“Menulis itu gampang,” kata Arswendo Atmowiloto. Ya, benar! Menulis nggak ada kaitannya dengan soal genetika alias keturunan. Saya tidak pernah punya buyut seorang novelis, tapi saya bisa menulis. Begitu juga kamu, kan?

Buku tutorial menulis yang sangat praktis ini saya susun dan bagikan secara gratis kepada siapa pun yang minat untuk serius menjadi penulis. Disusun berdasarkan pengalaman saya menulis fiksi sejak tahun 1995 (sampai sekarang), mengikuti berbagai pelatihan menulis hingga acara-acara temu penulis berskala lokal dan nasional. Ditambah pengalaman saya selama menjadi owner dan CEO DIVA Press Group Yogyakarta sejak tahun 2001, yang tentu saja bersinggungan dengan banyak naskah, penulis, dan buku.

Ya, anggaplah ini sebagai sharing saya buat kalian dan sumbangan saya buat nusa dan bangsa agar tidak jenuh menjadi orang Indonesia yang melulu dijejali korupsi dan korupsi yang super memuakkan itu.

Saya percaya betul bahwa siapa pun bisa menjadi penulis! Tetapi syarat mutlak yang dibutuhkan harus dipenuhi: 5% kerja keras, 5% kerja keras, dan 90% kerja keras! Menulis itu adalah menulis itu sendiri. Segala macam tutorial menulis apa pun kagak bakal pernah menjadikanmu penulis jika kamu tidak pernah menulis itu sendiri.

Siapa pun kamu yang merasa mendapatkan manfaat dari buku ini, mohon berkenan menggandakan dan membagikannya pada orang-orang di sekitarnya. Semoga ini jadi jariyah buat kita semua.

Then, setelah bisa menulis, mau apa?

Saya punya wadah penerbit bernama DIVA Press Group. Jika ada yang minat menerbitkan karyanya di kantor saya, silakan merapat. Jika tidak, silakan ke penerbit-penerbit lain juga banyak kok.

Buat saya, poin utama untuk bisa menerbitkan fiksimu di kantor saya sangat sederhana: tema oke dan teknik oke!

Itu saja! Eehh, tambah satu lagi ding: attitude profesional!

Saya juga mengampu #LelangNulisNovel dan #KampusFiksi. Juga ada #JustWrite. Silakan bergabung buat yang berminat.

Oke, selamat menjadi penulis keren!

Yogyakarta, 3 April 2013

@edi_akhiles


Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Pengantar di atas adalah pengantar yang ditulis Edi Mulyono, founder dari Diva Press dalam buku gratisnya yang berjudul ‘Silabus Menulis Fiksi’. Buku gratis ini juga bisa ditemui dalam bentuk EBook. Dan pada kiriman ini saya akan membagikan kembali untuk Sahabat pembaca semua.

Gambar kafer Silabus Menulis Fiksi

Saya rasa, buku ini sangat bagus untuk Sahabat semua yang ingin belajar membuat tulisan fiksi. Buku ini menjelaskan secara detail seputar panduan membuat alur cerita, latar, penokohan, konflik, dan juga ending. Semua ditulis dengan bahasa yang renyah, gurih, dan mudah dipahami.

Tak hanya itu, buku ini juga memuat tips-tips praktis mengatasi berbagai permasalah menulis fiksi. Dalam pembahasannya, kita bakal menemukan cara-cara menyelesaikan masalah dalam menulis yang biasanya kita temui. Pokoknya bagus banget deh buat para penulis fiksi pemula yang ingin mengembangkan kemampuan menulisnya.

Yuk diunduh!

EBook Silabus Menulis Fiksi Karya @edi_akhiles

Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Penulis: Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *