. Data Kita atau Data Pengunjung Terambil.
    Kemungkinan kedua ini adalah masalah besar, jika telah menyangkut data-data dengan tingkat privasi yang tinggi, maka bisa saja kita sebagai pengembang web akan berhadapan dengan masalah tindak pidana. Menyeramkan bukan?

Untuk itulah, penting sekali bagi kita untuk menerapkan web security pada web kita sebaik mungkin.

Kamu pemilik produk digital? Kamu pemilik startup, pengembang web, pemilik blog, atau bahkan pemilik perusahaan digital, namun bingung cara menerapkan web security? Tenang, sebenarnya untuk menerapkan web security pada produk digital kita tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan pada beberapa kasus, kita tidak sama sekali harus memiliki kemampuan pemrograman di dalamnya.

Kok bisa? Gimana tuh caranya?

Ya bisa lah… Pada bagian ini saya akan memberikan solusi langkah mudah menerapkan web security pada produk digital kita dengan menggunakan layanan hosting dewaweb dan fasilitas pendukungnya.

Penasaran?

Baca dengan sungguh-sungguh yang satu ini ya…

Hal pertama yang penting nan krusial untuk menerapkan web security pada web kita adalah memastikan bahwa kita menyewa layanan hosting terbaik.

Apa yang dimaksud dengan hosting terbaik?

Bagi saya sendiri, hosting terbaik adalah hosting yang memiliki fasilitas pendukung pengamanan web yang mumpuni, ditopang teknologi hardware terbaik, sistem managemen perusahaan yang terakreditasi baik, cocok untuk web kita, plus harganya murah hehe šŸ™‚ .

Adakah hosting yang seperti itu?

Bagi saya sendiri, semua kriteria yang telah saya sebutkan di atas dimiliki oleh layanan hosting Dewaweb. Yap Dewaweb adalah penyedia layanan hosting asli Indonesia yang menyediakan cloud hosting murahĀ dengan fasilitas terlengkap dan teknologi terbaik.

Dan yang paling menarik perhatian saya, Dewaweb telah mendapatkan sertifikat International Organization for Standardization (ISO) and the International Electrotechnical Commission (IEC) 27001:2013Ā dan sudah memenuhi persyaratanĀ Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2016Ā dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dewaweb menjadi yang pertama mendapatĀ sertifikat resmiĀ ini di antara para kompetitor lainnya dengan usaha jasa sejenis (cloud hosting, shared hosting, vps, domain, etc.). Artinya, untuk sistem managemen perusahaan sendiri, kita tidak perlu khawatir dan tidak mesti menyangka hosting ini adalah hosting abal-abal.

Dan paling bahagianya lagi, dengan menggunakan dewaweb, Sahabat bisa mendapat domain gratis selamanya untuk periode berlangganan tahunan pada paket hosting manapun.

Tidak ingin berlangganan tahunan?

Hmm, nampaknya membeli domain murah bisa jadi pilihan Sahabat, dan itu bisa Sahabat dapatkan di Dewaweb.

Untuk mencegah malware dan spam email mengancam web kita, tentunya kita harus membuat ‘bagaimana caranya agar web kita tidak bisa diancam’. Hmm, cara itu bisa dilakukan dengan memasang software anti-malware dan anti spam email.

Apabila Sahabat memilih dewaweb sebagai pilihan layanan hosting, maka Sahabat tidak perlu cemas karena dewaweb telah menyediakan software anti malware dan anti spam yang keren abis. Sebelumnya perlu Sahabat ketahui bahwa tidak semua hosting meyediakan fasilitas software semacam ini.

IMUNIFY 360 AI SECURITY, PATCHMAN AUTO PATCHING, DEWAGUARD

Wkwk, saya sendiri gak habis pikir. Sebegitunya dewaweb berkomitmen untuk menjaga kemanan web yang dihosting di dalamnya.

SPAM EXPERTS PREMIUM EMAIL FILTERING

Fasilitas ini tersedia untuk pengguna layanan minimal paket Warrior, Spam Experts Premium Email Filtering bisa melindungi akun email hosting kamu aman dari spam, virus, malware, dan juga pishing. Layanan ini pastinya akan berpengaruh pada kenyamanan penggunaan email. Yepee.

Selanjutnya adalah memasang software anti hacking. Sama seperti software anti malware, software anti hacking langsung juga sangat menentukan kekuatan web security kita. Aplikasi semacam Imunify 360 AI Security dan DewaGuard seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya adalah jawabannya.

Apa pentingnya SSL Certificate pada web?

SSL Certificate (Secured Socket Layer) berperan penting dalam mengamankan transimisi data melalui web. Terutama yang berkaitan dengan transaksi yang melibatkan input informasi kartu kredit, nama pengguna dan password account. Yap, SSL dapat mengamankan dan menjamin data akan dikirim ke situs web tanpa adanya pencurian atau perusakan.

Jika Sahabat menggunakan hosting dewaweb, SSL Grade A akan diberikan secara gratis cuma-cuma untuk Sahabat.

Untuk mengantisipasi bocornya web security kita secara tiba-tiba dari serangan hacker hingga website luluh lantah (*seperti berita dihacknya web perhitungan pilkada serentak Juni 2018 wkwk), Sahabat harus melakukan backup secara berkala setiap hari atau setiap minggunya tergantung periode update web Sahabat.

Secara manual, melakukan backup secara berkala berarti Sahabat harus menyimpan cadangan web Sahabat secara berkala. Melakukan Download kemudian menyimpannya di tempat yang dipastikan aman.

Kalau begitu capek lah…

Memang capek banget. Tapi tenang, jika Sahabat menjadikan Dewaweb sebagai pilihanĀ  hosting, Dewaweb menyediakan fitur Time Maching Backup.

TIME MACHINE BACKUP

Dengan adanya fasilitas ini, web kita akan secaraotomatis di-backup setiap hari dan diarsip sampai 2 minggu ke belakang. Ketika dibutuhkan, tinggal klik icon “Time Machine Backup” di cPanel untuk pilihan restore. Haha, jauh lebih mudah bukan?

Jika Sahabat menggunakan Content Management System seperti saya dalam membangun sebuah web, maka mengupdate software web (mengupdate CMS) adalah hal yang sangat penting. Biasanya developer CMS menyediakan fitur-fitur khusus agar web yang dikembangkan dengan CMSnya tidak mudah terancam malware, spam, atau bahkan hacker.

Dengan kita mengupdate/mengupgradenya, maka celah-celah kemanan yang dapat dimasuki malware dan sebagainya bisa terhalang.

PATCHMAN AUTO PATCHING

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Patchman Auto Patching yang tersedia di Dewaweb bisa membantu kita untuk melakukan upgrade secara otomatis, kalau-kalau kita lupa melakukannya. Hmm, terkadang saya sendiri merasa software ini telah menjadi pelayan saya karena seringkali saya lupa mengupgrade web-web saya yang lama tidak saya update kontennya hihi šŸ™‚ .

Di samping semua itu, memperbanyak ilmu pengembangan web sangatlah penting. Tanpa adanya semangat memperbanyak ilmu pengembangan web, bisa-bisa ilmu kita tertinggal jauh dilindas kemajuan zaman yang berlari kencang. Wuhu…

Dengan Sahabat membaca tulisan ini, sejatinya Sahabat telah berkomitmen untuk selalu memperbanyak ilmu pengembangan web terutama yang berkaitan dengan web security.


Barangkali sekian tulisan saya mengenai ‘Alasan Pentingnya Web Security dan Cara Mudah Menerapkannya pada Produk Digitalmu’, semoga bermanfaat šŸ™‚ . Silakan berkomentar jika ada tanggapan ataupun saran.

Keterangan

Gambar fitur yang terdapat pada tulisan ini diolah dengan menggunakan lisensi gratis freepik.com
  • https://www.freepik.com/free-vector/different-devices-mockup_1075504.htm
  • https://www.freepik.com/free-vector/hacker-icons-flat-set_1530015.htm
  • https://www.freepik.com/free-vector/angry-businessmen_768978.htm
  • https://www.freepik.com/free-vector/programmers-concept-with-flat-design_2488100.htm
  • https://www.freepik.com/free-vector/yellow-background-of-bag-with-money_1137642.htm
6Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Kreator Konten Daring dan Programmer. Bloger Bandung. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai