Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Tidak banyak yang tahu jika negeri kita nyatanya sudah berhasil membuat sistem operasi komputer sendiri. Karena pada umumnya masyarakat hanya mengetahui Windows dan Windows. Opini masyarakat dunia berhasil digiring microsoft dengan segala kedigjayaannya, sehingga masyarakat tidak tahu menahu bahwa di dunia ini ada banyak sekali sistem operasi yang bisa digunakan untuk bekerja.

Di Indonesia sendiri, ternyata sudah banyak yang mencoba mengembangkan sistem operasi sebagai pengganti Windows. Semua dibuat dengan basis Linux OS, sebuah sistem operasi yang gratis dan bebas digunakan dan dikembangkan oleh siapa saja.

Meski begitu, mengalahkan Windows tidak semudah mengalahkan lawan di papan catur. Segala kemudahan penggunaan Windows membuat sistem operasi karya anak bangsa tidak banyak yang bertahan lama. Hanya ada satu dua sistem yang sampai sekarang masih eksis sebagai sistem operasi yang cukup handal. Salah satunya adalah sistem operasi BlankOn.

Tentang BlankOn

Linux BlankOn adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Tim Pengembang BlankOn. Distribusi ini dirancang dan disesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Linux BlankOn dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.

BlankOn sendiri dibuat dengan basis Debian Linux. Jadi penggunaannya hampir mirip dengan menggunakan Debian Linux yang terkenal mudah digunakan.

Saat ini, BlankOn sudah masuk ke versi ke 10 dengan nama BlankOn Tambora. BlankOn X Tambora hadir dengan pembaruan dan fitur-fitur terbaru. Destop Manokwari yang ringan dan modern, serta aplikasi bawaan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Antar Muka yang Sederhana

BlankOn X Tambora hadir dengan fitur yang akan memudahkan pengguna melalui antarmuka sederhana, elegan, dan mudah digunakan yang disajikan oleh Manokwari 1.09.

Panel Kiri

Pengelompokan aplikasi berdasarkan kategori serta pencarian aplikasi dengan cepat.

Panel Kanan

Sebuah jalan pintas untuk menjalankan fungsi-fungsi operasi yang sering digunakan.

Mudah Mencari Aplikasi

Desain panel dengan pengkategorian aplikasi berdasarkan fungsi aplikasi dirancang untuk memudahkan pengguna menemukan aplikasi yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, panel ini dilengkapi dengan kolom pencarian sehingga memudahkan pengguna mencari aplikasi yang dikehendaki.

Bisa Dipasang di Perangkat Layar Sentuh

BlankOn X Tambora mendukung pengoprasian menggunakan sentuhan jari atau layar sentuh. Mulai dari melakukan pemasangan, pengoprasian standar hingga pengoprasian panel.

Pemasangan Mudah

Hmm, hebat juga kan sistem operasi buatan Indonesia yang satu ini. Patut dicoba nih. Bagi sahabat yang minat coba, bisa langsung unduh di laman resminya. Berikut tautannya.

Laman Resmi BlankOn Linux

Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Penulis: Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *