Tips Memilih Notebook Pendamping Kerja Sehari-hari

4Shares

Seperti halnya pasangan hidup, saat ini notebook telah menjadi barang primer hampir bagi semua orang untuk membantu menjalankan aktivitas kerjanya sehari-hari. Menjalankan aktivitas kerja tanpa ada notebook akan terasa memusingkan dan membingungkan.

  • Pusing bingung harus menyelesaikan tugas digital di mana dan bagaimana?
  • Pusing dan bingung harus ngerental komputer di mana dan bagaimana?
  • Pusing dan bingung harus ngewarnet di mana dan bagaimana?
  • Pusing dan bingung karena merogoh kocek terlalu banyak.
  • Pusing dan bingung karena pekerjaan tersebut datang hampir setiap hari.

Ya kali… Masa tiap hari harus ngerental… Jatohnya bakal boros tuh…

Dengan adanya paksaan zaman itu, otomatis sudah saatnya bagi Sahabat yang punya aktivitas kerja digital, entah itu pegawai kantoran, guru, pelajar, mahasiswa, penulis, jurnalis, pengusaha, freelancer, dan lain sebagainya penting untuk memiliki sebuah notebook yang bisa menjadi pendamping. Demi menjaga produktifitas dalam menjalankan setiap tugas atau pekerjaan digital Sahabat.

Banyaknya merek dan tipe notebook yang beredar saat ini, tidak hanya membantu masyarakat dalam memilih notebook yang sesuai dengan kebutuhannya, namun terkadang justru membuat masyarakat kebingungan memilih merek dan tipe notebook seperti apa yang harus ia beli.

Ehem!!! Santai-santai… Untuk itulah saya membuat tulisan ini mengenail ‘tips memilih notebook pendamping kerja sehari-hari’, pastinya cocok untuk Sahabat semua, guna Sahabat bisa lebih mudah dalam menentukan merek dan tipe notebook yang pas untuk keperluan kerja sehari-hari.

Saya harap sahabat juga akan merasa terbantu dengan tulisan ini. Aaamiin.

Check it out brother and sister.

Gak semua pekerjaan digital adalah aktivitas kerja sehari-hari. Notebook untuk aktivitas kerja sehari-hari dalam sudut pandang tulisan ini adalah notebook yang dapat digunakan untuk menunjang segala aktivitas yang umum dilakukan banyak orang.

Bukan notebook untuk pekerjaan khusus seperti gamers profesional, desainer projek profesional, editor film layar lebar, dan sejenisnya. Karena profesi khusus seperti itu membutuhkan notebook dengan spesifikasi khusus yang tidak umum dipergunakan.

Adapun berikut kerja digital yang biasa banyak orang lakukan.

Pemakaian Aplikasi Kantor

Sumber gambar: jalantikus.com

Penggunaan notebook tidak akan bisa lepas dari penggunakan aplikasi office. Hampir pengguna notebook kebanyakan menggunakan aplikasi office untuk menulis, alat hitung, dan juga media presentasi. Contoh dari aplikasi kantor yang populer saat ini yakni Microsoft Office, WPS Office, dan Libre Office.

Berselancar di Internet

Sumber gambar: freepik.com

Zaman modern erat kaitannya dengan era kemajuan teknologi informasi berbasis internet. Adapun pekerjaan digital yang dilakukan dengan menggunakan kombinasi notebook dan internet antara lain mencari informasi, belanja online, ngeblog, bersosial media, menonton vidio online, bermain games online, dan lain-lain.

Bermain Game

Sumber gambar: freepik.com

Bisa dikatakan, hampir seluruh pengguna gawai notebook usia muda pernal bermain game via notebook. Yap, semua itu dikarenakan bermain game bisa turut membantu menghilangkan stress dan juga menjadi hiburan tersendiri bagi banyak orang. Apalagi saat ini sudah banyak games yang bisa diunduh secara gratis, membuat bermain game menjadi aktivitas populer masyarakat saat menggunakan notebook.

Menonton Vidio dan Mendengarkan Musik

Sumber gambar: popsci.com

Sejak era kemunculannya, menonton vidio dan mendengarkan musik adalah pekerjaan digital yang sering dilakukan banyak orang dengan notebook. Bahkan, saya masih teringat ketika zaman-zamannya Personal Komputer Desktop Tabung yang ukurannya lumayan besar, saat itu sudah ngetren juga aktivitas menonton vidio dan mendengarkan musik. Apalagi sekarang!

Desain Grafis dan Mengolah Foto

Sumber gambar: freepik.com

Bagi para desainer, bloger, freelancher, guru, pegawai kantoran, anak muda, bahkan sampai emak-emak, melakukan desain grafis dan mengolah foto bisa diangap hal yang wajar. Terlebih sekarang sudah sangat banyak aplikasi berbayar dan gratis yang sangat mudah penggunaannya. Contohnya CorelDraw, Adobe Illustrator, Inkscape, GIMP, Microsoft Paint, Paint .Net,  3D Builder, Photoscape, dan lain sebagainya.

Membuat Vidio Blog atau Vidio Tutorial

Sumber gambar: techsmith.com

Vidio Blog atau Vlog baru-baru ini sedang viral. Cukup merekam vidio menarik lewat webcam notebook Sahabat, lalu upload vidio tersebut, sudah bisa disebut sebagai Vlog. Jauh sebelum itu, sudah banyak pula orang yang membuat vidio tutorial tentang apapun dengan cara merekam tampilan layar notebook.

Mengolah Vidio

Sumber gambar: blackmagicdesign.com

Bentuk kerja digital lainnya yang biasa dilakukan masyarakat adalah mengolah vidio. Apalagi dengan kehadiran budaya ngevlog yang baru-baru ini sedang viral, membuat pekerjaan mengolah vidio sudah dianggap sebagai hal yang wajar dilakukan banyak orang. Sahabat bisa menggunakan aplikasi seperti Microsoft Movie Maker, DaVinci Resolve, dan Lightworks untuk mengolah vidio harian secara gratis.

Dalam memilih notebook pendamping kerja sehari-hari, Sahabat mesti memilih notebook dengan spesifikasi/spek yang sesuai. Tidak terlalu berlebihan, tidak juga kurang. Kenapa harus seperti itu?

Dengan memilih spek yang sesuai, maka ada beberapa keuntungan yang bisa didapat Sahabat.

1. Menghemat biaya. Jangan sampai Sahabat beli notebook yang spesifikasinya terlalu berlebihan dengan harga yang terlalu mahal. Padahal dengan kocek yang lebih rendah, Sahabat bisa mendapat notebook yang pas sesuai kebutuhan.

2. Tidak lelet. Jangan sampai juga beli notebook yang speknya terlalu rendah dibanding dengan beban kerja yang akan dilakukan nanti.

3. Tidak berat. Semakin besar spek notebook biasanya akan semakin berat pula bobotnya. Kan lebih enak kalau punya notebook yang ringan daripada yang berat.

Sayang juga kan kalau Sahabat beli notebook gaming dengan harga selangit sedangkan pemakaian sehari-hari hanya untuk menulis laporan. Sayang juga kan kalau Sahabat beli notebook dengan spek terlalu kecil sehingga produktifitas kerja menurun. Maka pastikan ya… pilih spek yang sesuai.

Ada yang bilang kalau merek bagus pasti kualitasnya bagus. Tapi, ada juga yang bilang kalau merek biasa pun kualitasnya ada yang bagus.

Terus? Aku mesti gimana? Pilih merek yang bagaimana nih?

Berbeda dengan produk non-elektronik, produk elektronik seperti notebook sangat rawan mengalami kerusakan. Fakta menunjukkan, tidak semua merek notebook berkualitas bagus. Alias gampang rusak. Entah rusah casingnya, rusak hardisknya, rusak keyboard dan touchpadnya, rusak baterainya, atau kerusakan pada komponen lainnya.

Sayang banget kan kalau notebook yang pada awalnya ingin dijadikan pendamping kerja sehari-hari. Eh, baru 1, 2, 3 tahun udah rusak lagi.

Saran saya sih, Sahabat harus yakin untuk memilih sebuah merek yang kualitasnya terjamin dan sudah banyak orang yang membuktikannya. Percayalah…

Selain spek dan merek, faktor kenyamanan juga mesti diperhatikan. Toh gak enak kan kalau punya laptop kece bermerek dengan spek yang pas, tapi kita sendiri gak nyaman memakainya. Karena sejatinya kenyamananlah yang menentukan segalanya.

Ada beberapa aspek kenyamanan yang mesti Sahabat perhatikan, diantaranya.

  1. Kenyamanan keyboard
    Keyboard yang nyaman bisa menambah produktifitas kerja loh. Seperti saya, saya memakai notebook dengan keyboard yang nyaman, sehingga aktivitas menulis saya pun terasa nyaman pula.
  2. Kenyamanan touchpad
    Kalau Sahabat suka desain atau main games, kenyamanan touchpad adalah segalanya. Toh di dalam bermain games, telat ngeklik satu detik saja bisa membuat Sahabat kalah.
  3. Kenyamanan tampilan layar
    Bagi beberapa orang, kenyaman tampilan layar sangat berpengaruh. Kualitas warna layar yang buruk terkadang membuat geram bagi banyak orang. Misalnya bagi para desainer, kualitas warna layar yang buruk bisa menjadi perusak karya mereka.
  4. Kenyamanan suara
    Sebagian orang telah menjadikan musik sebagai bagian dari kehidupan mereka. Udah pasti, kenyamanan suara notebook menjadi satu hal yang penting bagi mereka.
  5. Besar kapasitas hardisk
    Zaman sekarang, banyak sekali para pecinta perfilman yang suka mengoleksi flm di notebooknya. Dengan demikian, besarnya kapasitas hardisk juga menjadi salah satu aspek kenyamanan pengguna notebook saat ini.
  6. Masa hidup baterai yang lama
    Pastikan bahwa jenis baterai yang digunakan adalah jenis baterai terkini yang memiliki masa hidup yang panjang. Karena Sahabat akan merasakan betapa pentingnya baterai laptop jika salah membeli laptop yang memiliki masa hidup baterai yang singkat. #Pengalaman

Kalau Sahabat bertanya, “apakah ada rekomendasi notebook pendamping kerja digital sehari-hari yang pas untuk saya?”

Saya jawab: Ada dong…

Ialah ASUS X555QA dengan ditemani prosessor AMD hadir untuk Sahabat yang merindukan notebook yang bisa dijadikan pendamping dalam melakukan berbagai pekerjaan digital sehari-hari Sahabat.

Kenapa ASUS X555QA?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, nih saya kasih pemaparan yang saya kira cukup lengkap. Semoga bisa meyakinkan Sahabat bahwa memang ASUS X555QA memang pantas direkomendasikan.

Speknya Didesain Sesuai

Berbekal prosessor 7th Gen AMD APU A10-9620P, 2M cache, 2.5GHz – 3.4GHz; RAM 4GB DDR4 2133MHz; dan Grafik AMD Radeon™ R5 Graphics, clock speed 720MHz, saya rasa sudah sangat sesuai dengan kebutuhan kerja harian sebagaimana telah saya sebutkan sebelumnya. Dengan spek seperti itu, berbagai pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan cepat dan efisien tanpa ada kata lemot.

Apalagi, memang notebook ini diciptakan untuk mendampingi hidup sehari-hari para penggunanya.

Dengan X555QA, ASUS ingin menawarkan pilihan yang lebih luas bagi pengguna saat akan memilih notebook yang tepat untuk mendampingi hidup mereka sehari-hari. Kombinasi prosesor AMD yang kuat namun efisien, dan harga yang terjangkau akan menghadirkan pengalaman komputasi yang lebih baik dibanding sebelumnya.

Galip Fu, Country Marketing Manager, ASUS Indonesia

Satu lagi, Notebook ini juga hadir dengan kapasitas hardisk sebesar 1TB. Wuihhh, untuk Sahabat yang suka ngumpul-ngumpul vidio dan musik, kapasitas sebesar ini lumayan banget kan…

Hadir Di Balik Nama Besar ASUS dan AMD

Dibalik kualitasnya yang memang terjamin, Sahabat perlu tau, kalau ASUS adalah peraih market share tertinggi sebesar 26,3% dan menjadi brand laptop No. 1 di Asia Tenggara (Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam dan Filipina). Data tersebut diperoleh dari data IDC kuartal keempat 2016. Maka, tidak heran saat ini orang banyak mengatakan “kalau beli notebook, kalah menang ya pilih ASUS”.

Sementara prosessor AMD sendiri, kita telah mengenalnya sebagai salah satu produsen prosessor besar dan ternama dunia. Dan tentu, kualitasnya pun sebanding dengan nama besarnya.

Desain Keyboardnya Ergonomis

Dengan membawa desain one-piece chiclet keyboard, ditambah dengan adanya numpad pada bilah kanan membuat membuat pengalaman mengetik pada ASUS X555QA semakin nyaman dan produktif saja.

Touchpadnya Memudahkan Segalanya

Touchpad pada ASUS X Series didesain untuk memudahkan banyak hal, karena dibuat dengan tingkat akurasi dan kesensitifan yang tinggi. Dan baiknya lagi, notebook ini juga hadir dengan teknologi ASUS Smart Gesture. Salah satu manfaat adanya ASUS Smart Gesture ini adalah kemudahan dalam melakukan perintah fitur touchscreen (banyak terdapat di Windows 8 dan 8.1) dan melakukan perintah dua jari (fitur zoom dan scroll).

Kualitas Warna Layarnya Mantap

Notebook ini hadir dengan teknologi ASUS Splendid hasil karya cipta tim ASUS Golden Eye. Dengan adanya teknologi ini, kualitas warnanya mantap abis karena dapat memberikan akurasi warna dan color temperature yang lebih baik

Lebih dari itu, Sahabat akan merasa gembira dengan adanya mode warna layar yang bervariasi. Variasi mode tersebut bisa diatur saat Sahabat menonton film dan vidio, browsing, dan juga melihat foto. Tujuannya agar warna yang dilihat lebih ngena dengan suasana saat itu.

Suaranya Bersih

Kebutuhan harian Sahabat akan suara notebook berkualitas sepertinya sangat sesuai dengan fitur notebook ini. Berkat teknologi ASUS Sonic Master dan ASUS Audio Wizard, membuat suara yang dihasilkan akan sesuai dengan yang seharusnya didengarkan.

Sudah Menggunakan Baterai Li-Polymer

Notebook ASUS X Series sudah dibekali baterai jenis terpopuler saat ini yakni baterai Li-Polymer. Baterai jenis ini memberikan 2,5 kali masa pakai baterai dibanding dengan baterai jenis silinder Li-ion. Alhasil, masa hidup baterai notebook ini akan lebih lama, periode ganti baterai akan lebih jarang, dan kocek pun tidak banyak terkuras. Yeeepee…

Menyediakan Konektivitas Beragam

Banyak orang yang sebel kalau mau presentasi harus bawa-bawa kabel VGA karena proyektor gak mendukung tipe konektivitas lainnya. Dan katanya, paling sebelnya lagi kalau lupa bawa kabel VGAnya. Itu rasanya pengen … *isi sendiri, beuh sebelnya.

Tenang, ASUS X555QA ini datang bak pahlawan. Bagaimana tidak! Notebook ini menyediakan beragam port konektivitas: 1 port HDMI, 1 port VGA,  1 port RJ45 LAN, 1 port USB 2.0, 1 port 3-in-1 SD/SDHC/SDXC card reader, 2 port Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1), dan 1 port COMBO audio jack.

Wadau, lengkap abis kan?

Bagaimana dengan harganya?

Spesifikasi lengkap dan harga bisa Sahabat baca di spoiler berikut.

Spesifikasi Lengkap dan Harga ASUS X555QA
Main Spec. ASUS X555QA
CPU 7th Gen AMD APU A10-9620P, 2M cache, 2.5GHz – 3.4GHz
Operating System Windows 10 64-bit
Memory 4GB DDR4 2133MHz up to 16GB (Dual Channel Support)
Disk Drive Super-Multi DVD-RW 8x
Storage 1.000GB SATA HDD
Display 15.6″ HD 1366×768 (16:9) LED Backlit 60Hz Glare Panel with 45% NTSC
Graphics AMD Radeon™ R5 Graphics, clock speed 720MHz
Input/Output 1 x RJ45 LAN, 1 x USB 2.0 port, 1 x VGA port, 1 x SD card reader, 2 x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x COMBO audio jack, 1 x HDMI
Camera VGA Web Camera
Connectivity Dual-band 802.11 b/g/n or 802.11ac (optional), 10/100/1000/Gigabits Base T, Bluetooth 4.0
Audio Built-in Stereo 2W Speakers and Microphone, ASUS SonicMaster Technology,

Support for Windows 10 Cortana

Dimension 38.2 x 25.6 x 2.58cm (WxDxH)
Weight 2.3Kg with Battery
Battery 37 Whrs Battery, up to 10 hours web browsing
Harga MSRP Rp6.099.000, Termurah di Bukalapak Rp5.800.000
Warranty 2 Tahun Global

Hmm, benar bukan? Dengan berbagai keunggulannya, ASUS X555QA ini sudah sepantasnya menjadi pilihan Sahabat semua dalam memilih notebook pendamping kerja sehari-hari. Yeah, karena ASUS AMD = Laptop for Everyone. So, tunggu apa lagi, gak usah banyak mikir, bawa uangmu dan pergi sekarang ke toko notebook terdekat.

Sekian tulisan saya mengenai tips memilih notebook pendamping kerja sehari-hari, semoga bermanfaat ya…

  • ASUS : X555QA
  • ASUS: Press Release ASUS X555QA, Notebook Performa Mumpuni untuk Sehari-hari

4Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Kreator Konten Daring dan Programmer. Bloger Bandung. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai