Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Lomba Menulis Blog DUMET School

6Shares

Mengikuti ajang perlombaan adalah salah satu cara untuk mengasah dan mengukur kemampuan diri. Dengan mengikuti sebuah ajang perlombaan, kita bisa mengetahui tingkatan kemampuan orang lain dalam suatu bidang, mengetahui berada di posisi mana tingkatan kemampuan kita, dan pastinya bisa mendapatkan hadiah perlombaan jika kita berhasil memenangkannya.

Namun yang lebih penting daripada itu, bagiku: nilai terbesar yang dapat diambil setelah mengikuti suatu ajang perlombaan adalah ‘pengalaman’. Pengalaman berharga inilah yang sejatinya sangat bermanfaat bagi kita sebagai peserta. Dengan pengalaman mengikuti lomba, saya bisa mengevaluasi kekurangan-kekurangan saya dalam bidang perlombaan tersebut dan mendapat kenangan manis yang tidak pernah bisa terlupakan.

Yap, bagiku mengikuti ajang perlombaan adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan secara rutin πŸ™‚

Perlu temen-temen semua ketahui, bahwa saat ini lomba menulis blog adalah salah satu hal yang paling dinanti dan ditunggu-tunggu oleh para blogger se-Indonesia. Ada banyak sekali lomba menulis blog di setiap bulannya yang bisa diikuti. Cukup dengan mengetikkan ‘lomba blog [bulan]’ di pencarian google, temen-temen sudah bisa mendapati banyak informasi lomba menulis blog.

Sekadar informasi, saya sebagai seorang bloger yang mulai intens membuat tulisan sejak tahun 2017 sudah sangat sering sekali mengikuti lomba menulis blog. Setiap lomba memberikan kesan yang berbeda-beda. Ada yang membahagiakan karena berhasil kumenangkan. Ada yang benar-benar saya sukai karena rutin menyelenggarakan lomba menulis blog. Ada juga yang membuat saya marah karena berbohong dan ingkar janji dalam sistem penilaian lombanya. Ya begitulah keadaannya πŸ™

Tapi, berdasarkan pengalaman yang ada, ada satu penyelenggara lomba menulis blog yang saya rekomendasikan untuk Sahabat bloger semua ikuti. Bukan hanya karena sistem penyelenggaraannya yang baik, tapi karena penyelenggara yang satu ini adalah satu-satunya penyelenggara lomba menulis blog yang paling rutin mengadakan lomba.

Yap, mungkin sebagian temen-temen udah tau yaw. DUMET School jawabannya.

Buatku, Lomba Menulis Blog DUMET School adalah penyelenggara lomba menulis blog terbaik yang pernah ada. Lomba Menulis Blog DUMET School ini diselenggarakan oleh DUMET School yang notabene merupakan salah satu lembaga kursus website, internet marketing, dan desain terbaik di Indonesia setiap bulannya.

Buat temen-temen yang belum tau detil lembaga kursus dumet school ini, berikut saya paparkan sedikit.

Jadi DUMET School ini adalah lembaga kursus website, internet marketing dan juga desain boy! Ada banyak sekali jenis kursus yang disediakan oleh DUMET School ini.

  1. Web master
  2. Graphic Design
  3. Digital Marketing
  4. Web Programming
  5. Web Design
  6. Design for Kids
  7. Coding for Kids
  8. Motion Graphic
  9. Kursus Mobile Apps.

Di lembaga kursus ini, temen-temen bisa mengikuti kursus dengan jadwal yang fleksibel alias bebas memilih jam kursus, kursus semi private alias kelas akan dimulai meski hanya ada satu murid pun, gratis konsultasi alias disupport seumur hidup, dan kursus sampai bisa. Menarik bukan?

Sampai saat ini, DUMET School telah sukses menyelenggarakan lomba menulis blog sebanyak lima belas (15) kali terhitung sejak bulan Maret 2017.

Setiap bulannya, tema yang diperlombakan berbeda-beda. Adapun jangka waktu pembuatan konten dan pendaftarannya dari tanggal 1 sampai tanggal 25. Dan akan diumumkan pemenangnya di akhir bulan.

Seluruh peserta lombaakan memperebutkan hadiah yang sangat menarik, yaitu:

Woahahah, lumayan kan buat jajan?

Kenapa harus ikutan Lomba Menulis Blog DUMET School?

Hmm, kenapa ya? Berdasarkan opini pribadi sih, saya punya lima alasan yang membuat Sahabat Bloger semua harus ikutan lomba menulis blog yang kece badai ini.

Terpercaya

Dari sekian kali saya ikutan Lomba Menulis Blog DUMET School, segala puji bagi Allah, saya berhasil menjadi pemenang sebanyak 7 kali cmiiww.

Dan dari kemenangan sebanyak itu, terbukti DUMET School selalu memberikan hadiah sesuai dengan yang dijanjikan. No hoax! Ditambah, pengelolaan perlombaan yang ditangani secara professional.

Karena pada faktanya, ada beberapa penyelenggara lomba menulis blog yang terbukti menyelenggarakan lomba dengan buruk. Entah apa alasannya, saya pernah mengikuti satu lomba menulis blog dengan berbagai perjuangan yang telah dilakukan, namun pada akhirnya sampai saat ini belum dilakukan pengumuman hasil lombanya. Sedih memang.

Ada pula lomba menulis blog yang terkadang tidak konsisten dalam menerapkan kebijakan perlombaan. Teringat sekali satu lomba menulis blog yang menjanjikan hadiah bagi tulisan dengan komentar terbanyak. Namun begitu saya berhasil mengumpulkan puluhan komentar, mereka tidak menganggapnya. Naas memang.

Syarat Keikutsertaan Sangat Mudah

Sangat mudah memang untuk mengikuti Lomba Menulis Blog DUMET ini. Semua bloger sudah pasti bisa ikutan. Adapun secara garis besar, begini syarat untuk ikut serta.

  1. Membuat judul artikel yang unik, kreatif, dan menarik.
  2. Artikel harus original.
  3. 1 artikel minimal 300 kata.
  4. 1 peserta hanya boleh mengikutsertakan maksimal 3 artikel per bulan.
  5. Artikel yang dilombakan adalah artikel baru yang diposting selama periode lomba dan belum pernah dipublikasikan di media apapun sebelumnya, atau diikutsertakan dalam lomba sejenis.
  6. Artikel harus sesuai dengan tema.
  7. Memberikan link ke halaman tertentu (baca halaman informasi) pada kata kunci tertentu (baca halaman informasi).
  8. Like facebook dan follow instagram dumet school.
  9. Melakukan share link artikelnya ke akun facebook masing-masing dan mention ke akun facebook DUMET School, serta menggunakan hashtag #lombablogdumet
  10. Memasang banner pada blog yang diikutsertakan.

Lebih lengkapnya, temen-temen langsung buka aja ya halaman informasi lomba menulis blognya πŸ™‚

Baca: Halaman Informasi Lomba Menulis Blog DUMET School

Turut Berkontribusi Memajukan Bangsa

Gambar: Kemajuan bangsa ada di tangan generasi penerus.

Menurut saya, dengan turut ikut sertanya temen-temen dalam perlombaan blog DUMET ini, temen-temen juga secara tidak langsung turut berkontribusi memajukan bangsa Indonesia tercinta ini. Kenapa?

Jelas banget, dengan mengikuti lomba menulis blog DUMET, temen-temen turut menyebarluaskan kebeadaan lembaga kursus DUMET School kepada masyarakat umum. Nah, kan bagus tuh kalau masyarakat banyak yang kursus di DUMET. Akan ada semakin banyak orang yang terdorong untuk sukses.

Tantangan Menulis Kreatif Secara Rutin

Gambar: Saya terbiasa menulis blog dengan rutin dimanapun sedang berada.

Penting banget buat Sahabat Bloger semua untuk selalu menjaga asa kreativitas menulis. Dengan mengikuti lomba menulis blog bulanan DUMET ini, temen-temen bisa selalu melatih diri setiap bulannya membuat konten yang yang menarik untuk dibaca.

Seru Abis

Kenapa saya bilang seru abis?

Satu, karena persaingan ketat antar bloger terjadi di lomba menulis blog ini. Terkadang, bloger pro bisa menggilas seluruh bloger pemula. Namun tak sedikit, bloger pemula seperti saya pun berhasil menggilas para bloger pro. Hihi πŸ™‚

Kedua, tema perlombaan setiap bulannya selalu berbeda. Ini yang membuat persaingan menjadi lebih seru. Temen-temen ditantang untuk eksploratif dalam membuat konten sesuai tema.

Ketiga, kalau temen-temen beruntung menjadi juara. Hadiahnya bisa dipakai banyak hal. Kalau aku sih bakal pake hadiahnya buat jajan, traktir teman, dan juga buat mendukung pendidikan.

Gimana sih caranya supaya bisa memenangkan lomba menulis blog? Adakah tips triknya?

Sebenarnya, untuk bisa memenangkan lomba menulis blog, temen-temen hanya perlu memiliki kemampuan untuk bisa membuat konten yang sesuai dengan keinginan juri. Dan tentu, kemampuan itu akan didapat dari pengalaman selama Sahabat aktif ngeblog.

Meski begitu, ada beberapa tips dan trik yang ingin saya sampaikan (selain tips khusus yang telah saya berikan) dalam rangka tujuan memenangkan lomba menuis blog ini. Yuk disimak.

Membuat Tampilan Blog Menarik

Gambar: Tampilan kece blog saya.

Pastikan tampilan blog kamu menarik seperti halnya blog ini hihi. Salah satu cara untuk membuat tampilan blog menjadi menarik adalah dengan memilih tema blog yang rapi dan menarik. Karena bagi saya, tema blog adalah kunci utama menariknya sebuah blog.

Memperluas Jaringan Pembaca

Perluaslah jaringan pembaca blog agar setiap pos blog yang Sahabat buat ada yang mengomentari.

Caranya?

Blog walking, masuk forum bloger, konsisten dalam menulis konten berkualitas, aktif di sosial media, serta memperbanyak berbagi tautan adalah sebagian caranya.

Melampirkan Foto/Gambar yang Menarik

Gambar: Salah satu desain grafis di salah satu tulisan saya.

Ini nih yang perlu temen-temen perhatikan. Hampir semua penyelenggara lomba menulis blog tidak akan memilih peserta dengan tulisan hambar tanpa gambar sebagai pemenangnya. Tak ayal, bloger yang memiliki kemampuan olah foto dan desain grafis yang baik biasanya selalu terpilih menjadi pemenang.

Melampirkan Vlog

Gambar: Vlog di penutup tulisan handikoo.com

Kalau mau sih, temen-temen bisa melampirkan vlog di awal tulisan sebagai pembuka, atau di akhir tulisan yang berisikan pendapat.

Jangan Menulis Terlalu Pendek

Terkadang saya sering heran, banyak bloger yang ingin menjadi juara ngeblog, tapi tulisannya cuma seempret. Percayalah, tulisan 300 kata itu terlalu pendek untuk menjadi tulisan sang juara πŸ™‚ .

Lihat Blog Para Juara

Gambar: Blog jengyuni.com sering menjadi juara lomba menulis blog.

Yang biasa saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan ngeblog saya, sekaligus menjadi jalan pintas untuk bisa menjadi sang juara secepat kilat adalah selalu melihat blog para juara sebelumnya. Dengan melihat blog para juara sebelumnya, temen-temen akan terbiasa membaca konten berkualitas. Akibatnya, secara tidak langsung temen-temen akan mengetahui ‘seperti apa tulisan blog yang baik’.

Gimana temen-temen? Jadi gak sabar kan ikutan Lomba Menulis Blog DUMET School?

Saya harap, dengan beberapa alasan di atas, semangat temen-temen untuk selalu bersemangat dalam menulis dan mengikuti lomba menulis blog semakin membara dan selalu terjaga.

Yuk langsung aja ikuti lombanya! Ajak juga Sahabat Bloger lainnya! Semoga tulisan ini bermafaat ya.

IKUTAN LOMBA MENULIS BLOG DUMET SCHOOL

6Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Kreator Konten Daring dan Programmer. Bloger Bandung. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Hubungi saya melalui email arsabandung@gmail.com . Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai