Tips Memilih Tempat Kursus Website di Tahun 2018

19Shares

Kursus website menjadi salah satu jenis kursus yang banyak diincar beragam kalangan akibat tuntutan era globalisasi yang membuat banyak orang dapat berinteraksi hanya melalui internet, tidak peduli seberapa jauh jarak yang memisahkan mereka. Apalagi, saat ini pesona website sedang bergemuruh karena kebermanfaatannya yang sangat tinggi.

Banyak mahasiswa telah menggunakan website sebagai halaman official organisasinya, sebagai laman pengenalan hasil riset/karyanya, atau hanya sebagai blog pribadinya. Beragam media cetak telah menggunakan website sebagai media baru tempat penyampaian informasi/berita. Banyak guru telah menggunakan website sebagai cara lain menunjukkan pengabdiannya pada negara. Dan tentunya banyak pebisnis dan perusahaan yang telah menggunakan website sebagai halaman penjualan, media promosi produknya, atau memang website tersebut yang mereka komersialkan. Dan lain sebagainya.

Meski begitu, namun tetap, masih ada saja Sahabat yang masih belum paham kenapa kita harus punya keterampilan membuat website.

Hmm, kayaknya mesti sekalian saya jelaskan ya…

Kenapa Harus Kursus Website?

Kenapa harus kursus website? Disamping memang saat ini adalah zamannya kemajuan jaringan internet, ada banyak hal yang akan Sahabat dapatkan jika sahabat punya keterampilan membuat website. Apapun profesi Sahabat, jika memandang kebutuhan pekerjaan secara umum, keterampilan membuat website ini akan menjadi nilai tambah dalam hidup Sahabat. Berikut beberapa alasan kenapa Sahabat harus kursus website.

1 | Membantu Dalam Berbisnis

Website Penjualan Batikoko

Setiap pebisnis pasti memikirkan jalan tercepat untuk bisa mempromosikan produknya. Geliat penggunaan website baru-baru ini dalam pemasaran produk seharusnya dilihat para pebisnis untuk bisa juga membuat website.

Beranda zenius.net

Di lain sisi, para enterpreneur juga mesti melirik lahan bisnis yang mulai terbuka untuk semua orang. Ya, bagaimana tidak, sekarang ini dengan bermodalkan kemampuan membuat website, Sahabat sudah bisa menjadi seorang pengusaha. Saya ambil satu contoh, PT Zenius Education berhasil menjadi salah satu perusahaan pendidikan ternama hanya karena sebuah website zenius.net. Hebat bukan?

2 | Mendorong Pencapaian Prestasi

Ada guru kimia yang berhasil meraih prestasi berupa penghargaan nasional karena ia berhasil membuat website pembelajaran kimia. Ada seorang pelajar yang membuat website sebagai laman karya-karya sastranya. Ada seorang karyawan kantor yang membantu perusahaannya membuat dan mengelola website, menjadi salah satu nilai tambah prestasi bagi dirinya.

3 | Menjadi Media Penghasilan Tambahan/Utama

Maka, dari sana Sahabat bisa melihat bahwa kemampuan membuat website bisa menjadi salah satu media penghasilan tambahan maupun penghasilan utama. Tergantung bagaimana Sahabat yang melakoninya.

4 | Belajar Otodidak Itu Lama

Pastinya, dengan mengikuti kursus, proses pemahaman dan pembelajaran yang Sahabat lakukan jauh lebih cepat ketimbang harus belajar otodidiak. Apalagi jika memang tempat kursus telah kompeten mencetak lulusan terbaik.

Hmm, siapa sih yang gak mau punya kemampuan membuat website yang bernilai jual tinggi dengan cepat?


Seiring dengan berjalannya waktu, mulai banyak kalangan profesional yang melihat keadaan ini sebagai peluang untuk mendirikan tempat kursus website. Hingga pada akhirnya, saat ini tempat kursus website telah menjamur di mana-mana. Akibatnya, Sahabat yang masih awam teknologi pasti sangat sulit memilih tempat kursus mana yang terbaik dan mesti dipilih.

Untuk itu, di sini saya akan memberikan tips memilih tempat kursus website untuk tahun 2018.

Oke Sahabat, kita masuk ke pembahasan inti… cekidot!

Berberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Tempat Kursus Website

1 | Materi Kursus yang Update dan Lengkap

Materi kursus website.

Satu hal yang menjadi tolak ukur paling krusial dalam memilih tempat kursus website adalah memerhatikan materi kursus. Pastikan materi yang akan diberikan adalah materi yang paling update dan akan diberikan secara lengkap. Mengingat, perkembangan teknologi IT sangatlah cepat. Jangan sampai Sahabat mendapat materi kursus yang gak update. Bisa-bisa, ilmu yang didapatkan tidak bernilai jual.

2 | Pengajar yang Kompeten dan Alumni yang Sukses

Pengajar yang kompeten dan alumni/lulusan yang sukses saya rasa saling berkaitan. Karena Sahabat bisa menilai sejauh mana tingkat kompetensi pengajar dari alumni yang dihasilkan. Apakah berhasil menguasai? Apakah mereka menjadi kalangan profesional?

3 | Fasilitas yang Memadai

Mau kursus apapun, fasilitas kursus adalah nomor wahid. Gak kebayang, kalau tempat kursus website kumputer dan internetnya lelet. Apalagi kalau ruang belajarnya gak nyaman. Apa Sahabat betah kursus di sana?

4 | Ada Jaminan/Garansi Menguasai Materi

Jaminan menguasai materi pasti Sahabat butuhkan. Jangan sampai tuh, Sahabat masuk kursus cuma buang-buang uang saja. Masuk dengan ilmu kosong, keluar dengan kosong pula. Inget! Yang kamu cari adalah ilmu. Pastikan ketika Sahabat keluar nanti, Sahabat bisa menguasai materinya dengan lihai. Kan mantap!

5 | Tersedia Jasa Konsultasi

Konsultasi ini penting, kalau-kalau Sahabat lupa apa yang pernah Sahabat pelajari. Atau Sahabat bingung akan suatu hal yang belum sampai dipelajari saat kursus. Toh mereka adalah seorang profesional.

6 | Waktu Kursus yang Fleksibel

Pengalamanku mengikuti kursus, udah ikut mahal-mahal. Eh taunya, di jam itu selama satu bulan saya gak bisa kursus karena ada kegiatan rutin yang lebih penting. Ya, uang kursus hilang begitu saja tanpa adanya ilmu yang masuk.

Jadi, pastikan waktu kursus bisa menyesuaikan. Tidak rigit/kaku.

Rekomendasi Tempat Kursus Website Terbaik di Tahun 2018

Dari enam (6) poin yang mesti diperhatikan dalam memilih tempat kursus website. Berdasarkan pengamatan yang telah saya lakukan. Ada satu tempat kursus yang kiranya hampir memenuhi seluruh aspek tersebut jika dibandingkan dengan tempat kursus lainnya.

Tempat kursus yang mana tuh? Kasih tau dong!

Hehe, sabar… sabar… ini juga kan mau saya beri tahu.

Tempat kursus itu tidak lain dan  tidak bukan adalah DUMET School, tempat kursus website yang juga menjadi tempat kurus terbaik di tahun 2017. Dengan segudang kelebihannya, saya kira DUMET School pantas menyandang tempat kursus website terbaik untuk tahun 2018.

Hmm, lebih baik saya ulas sedikit tentang “kenapa mesti DUMET School?”, “kenapa enggak yang lain?”.

Berikut ulasannya.

1 | Materi Sudah Update dan Lengkap

Melihat list yang diberikan oleh halaman kursusu website DUMET School. Saya terperajat, ho ho ho. Lengkap bener. Coba deh Sahabat baca sendiri, materi apa saja yang diberikan di kursus DUMET School ini.

HTML (HTML5) & CSS (CSS3)
Mendesain layout / tampilan website.

Bootstrap
Membuat website yang responsive

jQuery Plugin
Menambahkan animasi di website

PHP & MySQL
Membuat program / fitur di website.

Photoshop
Mendesain logo, banner, edit foto, mengolah gambar dll.

Javascript & jQuery
Membuat website yg interaktif.

Object-oriented programming (OOP)
Pemrograman PHP tingkat lanjut.

PHP Framework
Membuat sistem e-commerce.

Ujian Sertifikasi Internasional
Adobe Certified Associate (ACA).

Jujur, tidak banyak tempat kursus yang menyediakan materi selengkap itu. Paket materi tersebut saya rasa merupakan paket komplit yang bisa mengantarkan Sahabat menjadi pembuat website profesional. Serius nih…

2 | Lihat Lulusan Mereka, Tampil Sebagai Profesional

Lulusan DUMET School telah terbukti berhasil menjadi lulusan yang baik. Bisa dilihat dalam testimoni mereka, ataupun dari portofolio karya mereka. Berikut saya lampirkan beberapa portofolio hasil karya lulusan DUMET School.

3 | Ruang Belajar Nyaman

Mereka menjamin uang belajar nyaman dan bersih tentunya.

 

4 | Bisa Menjadi Guru Seumur Hidup dan Jadwal Fleksibel

Ada empat penawaran hebat dari DUMET School:

Hmm, dengan adanya fasilitas Gratis Konsultasi, tentu Sahabat bisa menjadikan DUMET School sebagai guru seumur hidup. Yap, jangan sia siakan fasilitas ini.

Dan perihal jadwal kursusnya sendiri, jangan risau, karena mereka menyediakan jadwal yang fleksibel. Sahabat dibebaskan memilih jam kursus. Mantap bukan?

Bagi Sahabat yang tertarik dan ingin mencari tau lebih jauh tentang DUMET School, silakan langsung saja kunjungi halaman beranda mereka:

Kesimpulan

Kursus website sangatlah berguna bagi banyak kalangan. Namun, tidak seluruh tempat kursus bisa membimbing Sahabat menjadi mahir. Oleh karenanya, Sahabat perlu selektif dalam memilih tempat kursus. Namun dalam pandangan penulis, saya merekomendasikan DUMET School sebagai pilihan tepat tempat kursus website di tahun 2018.

Referensi

Informasi Kursus DUMET School: dumetschool.com

Sumber Gambar

Fitur Judul: freepik.com

Fitur Animasi: diolah dari lisensi gratis freepik.com dengan software Inkscape.

19Shares

Informatikawan, Bloger, dan Pegiat Sastra. Founder Forum Bloger ID (Line Square). Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Site Footer