Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Teknologi informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat, membuat dampak yang begitu besar pada kemajuan dunia.

Begitu ucapku, dan memang begitulah pada faktanya.

Saya kira saat ini teknologi informasi sedang mengalami masa jayanya, hampir semua sektor kehidupan sudah mulai bergerak seirama dengan pergerakan teknologi informasi. Dimulai dari sektor bisnis yang mulai memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pemasaran, sektor pendidikan yang mulai menerapkan sistem berbasis teknologi informasi digital, hingga sektor kesehatan yang sudah banyak menggandeng digitalisasi sistem informasi sebagai media penyuluhan.

Maka gak salah kalau pemerintah mulai menggalakan pendidikan berbasis teknologi informasi untuk menyadarkan putra-putri bangsa bahwa kita sedang hidup di tengah kehidupan serba digital. Saat ini, di kota-kota besar, pelajar mulai dipaksa menggunakan perangkat digital modern seperti smartphone maupun laptop sebagai pendamping kegiatan belajar di sekolah. Siswa SMP mulai diperkenalkan dengan pendidikan Teknologi Infomasi dan Komunikasi secara ringkas. Meski tidak terlalu berpengaruh cepat, tapi saya rasa gebrakan pemerintah ini sudah memberikan efek yang luar biasa bagi pemahaman masyarakat terhadap kemajuan teknologi informasi.


Website Sebagai Salah Satu Produk Kemajuan Teknologi Informasi


Website sebagai produk kemajuan teknologi informasi memiliki manfaat yang sangat besar. | Sumber gambar: www.freepik.com

Siapa sih yang kenal website? Sebuah media publikasi online yang saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia. Karena hampir tiap hari kita disuguhi konten promosi di Televisi yang menampilkan agen pemasaran produk melalui website.

Beberapa tahun ke belakang sampai dengan sekarang, ada banyak startup/perusahaan baru yang memanfaatkan teknologi website bermunculan. Dimulai dari perusahaan jual beli online, seperti tokopedia, bukalapak, lazada, dan sebagainya, mereka adalah salah satu perusahaan yang memanfaatkan keberadaan teknologi website sebagai lahan usaha. Selanjutnya, perusahaan pengembang pendidikan berbasis website juga mulai bermunculan di indonesia, seperti quipper. Ditambah dengan perusahaan penyedia jasa penjualan tiket pun sudah merambah ke dunia teknologi, memanfaatkan teknologi website, seperti traveloka.

Beberapa contoh perusaah baru yang memanfaatkan teknologi website. | Sumber gambar: Google Gambar

Maka gak salah kan, kalau saya katakan kalau saat ini Website adalah media publikasi termudah dan terpopuler yang ada di muka bumi?

Catatan:

Pada tulisan ini, saya menganggap istilah website dan weblog adalah sama. Dikarenakan pada umumnya masyarakat umum tidak terlalu mengenal istilah weblog maupun blog. Masyarakat umum lebih mengenal istilah website sebagai seluruh bentuk media publikasi online di dunia maya.

Haram maklum, toh dalam pembuatan website dan weblog tidak terlalu jauh, hanya berbeda pada penggunaan template/tema yang dipakai.


Pentingnya Keterampilan Membuat Website


Sesuai dengan judul kiriman ini, saya tidak akan membahas mengenai kemajuan teknologi informasi secara lengkap, ataupun membahas mengenai sejarah perkembangan website, namun saya akan mengupas secara lengkap dan mendalam soal “manfaat apa saja yang bisa kita ambil dengan memiliki keterampilan membuat website.

Lalu, apa pentinya keterampilan membuat website?

Dari paparan soal isi kiriman ini, secara ekspisit sebenarnya saya sudah menyebutkan jawaban dari pertanyaan di atas. Ya, keterampilan membuat website itu penting karena memiliki sejuta manfaat bagi semua kalangan.

Apa saja manfaatnya?

Yuk, baca terus kiriman ini.


Manfaat Keterampilan Membuat Website


Keterampilan membuat website memiliki segudang manfaat, sejuta manfaat, yang bisa dinikmati oleh semua kalangan, dimulai dari seorang pelajar hingga pebisnis ulung. Namun, jenis manfaat yang dinikmati oleh setiap kalangan memiliki efek yang berbeda. Tergantung untuk apa website tersebut digunakan.

Hmm, lebih baik kita kupas satu per satu manfaat yang bisa diambil dari keterampilan membuat website secara umum.

1. Media Promosi dan Pemasaran Produk bagi Pebisnis

Teknologi E-Commerce memberikan dampak besar bagi kegiatan perekonomian Indonesia. | Sumber gambar: www.freepik.com

Salah satu tujuan yang paling populer dari pembuatan sebuah website adalah sebagai media promosi dan pemasaran produk. Sifat website yang mudah untuk diakses banyak orang membuat saat ini setiap kalangan bisnis memiliki website. Apalagi pemasangan fitur e-commerce pada sebuah website sudah bukan lagi menjadi perkara yang sulit. Ditambah, banyak masyarakat yang merasa terbantu dengan adanya fitur e-commerce ini. Maka tak salah, jika sekarang kegiatan jual-beli online mulai membudaya.

Maka beruntunglah bagi kamu yang memiliki bisnis kecil, rumahan, ataupun UMKM, dengan keterampilan membuat website, kamu bisa memperlebar kepak pemasaran produk dengan menggunakan website.

2. Media Publikasi Karya bagi Pelajar dan Penulis

Di SMP, kita sudah dikenali secara ringkas media publikasi berbasis website. Dari sanalah sebenarnya sistem pendidikan mulai mengajak kita untuk bisa memanfaatkan keberadaan website sebagai media publikasi karya yang paling mudah dan murah.

Ketika keterampilan membuat web ini bisa dimiliki banyak pelajar dan penulis. Mungkin saja, kemajuan negara ini bisa terbantu berkat banyaknya ide kreatif yang tersebar di Internet.

3. Sumber Penghasilan bagi Blogger

Dahulu banyak yang melontarkan pertanyaan seperti ini:

Kalau saya nulis ide kreatif di web, tapi saya sendiri gak bisa menerima hasilnya secara langsung, ngapain juga saya harus cape-cape nulis di web?

Sepertinya pertanyaan itu sudah tidak lagi koheren dengan zaman sekarang, keberadaan website yang sudah mulai dilirik oleh para pemilik produk menjadikan fungsi web semakin berkembang. Website sudah mulai banyak dijadikan sebagai media mencari uang. Apalagi saat ini perusahaan raksasa Google sudah memiliki jaringan periklanan berbasis web yang bisa memberikan penghasilan pagi para pemilik web.

Maka tak salah, saat ini mulai banyak orang yang tertarik untuk memiliki keterampilan membuat web, agar mereka bisa membuat web sebagai sarana menggali rezeki.

4. Media Penyebar Informasi Tercepat bagi Kalangan Umum

Sekarang arus informasi berjalan cukup cepat. Kalau kamu menyebarkan informasi penting di Papua, gak sampe sejam informasi sudah bisa diakses oleh penduduk Aceh. Hmm, hebat-hebat!

Untuk kalangan umum seperti kita, keterampilan membuat website bisa kita gunakan sebagai media penyebar informasi maupun berita. Meski, rasanya gak terlalu sejalan dengan masyarakat umum, tapi nampaknya ini bisa menjadi solusi apabila di masyarakat terjadi suatu hal yang memang perlu disebarluaskan.

5. Media Penyuluhan bagi Pemerintah dan Organisasi

Apa jadinya jika di Indonesia tidak ada yang memiliki keterampilan membuat website? Haha, meski mustahil ini terjadi, tapi setidaknya pertanyaan itu bisa menunjukan betapa bermanfaatnya keterampilan membuat website.

Website bisa menjadi media melakukan penyuluhan hal-hal penting kepada masyarakat luas. Misalnya saja penyuluhan kesehatan. Dengan adanya website, penyuluhan yang dilakukan oleh pemerintah maupun organisasi menjadi lebih cepat tersampaikan kepada masyararakat dibanding harus melakukan penyuluhan secara offline.

