Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Keberadaan produk-produk digital bajakan di Indonesia bisa dikatakan sudah sangat besar. Dari mulai games kecil-kecilan, sampai dengan produk sekelas microsoft, semua bisa kita temukan produk bajakannya.

Hmm, satu keadaan yang menarik, mengingat saya sendiri adalah seorang mahasiswa Teknik Informatika yang nantinya akan menjadi seorang programer ataupun pencipta software komputasi.

“Apa nanti produk yang saya buat akan dibajak juga? Heuheu.”

Sejenak mari kita lupakan dulu soal keberadaan produk digital bajakan. Pada postingan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial singkat khusus untuk Mahasiswa Universitas Padajajaran ataupun mahasiswa universitas lain yang telah berlangganan lisensi microsoft imagine.

Microsoft Imagine

Micorosoft Imagine adalah sebuah wahana unduh produk microsoft gratis yang didedikasikan untuk para mahasiswa di seluruh dunia yang sedang melakukan studi di perguruan tinggi pelanggan. Artinya, dikarenakan Universitas Padjajaran adalah pelanggan microsoft imagine, maka seluruh mahasiswa dan staf yang berada di lingkungan universitas padajajaran dapat mengunduh beragam software produk microsoft secara gratis (lisensi original).

Tentu, produk gratis yang ditawarkan bukan tipe professional, melainkan tipe home student. Meski begitu, mahasiswa tetap mendapatkan keuntungan karena dapat mulai merasakan penggunaan produk windows secara legal.

Toh, jarang sekali penyedia service laptop yang memberikan jasa pemasangan produk microsoft secara legal. Semua memasang produk trial yang kemudian di crack menggunakan Loader, KMS, Activator, dan sebagainya.

Pastinya, adanya microsoft imagine ini merupakan salah satu wujud perhatian microsoft agar kaum intelek terbiasa menggunakan produk legal, dan mulai menghindari produk ilegal.

Produk Microsoft Gratis di Microsoft Imagine Unpad

Berbeda dengan micorosoft imagine universitas ternama lain, sepertinya Unpad tidak membeli lisensi seluruh produk microsoft. Hanya ada beberapa produk yang tersedia siap unduh. Berikut ini produk-produk microsoft yang bisa Sahabat unduh.

  1. Visio 2013
  2. Project 2013
  3. Access 2013
  4. Windows 8.1 Education
  5. Visio 2016
  6. Project 2016
  7. Access 2016
  8. Windows Server 2016
  9. Visual Studio for Mac
  10. Visual Studio Community 2017
  11. Visual Studio Enterprise 2017
  12. Windows 10 Education
  13. Microsoft Azure for Students

Cara Unduh

Sebenarnya cara unduh produk di microsoft imagine sudah disebarluaskan pihak universitas melalui email pribadi setiap mahasiswa. Namun, tetap saja, masih banyak orang yang kebingungan dalam mengunduh software di microsoft imagine Unpad. Entah karena malas baca, entah karena memang tidak bisa mengoperasikan alat komputasi, atau entah karena memang tidak mendapat email pemberitahuan dari pihak Universitas.

Nah, bagi Sahabat yang masih kebingungan dalam proses unduhnya, silakan simak panduan singkat berikut.


Pastikan Sahabat telah memiliki akun Paus Unpad Terverifikasi. Bagi Sahabat yang belum memiliki akun Paus Unpad terverifikasi, silakan daftar terlebih dahulu di tautan berikut.

Paus Unpad

Verifikasi nomor telepon, email, kartu mahasiswa, dan KTP Sahabat setelahnya. Kemudian tunggu hingga status akun menjadi “Terverifikasi”.


Selanjutnya, aktifkan fitur email Unpad Sahabat. Caranya cukup melakukan aktivasi email unpad pada bagian beranda Paus Unpad.


Setelah Sahabat memiliki email Unpad, silakan melakukan registrasi (request account) akun Microsoft Imagine. Berikut tautan Microsoft Imagine Unpad.

Request Account – Microsoft Imagine Unpad

Dalam pengisian formulir, Sahabat harus mengisi kolom email dengan Email Unpad milik Sahabat. Dan untuk Issue Description isikan saya dengan kalimat permintaan pembuatan akun (kata katanya bebas).


Kemudian Sahabat harus bolak balik membuka Email Unpad. Karena pada prosesnya, Sahabat akan dikirimi email pemberitahuan bahwa akun berhasil dibuat, dan Sahabat harus melakukan aktivasi akun sebelum melakukan SIgn In.

Aktivasi Akun – Microsoft Imagine Unpad


Terakhir, Sign In ke Microsoft Imagine dengan username dan passwordt tersebut. Dan Sahabat pun bisa mengunduh sesuka hati produk yang diinginkan. Semuanya gratis.

Sign In – Microsoft Imagine Unpad


Pasti Ada Dosa Menggunakan Produk Ilegal

Dalam beberapa sumber menyebukan, jika ulama sepakat bahwa menggunakan produk ilegal adalah haram. Hmm, kalau haram, namun tetap dilakukan, ya pasti ada dosa yang harus kita tanggung.

Biar bagaimanapun, kreator software tidak ada yang ikhlas jika produk berbayarnya di bajak. Apalagi di sebarluaskan ulang secara gratis.

Meski, beberapa ulama juga ada yang memberikan tambahan pendapat, jika memang software/produk tersebut sangat dibutuhkan keberadaannya (sebut saja sistem operasi), namun pengguna tidak memiliki uang yang cukup untuk membelinya, maka hal itu diperbolehkan dengan batasan-batasan tertentu. (Baca: rumaysho.com)

Nah, ya udah pake Windows Professional bajakan aja!

Eits, dalam pandangan saya, jika kamu adalah anak Unpad aktif, dan masih menggunakan Windows bajakan, maka wajib hukumnya menghapus produk tersebut!

Kenapa?

Lah, kan Sahabat sudah difasilitasi dapat mengunduh Windows secara gratis di Microsoft Imagine ini. Jadi gak ada alasan lagi tidak memakai produk legal.

Soal cara Unduh, sahabat bisa menggunakan fasilitas Wifi Unoad kan. Soal cara pemasangan, sahabat bisa meminta bantuan teman bukan?

Maka dari itu, tunggu apa lagi, manfaatkan fasilitas gratis ini.

Baca juga : Unduh Office 365 Gratis untuk Mahasiswa Unpad


Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Penulis: Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

5 Replies to “Microsoft Imagine Universitas Padjajaran – Unduh Produk Microsoft Gratis untuk Mahasiswa Unpad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *