Pilih Laman

Bagi Sahabat yang sudah lama dekat dengan dunia ke-TIan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan program IWIC – sebuah acara besar tahunan yang diselenggarakan oleh Indosat Ooredoo sejak tahun 2006 -.

Aduh bang, si aku ini baru ingin dekat dengan dunia TI, mana tau acara begituan. Tolong dong jelasin apa itu IWIC!

Siaplah. Perlu kalian tau, IWIC itu singkatan dari Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest. Seperti yang saya katakan sebelumnya, IWIC tahun ini adalah IWIC yang ke-11 sejak IWIC pertama pada tahun 2006. Diselenggarakan oleh Indosat Ooredoo sebagai bagian dari program CSR Indosat Ooredoo pilar INOVASI.

IWIC sediri merupakan lomba penciptaan ide aplikasi mobile alias mobile apps yang bisa berguna bagi banyak orang.

Hmm, stop dulu bang. Mau tanya nih, adakah kriteria-kriteria yang menjadi tolak ukur sejauh mana ide tersebut bisa berguna bagi banyak orang?

Ada. Hmm, padahal mau saya jelaskan belakangan. Tapi, ya sudahlah, nih saya kasih tau di awal.


Sudah Hebatkah Idemu?


Tentunya, IWIC sangat ingin mendapat ide-ide aplikasi mobile yang bisa berguna bagi orang banyak. Toh, pengguna ujung-ujungnya aplikasi setiap aplikasi mobile memiliki manfaat tersendiri bagi beberapa atau seluruh kalangan masyarakat.

Untuk itu, sebelum menciptakan ide hebatmu, pastikan ide tersebut sesuai dengan beberapa harapan IWIC berikut.

1 | Berguna Bagi Orang Banyak

Semakin ide aplikasi mobile milik Sahabat bisa berguna bagi orang banyak, maka semakin hebat saja ide Sahabat.

2 | Menyelesaikan Masalah Sehari-hari

Pastinya, aplikasi dibuat untuk mempermudah manusia dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. So, udah pasti, ide karyamu juga harus bisa membantu manusia menyelesaikan masalah sehari-hari.

3 | Meningkatkan dan Memperkaya Kualitas Hidup Masyarakat

Pikirkan matang-matang kalau idemu itu benar-benar memiliki manfaat. Ketika ide milikmu telah dirancang memiliki fungsi dan manfaat yang besar bagi masyarakat. Maka demikian, idemu juga bisa membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Opsional | Bisa Bersaing dengan Produk Digital Dunia Global

Salah satu masalah yang harus dilawan dalam pembuatan ide aplikasi ini adalah idemu sebaiknya bisa bersaing dengan produk digital dunia global. Toh akan sulit dan kurang bermanfaat jika aplikasimu nanti kalah saing dengan produk digital dunia global. Sayang banget kan?


Semua Boleh Ikutan?


Lah, kalau gitu cuma developer aplikasi doang yang bisa ikutan!

Keep calm mas broh and mba broh! Meski lomba IWIC 11 ini berkaitan dengan aplikasi mobile, tapi perlu semua pahami kalau ide hebat, kreatif, dan inovatif itu datangnya bisa dari mana saja.

Mengutip tujuan IWIC yang tertera di beranda website IWIC 11, penyelenggaraan IWIC memiliki tujuan berikut.

Tujuan IWIC ini diadakan adalah untuk memotivasi masyarakat Indonesia dari semua kalangan dan usia untuk menjadi inisiator, ideator dan pencipta aplikasi mobile, dan tidak hanya menjadi pengguna/konsumen.

Siapapun boleh ikutan lomba ini, asal kamu masih di bawah atau berumur 35 tahun, terhitung sebelum tanggal 12 Desember 2017.

Nah, pokoknya buat kamu para mahasiswa yang punya mahakarya cemerlang, pelajar SMP yang punya ide-ide gila, kalangan professional yang punya gagasan terstruktur, ataupun kalian yang masih anak-anak tapi punya ide di luar ekspektasi banyak orang, yuk ikutan lomba IWIC 11 ini.


Untuk Apa Ikutan IWIC 11?


Sahabat harus tau, IWIC telah berkembang menjadi kompetisi bertaraf internasional sejak 2016, untuk menyelaraskan bakat digital Indoneaia dengan pemain internasional melalui penciptaan ide-ide aplikasi. Dan dengan ikutan IWIC 11, Sahabat bisa mendapat beberapa hal berikut, pastinya bakal bikin kamu ngebet pengen ikutan.


Empat Kategori Peserta


Saya yakin, ada di antara Sahabat yang berpikir:

“Aduh, gua masih bocah tengil, kalau lawannya para developper pasti kalah telak nih gua.”

Enggak gitu kok alur kompetisinya. Penyelenggara IWIC sendiri sudah mengklasifikasikan peserta menjadi empat kategori. Alur kompetisi akan didasarkan pada empat kategori ini.

1 | Professional / Developer / Programmer

Kamu laki-laki yang sehari-hari bekerja sebagai programmer, professional di bidang pemograraman walaupun tidak berprofesi sebagai probramer dan memiliki ide atau aplikasi yang ingin di submit.

2 | Beginner / Awam

Kamu laki-laki yang mengerti sedikit soal pemrograman atau tidak mengerti sama sekali, kamu laki-laki yang masih kuliah

3 | Women and Girls

Kamu yang professional / Developer / programmer atau Beginner / awam tapi adalah seorang perempuan

4 | Kids and Teens

Laki-laki atau perempuan yang masih bersekolah TK / SD / SMP (sederajat).


Berbahagialah Untuk Kamu Pejuang Gratisan


Bahagianya, semua runtutan acara IWIC 11 ini tidak ada pengenaan biaya pendaftaran sama sekali, alias GRATIS. Wuih!!!

Dan kabar baiknya lagi, jika Sahabat lolos sebagai finalis, biaya penginapan dan biaya transportasi ditanggung penyelenggara.

Artinya, kalau Sahabat tinggal di luar Jakarta, namun berhasil menjadi finalis, maka Sahabat akan dijemput oleh tim IWIC 11.


Yuk Tuangkan Ide Hebatmu!


Ayo, tunggu apa lagi, tuangkan ide hebatmu di ajang pencarian ide aplikasi mobile IWIC 11! Jangan mau kalah dalam berkreasi dan berinovasi. Jangan mau kalah dengan ideku yang satu ini.

Ide karya saya.

Kalau masih ada pertanyaan-pertanyaan mendasar perihal lomba IWIC 11 ini, silakan buka halaman FAQ di tautan berikut, moga-moga jawaban dari pertanyaaanmu ada di sana.

Halaman FAQ IWIC 11

Nah, buat Sahabat yang udah siap dengan idenya, silakan submit ide miliki di formulir IWIC 11 sampai tanggal 20 November 2017, berikut tautannya.

*Bocoran saja, di dalam formulir, ada kolom lampiran penjelasan ide. Sebaiknya Sahabat membuat lampiran penjelasan ide, baik berupa tulisan, presentasi, maupun proposal.

Isi kolom sumber informasi/referensi lomba dengan “sahabat_arsa” tanpa tanda petik.

Formulir Unggah Ide IWIC 11

Semoga beruntung ya. Jangan lupa beri tahu kawan-kawanmu yang lain tentang IWIC 11 ini.

Saya cukupkan sekian, semoga bermanfaat.