6. Memudahnya Melakukan Survey bagi Lembaga Survey dan Mahasiswa

Survey sudah bisa dilakukan melalui website. | Sumber gambar: www.freepik.com

Kamu pernah kan melihat survey pada sebuah website? Nah itulah yang saya maksud, kalau misalnya seorang mahasiswa yang sedang melakukan survey memiliki keterampilan membuat website, maka keterampilan itu bisa memudahkannya dalam melakukan survey.

7. Manfaat lainnya

Hmm, kalau sejuta manfaat ini saya tuliskan semua pada kiriman ini. Mungkin terlalu kamu lelah membacanya. Jadi, saya rasa cukup memberikan informasi 6 manfaat keterampilan membuat website pada kiriman ini untuk meyakinkan bahwa keterampilan ini sangatlah bermanfaat.


Belajar, Satu-satunya Jalan Memiliki Keterampilan


Untuk bisa memilki keterampilan membuat website, kita harus belajar. Yap, biar bagaimanapun, ilmu baru hanya bisa dimiliki dengan belajar. Belajar tidak mesti harus dengan guru, menguasai ilmu secara mandiri pun bisa kita sebut dengan belajar.

Belajar itu penting, demi meraih masa depan. | Sumber gambar: www.freepik.com

Secara umum, metode belajar terbagi dua, belajar secara otodidak dan belajar dengan mengikuti kursus. Setiap cara memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Namun bagi saya sendiri, mengikuti kursus bisa dibilang lebih efektif dan efisien ketimbang harus belajar secara otodidak.

Pembelajaran otodidak dapat dilakukan dengan bantuan sumber online maupun buku. Tapi belajar otodidak yang tidak memiliki pengarah berupa seorang guru, membuat metode pembelajaran ini terbilang menguras waktu. Alhasil pembelajaran menjadi kurang efektif dan efisien.

Berbeda dengan mengikuti kursus, kursus memberikan sistem pembelajaran yang tersusun dengan rapi. Ditambah dengan seorang guru pengarah yang akan membuat kita semakin mudah untuk mempelajari hal yang baru kita kenali. Maka tak salah banyak orang yang bilang, “Jangan belajar tanpa adanya guru!” Barangkali perkataan ini timbul akibat banyaknya orang gagal dalam metode pembelajaran secara otodidak.


Rekomendasi Kursus Membuat Website


Berhubung pada tulisan ini saya sedang menjelaskan perihal keterampilan pembuatan website, maka tidak ada salahnya saya ikut merekomendasikan salah satu penyedia kursus membuat website terbaik di Indonesia. Mereka adalah DUMET school.

Sedikit review, DUMET school adalah penyedia kursus website, digital marketing, dan desain grafis yang berlokasi di Jakarta dan Depok. Saat ini sudah ada lima lokasi kursus yang bisa kamu temui, mulai dari Kelapa Gading (Jakarta Utara), Srengseng (Jakarta Barat), Grogol (Jakarta Barat), Tebet (Jakarta Barat), dan Depok (Jawa Barat).

Saya sendiri merekomendasikan DUMET school karena beberapa alasan berikut.

  1. Jadwal Kursus Fleksibel. Kamu bebas memilih jam kursus.
  2. Semi Private. Kalau cuma ada satu murid yang datang, kelas tetap dimulai.
  3. Sampai Bisa. Haha, jarang-jarang ada kursusan yang gak pake masa belajar. Di sini, lama kursusnya adalah sampai kamu menguasai ilmunya.
  4. Gratis Konsultasi. Kalau kamu udah lulus, kamu masih bisa berkonsultasi dengan DUMET school. Hmm, kalau gini kan terasa kekeluargaannya.
  5. Coba Kelas Gratis. Kalau kamu takut kualitas dari kursus ini tidak begitu baik. Apa salahnya mencobanya terlebih dahulu secara gratis. Bisa? Ouh tentu bisa.

Oh ya, untuk kursus website sendiri, kamu bakal belajar membuat website professional mulai dari nol dengan teknologi mutakhir. lebih jelasnya tonton deh vidio perkenalan kursus website DUMET school berikut.

Kalau merasa penasaran, langsung aja deh cek di website DUMET school-nya langsung.

Kursus Membuat Website DUMET school


Catatan


Tulisan ini diikutsertakan pada Dumet school Blog Competition.


Author: Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *