Mari Belajar Bahasa Inggris di Blog ‘Daily Blogger Pro’

0Shares

Sejak zaman Romawi hingga zaman sekarang, dunia sangatlah membutuhkan sebuah bahasa pengantar (lingua franca). Bahasa pengantar tersebut digunakan sebagai bahasa pengantar yang dapat menghubungkan antara bahasa-bahasa di dunia. Biasanya, faktor kekuasaanlaah yang menjadikan suatu bahasa menjadi bahasa pengantar. Sebut saja era kejayaan Kekaisaran Romawi, Bahasa Yunani menjadi bahasa pengantar di poros kejayaan dunia (Eropa, Afrika bagian Utara, Asia bagian Barat). Selanjutnya, ketika kejayaan Romawi runtuh dan digantikan oleh periodesasi Kekhilafahan Islam, Bahasa Arab menjadi bahasa pengantar dunia. Begitulah bahasa pengantar dunia selalu berganti menyesuaikan keadaan zaman.

Sejak era imperialisme dan kolonialisme Bangsa Eropa ke seluruh belahan benua, maka sejak itulah hubungan erat antara bangsa Eropa dengan seluruh masyarakat dunia mulai tercipta. Seluruh Bangsa Eropa bekerjasama dan bersaing untuk mendapatkan wilayah jajahan sebesar-besarnya. Di sana, peran ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi faktor penting kejayaan dan kebesaran mereka.

Inggris, sebagai salah satu negara yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju saat itu, terlebih sejak era Revolusi Industri. Inggris memiliki kekuatan militer yang sangat kuat. Ditambah dengan kekuatan ilmu pelayaran dan kekuatan kuantitas kapal yang sangat banyak menjadikan Inggris sebagai negara dengan wilayah jajahan terbesar di dunia.

Baiknya, tidak seperti kita Indonesia yang sama sekali tidak meninggalkan bekas-bekas bahasa Belanda sebagai dampak penjajahan masa itu. Inggris dikenal sebagai negara penjajah yang menurunkan ilmu bahasa kepada negara jajahannya. Dengan alasan itulah, bahasa Inggris dengan mudah tersebar ke seluruh penjuru dunia, sebagai contoh negara tetangga kita Malaysia.

Lebih jauh dari itu, pada abad ke-20, salah satu negara yang menggunakan bahasa Inggris yakni Amerika Serikat tumbuh menjadi negara adidaya di dunia. Kekuasaannya yang besar, telah memaksa kita dan seluruh negara lainnya dapat menguasai Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar hubungan internasional.

Untuk menjadi bisa, maka Sahabat perlu mempelajarinya.

Meski semua orang sudah tau jika Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar Internasional, namun masih saja ada berjuta-juta orang yang belum sadar betapa pentingnya mempelajari Bahasa Inggris. Di era globalisasi saat ini, Bahasa Inggris tidak hanya menjadi bahasa pengantar Internasional, tapi telah bermetamorfosa menjadi bahasa pengantar sukses semua orang.

Berikut saya berikan beberapa alasan ‘untuk apa kita harus belajar Bahasa Inggris?’.

1 | Bahasa Komunikasi Internasional

Bahasa Inggris adalah bahasa komunikasi Internasional. Seluruh negara di dunia menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi internasional. Dengan kita bekemampuan berbahasa Inggris, pastinya Sahabat akan merasa aman dan nyaman untuk memulai komunikasi dengan bangsa lain.

Sebagai contoh, apabila Sahabat berpergian ke negara lain, Sahabat akan dengan mudah melakukan hal-hal yang membutuhkan komunikasi dengan penduduk pribumi.

2 | Memberikan Peluang Kerja Lebih Luas

Telah banyak pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris sebagai syarat untuk melakoni pekerjaan tersebut. Jangankan pekerjaan elit Internasional, pekerja perusahaan nasional pun sudah dituntut untuk dapat berbahasa Inggris.

Bahkan banyak yang bilang, ‘apalah arti orang berilmu kalau gak bisa Bahasa Inggris’. Waduh!

3 | Kemampuan Anak Zaman Now

Bahasa Inggris sudah dianggap sebagai kemampuan yang harus dimiliki anak zaman now. Bagaimana tidak, memang zamanlah yang menuntut mereka untuk punya kemampuan tersebut.

Hmm, kalau kamu anak zaman apa?

4 | Mempermudah Memahami Ilmu Pengetahuan

Banyak sekali literasi, buku, dan sumber ilmu pengetahuan penting yang ditulis dengan Bahasa Inggris. Dengan Sahabat berkemampuan berbahasa Inggris, udah pasti buku atau sumber ilmu pengetahuan lain tersebut akan dengan mudah Sahabat pahami.

5 | Mempermudah Memahami Penggunaan Teknologi

Banyak sekali teknologi masa kini yang hadir dengan standar penggunaan Bahasa Inggris. Contohnya Google Home, Alexa, Apps Android, dan lain sebagainya. Dengan keterbatasan  waktu dan biaya pada pengembang teknologi tersebut, membuat mereka hanya bisa menghadirkan teknologi dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris saja.

Yah, kan sayang kalau kita gak ngerasain kemajuan teknologi cuma karena gak bisa Bahasa Inggris.

Meski sudah jelas bahwa belajar Bahasa Inggris itu pentingnya minta ampun. Dan udah sangat banyak tempat Kursus Bahasa Inggris di berbagai tempat dari yang harganya jutaan rupiah sampai tempat les yang harganya cuma 50 ribu per bulan. Namun, tetap saja banyak sekali kendala yang membuat masyarakat kita sangat awam dengan Bahasa Inggris. Dari mulai mahalnya biaya kursus, guru sekolah yang kurang kompeten, jauhnya jarah tempat kurus, metode pembelajaran yang tidak sesuai standar, sampai sulitnya menyisihkan waktu belajar adalah sejumlah alasan sulitnya belajar Bahasa Inggris.

Dari banyaknya alasan tersebut, beberapa orang menyiasati dengan membuat cara agar semakin banyak masyarakat yang bisa berbahasa Inggris. Sebagai contoh membuat kursus online, membuat buku pembelajaran, membuat kursus gratis, hingga membuat blog pembelajaran.

Beranda Blog ‘Daily Blogger Pro’

Ialah blog ‘Daily Blogger Pro‘ menjadi salah satu media yang menyediakan ilmu-ilmu seputar pembelajaran Bahasa Inggris. Banyak sekali materi yang bisa kita pergunakan untuk menambah kosakata Bahasa Inggris, maupun materi untuk memahami penggunaan Bahasa Inggris. Semua ditulis dalam bentuk postingan/tulisan blog yang mudah diakses di berbagai perangkat gadget.

Sampai saat ini (per 15 Januari 2018), terdapat 133 pos blog tentang ragam materi Bahasa Inggris yang bisa Sahabat baca, dan ‘mungkin’ akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Hmm, banyak juga kan?

Adapun di sini saya telah mengklasifikasikan pos-pos tersebut menjadi beberapa kategori. Kategori ini sebenarnya dapat Sahabat jumpai dengan melihat judul pos-pos blog di Daily Blogger Pro.

Klik Gambar untuk Melihat Pos dalam Kategori Tersebut

Saya pikir pos-pos tersebut sangat membantu sekali untuk saya dan Sahabat dalam belajar Bahasa Inggris. Ya, meski belum bisa disebut ‘Sangat Lengkap’, tapi terbilang lumayan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita. Bener ga?

Yuk kunjungi ‘Daily Blogger Pro’ sekarang juga…

Beranda Blog ‘Daily Blogger Pro’

Buat Sahabat yang bertanya-tanya.

Emang siapa penulis blognya? Emang si penulis jago Bahasa Inggris? Anak mana tuh penulisnya? Jangan-jangan yang nulis cuma blogger copas!

Tenang-tenang, berikut saya paparkan si penulis blog ‘Daily Blogger Pro’.

Dialah Agung Kharisma, sang pemilik sekaligus penulis blog Daily Blogger Pro. Lahri di Serang, 21 Oktober 1994 dan tinggal di kota Serang, Banten. Saat ini ia sedang menekuni studi saya di salah satu universitas fakultas keguruan jurusan bahasa inggris di UHAMKA.

Agung Kharisma mulai mengenal blogging semenjak awal tahun 2012, terpacu oleh temannya yang mengikuti perlombaan desain blog berhasil menjadi juara ke-2. Dari situ, ia penasaran dengan aktivitas blogging dan mulai belajar secara otodidak.

Di dalam dan di luar aktivitasnya sebagai bloger, Agung Kharisma terkenal sebagai seseorang yang prestatif. Hmm, penasaran dengan daftar prestasinya? Berikut saya lampirkan.

Prestasi Agung Kharisma

Work Experiences

May 2017
Pelatih Debat Bahasa Inggris Program Studi  Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHAMKA – English Teacher

March 2017 – April 2017
English Club Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHAMKA – English Teacher

March 2017
English Club Himpunan Mahasiswa Fakultas Agama Islam UHAMKA – English Teacher

Nov 2016 – March. 2017
Komunitas Diskusi Ulul Al-Bab Institute – English Teacher

Dec. 2015 – June 2016
BBC English course  – English Teacher

June 2015 – Dec. 2015

SMAN 28 Jakarta Selatan – English Teacher

Feb 2014

SD, SMP, SMK Muhammadiyah Leuwidamar, Ciboleger, Rangkas Bitung, Banten – English Teacher

 

Volunteering, Social and Organizational Experiences

UHAMKA English Debating Championship 2017
Adjudicator (Juri Debat B.Inggris)

UHAMKA English Debating Championship 2016
Project Leader

English Debating Society (EDS) UHAMKA
Leader (Ketua Umum)

Hamka Education Debating (HAMED) Competition 2015
Project member, sponsorship division, and event graphic designer

Workshop Kepenulisan Gagasmedia Goes to Campus
Project Member and Secretary

Seminar Pendidikan Bersama Pengajar Muda Program Indonesia Mengajar
Moderator & Liason Officer

Rumah Belajar BEM FKIP UHAMKA
Volunteer Teacher

Badan Eksekutif Mahasiswa FKIP UHAMKA
Sekertaris Bidang Keilmuan dan Pendidikan

English Debating Society (EDS) UHAMKA
Founder & Internal Division

BAKSOS BEM FKIP UHAMKA
Volunteer

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Media Division Member

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Leader (Ketua Umum)

English Club SMAN 6 Kota Serang
Member

 

Achievements

Writing Competition on DUMET School  Blog Competition
3rd winner

Writing Competition on DUMET School  Blog Competition
2nd winner

Writing Competition on DUMET School  Blog Competition
8th winner

Writing Competition on Prelo Blog Competition
Top 100 Writer

Writing Competition on DUMET School  Blog Competition
1st winner

Writing Competition on Sekolah Relawan Blog Competition
Top 4 Writer

UHAMKA English Debate Championship 2017
Adjudicator (Juri Debat B.Inggris)

Writing Competition on Cheria Holiday Blog Competition
Top 20 Articles

Writing Competition on Blibli.com Blog Competition 2016
Top 5 Articles

Writing Competition on Jalantikus Blog Competition 2016
Top 5 Articles

DIKTI National University Debating Championship (NUDC) 2016 Tingkat Nasional – Mercu Buana University
Adjudicator (Juri Debat B.Inggris), 11th Delegation of KOPERTIS Regional 3

DIKTI National University Debating Championship (NUDC) 2016 regional 3 – Christian University Indonesia (UKI) Jakarta
Adjudicator (Juri Debat B.Inggris)

UHAMKA English Debate Championship 2016
2nd winner

English Debate Competition on Language Festival 2016 Institute for Quranic Studies Jakarta
1st winner

Writing Competition on JungleLand Blogger Festival Competition 2016
2nd winner

Invited Writer on JungleLand Hidrolift Formal Ceremony
Top 10 Writer

DIKTI National University Debating Championship (NUDC) 2015 regional 3 – Mercu Buana University
Quarter finalist

English Debate Competition on EDC 2014 UHAMKA
3rd winner

English Debate Competition on Biennial FLAT National Competition 2013 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Quarter Finalist

Storytelling Competition on UHAMKA English Festival 2013
1st winner

Wuih… Banyak banget kan… So, tunggu apalagi untuk bisa belajar bareng Agung Kharisma di blognya.

Seluruh gambar fitur dalam postingan ini diolah menggunakan sumber gambar berlisensi gratis freepik.com

0Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Kreator Konten Daring dan Programmer. Bloger Bandung. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Hubungi saya melalui email arsabandung@gmail.com . Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai