Caraku Meningkatkan Kualitas Konten Blog dan Bagaimana ASUS Vivobook A407 dapat Membantu Mewujudkannya

0Shares

Sebagai seorang blogger, yang menjadi perhatian utama saya dalam membangun sebuah blog adalah soal  perhatian kualitas konten blog . Ya, bagaimana tidak, ketika saya memiliki blog dengan kualitas konten yang baik, maka disitulah saya akan mendapat banyak kebermanfaatan dari membangun sebuah blog. Sebaliknya, ketika saya tidak berhasil menciptakan konten berkualitas pada blog saya, maka blog hanya akan membawa secuil manfaat saja.

Yap, sekarang blog dapat kita anggap sebagai wahana taman bermain para netizen (peselancar internet). Dan kita sebagai blogger adalah pengusaha penyedia taman bermain tersebut. Untuk bisa mendapat pengunjung yang banyak dan juga keuntungan yang banyak, kita dituntut untuk bisa menyediakan fasilitas yang nyaman dan sesuai kebutuhan mereka.

Begitulah analogi dari pentingnya membuat konten yang berkualitas bagi para blogger.

Dengan adanya keharusan membuat konten berkualitas, maka penting juga bagi para blogger untuk selalu berupaya meningkatkan kemampuan dalam membuat kualitas konten blog.

Kenapa?

Perlu Sahabat ketahui, kalau sebenarnya peningkatan kualitas konten itu blog berbanding lurus dengan peningkatan kemampuan blogging kita. Artinya, untuk bisa meningkatkan kualitas konten blog, maka kita perlu  belajar, belajar, dan belajar  berbagai hal yang berhubungan dengan blogging plus melakukan upgrade fasilitas pendukung  kegiatan belajar tersebut.

Seberapa pentingkah?

Percayalah, ada banyak hal yang akan didapatkan jika Sahabat telah menggenggam ilmu pembuatan konten blog berkualitas. Saya sendiri telah menapakinya sejak memulai aktivitas blogging sejak enam tahun lalu. Bisa menjuarai lomba-lomba menulis, mendapat tambahan uang jajan yang banyak, punya kemampuan menulis baik, punya kemampuan mendesain, dan lain sebagai, bagi saya adalah sesuatu hal yang sangat mengagumkan bagi saya. Dan semua harus diraih dengan usaha yang gigih.

 Foto: Saya memenangkan lomba menulis blog di akhir tahun 2017. 

So, masih mau diem aja?

Setiap blogger punya cara masing-masing untuk meningkatkan kualitas konten blog. Setiap cara punya nilai tambah masing-masing. Setiap cara butuh ilmu masing-masing. Maka, kualitas konten setiap blogger pasti juga berbeda.

Kabar bahagianya, pada tulisan ini saya akan membagikan kepada Sahabat cara saya meningkatkan kualitas konten blog.

Yepee…

Eits, tapi… Ada tapinya nih. Saat meningkatkan kualitas konten blog, Sahabat mesti punya teman yang bisa mendukung seluruh prosesnya. Teman tersebut harus bisa mengakomodasi berbagai bentuk kebutuhan blogger saat melakukan pembuatan konten kreatifnya.

Teman itu adalah sebuah laptop.

Sahabat gak bisa asal beli laptop, karena seorang blogger pasti membutuhkan laptop yang pas untuk blogging yang produktif tersebut. Dan untuk saat ini, pilihan laptop terbaik tersebut saya merekomendasikan  ASUS Vivobook A407  yang baru diluncurkan awal april lalu. Alasannya, karena fitur laptop tersebut sangat cocok dengan kebutuhan para blogger, selengkapnya akan saya kupas juga pada tulisan ini.

Maka, inilah pembahasan penting seputar  ‘Caraku Meningkatkan Kualitas Konten Blog dan Bagaimana ASUS Vivobook A407 dapat Membantu Mewujudkannya’ . Yuhu…

Ada satu hal penting yang saya tekankan kepada Sahabat semua. Blogging itu adalah kegiatan menulis di media online. Secara kasar,  blogging adalah menulis  . Jika ingin pandai ngeblog, maka harus pandai menulis pula.

Biasanya, para blogger pemula sering menyepelekan hal yang satu ini. Mereka menganggap ngeblog bukanlah menulis. Mereka hanya berfikir bahwa ngeblog bermula dari pembuatan blog dan diakhiri dengan blog yang tampil cantik. Alhasil, konten tulisan yang mereka suguhkan jauh dari kata berkualitas. Amburadul!

Untuk meningkatkan kemampuan menulis, perbanyaklah jam terbang menulis. Curahkan setiap isi hati dan ide yang ada pada tulisan. Barengi dengan kebiasaan membaca karya orang lain. Maka lambat laun, kemampuan menulis Sahabat akan semakin membaik.

Saya sendiri terbiasa untuk selalu membuka laptop ketika tiba-tiba terlintas ide yang dirasa baik, dimanapun saya sedang berada.

 Foto: Sekalipun sedang berada di kampung kakek-nenek, aktivitas blogging masih saya lakukan. 

Karena bagi saya, terlintasnya ide di pikiran itu sangatlah penting sekali. Tidak di semua keadaan kita bisa menemukan ide brilian.

Menurutku, untuk mendukung langkah ini Sahabat sebaiknya memiliki laptop yang rigan dan mendukung kegiatan mobile (mobilitas tinggi) serta memiliki layar yang nyaman untuk dipandang.

ASUS Vivobook A407 hadir dengan  bobot ringan 1,55 kg . Terbilang sangat ringan untuk laptop dengan ukuran 14 inci. Bukan hanya itu, laptop tipe ini pun memiliki  ketebalan hanya 21,9 milimeter  saja. Pas banget untuk kita para blogger yang kerjanya selalu menggendong dan membuka laptop setiap saat dimanapun kita berada. Hmm, apalagi buat Sahabat travel blogger.

Laptop ini juga terbilang mengagumkan, bahkan bisa saya bilang sangat mengagumkan. ASUS Vivobook A407 membawa teknologi laptop kekinian  fingerprint sensor  yang terletak di bagian touchpad.

Kenapa mengagumkan?

Bagi seorang blogger, teknologi ini sangat mendukung mobilitas dan produktivitas. Ketika kita hendak membuka laptop secara spontan, kita tidak perlu susah-susah login dengan mengetikkan password. Apalagi kalau salah ketik dan keadaan cahaya sedang gelap, kan menyita waktu banget tuh.

Nilai plusnya lagi, teknologi ini pastinya membuat laptop kita akan jauh lebih aman. Bener ga?

Ketika sebagian blogger melupakan kemampuan menulis dan terlalu fokus pada ilmu pembuatan blog. Sebagian yang lain justru bertingkah sebaliknya. Mereka terlalu fokus pada kemampuan menulis, sedangkan ilmu pembuatan blog tidak mereka pelajari.

Padahal, blogging adalah aktivitas yang kompleks yang menyatukan banyak ilmu. Tanpa mengenal ilmu-ilmu pembuatan blog, blog akan memiliki banyak ‘kutu’ di sana-sini yang membuat para pembaca tidak nyamam membaca blog Sahabat. ‘Meski’ tulisannya berkualitas bagus.

Ada beberapa hal yang menjadi target dari dikuasainya ilmu pembuatan blog  ini.

  1. Belajar Optimasi Blog: Meliputi ping dan konfigurasi pada mesin pencari (Contoh: Google Webmaster Tools)
    Tujuannya: Agar blog Sahabat terlacak dengan baik oleh mesin pencari.
  2. Belajar Mengatur Template/Tema: Meliputi pemilihan  tema, pemilihan font, pemilihan warna dominan, pemilihan dan pengaturan layout, pembuatan dan pemosisian widget, hingga konfigurasi agar blog responsive jika dibuka lewat smartphone.
    Tujuannya: Agar tampilan blog Sahabat eye catching di mata pembaca.
  3. Belajar Pernak Pernih Mesin Posting: Meliputi cara pembuatan button/tombol, pembuatan gambar/banner hyperlink, pembuatan drop cap, pembuatan tab spoiler, penambahan animasi, dan lain sebagainya.
    Tujuannya: Membantu melengkapi dan meningkatkan kualitas postingan.
  4.  Belajar Error Handling: Meliputi belajar utak-atik blog.
    Tujuannya: Mengetahui cara penangan ketika terjadi error-error fatal.
  5. dan lain sebagainya

Wou, banyak banget kan yang harus dipelajari. Memang seperti itulah sulitnya jika ingin menjadi blogger yang professional. Saya sendiri telah mengabiskan waktu sambilan kurang lebih empat sampai enam tahun lamanya. Tetapi percayalah, semakin banyak kita belajar, maka semakin besar peluang kita sadar bahwa ilmu yang kita miliki sekarang masih sangat minim.

 Gambar: WP Beginner, salah satu web belajar ngeblog dengan platform WordPress. 

Kegiatan belajar yang prosesnya membutuhkan waktu cukup panjang ini, ASUS Vivobook A407 sangatlah menunjang. Kenapa? Karena laptop tipe ini hadir dengan  teknologi ASUS Splendid  yang memungkinkan Sahabat mengubah mode visual.

Saya suka banget dengan teknologi ini karena terdapat mode Eye Care yang bisa mengurangi tingkat cahaya biru untuk mengurangi ketegangan mata. Sayang, 6 tahun lalu saya belum mengenal adanya teknologi ini *entah juga udah ada apa engga, akibatnya saat ini mata saya mengalami gangguan minus, mungkin karena layar laptop zaman dulu yang masih ganas-ganas. Heuheu.

Saya sarankan, ketika sedang belajar atau sedang ngeblog, gunakan mode Eye Care, sedangkan ketika sedang membuat desain grafis gunakan mode Vivid untuk mengoptimalkan kontras.

Keren bukan?

Penambahan desain grafis dan fotografi pada postingan blog bakal menambah kualitas kontenmu loh. Terlebih, saat ini peselancar internet lebih menyukai konten yang eye-catching dengan tambahan multimedia, dibanding konten full-text.

Lihat saja pada tulisan ini yang saya balut dengan berbagai macam desain grafis dan lampiran foto, tentu lebih menarik bukan?

 Foto: Saya sedang belajar fotografi selfie, wkwk. 

Untuk itu, saya sarankan Sahabat mulai mempelajari desain grafis dan fotografi tingkat dasar *tingkat pro pun gak masalah. Secara, blogger zaman now masa gak bisa desan dan fotografi, hehehe.

Seperti cara sebelumnya, ASUS Vivobook A407 pun bagus untuk dijadikan teman membuat desan grafis dan olah foto. Spesifikasinya yang cukup gahar untuk kegiatan para blogger. Yap, dengan  prosesor Intel® Core™ i3-6006U 2.0GHz ,  RAM berkapasitas 4GB DDR4  *dapat diupgrade hingga 8GB, serta prosesor grafis terbaru  NVIDIA MX110  saya pikir sudah cukup untuk menopang.

Sahabat sudah bisa menggunakan sofware Adobe Illustrator, CorelDraw, atau Inkscape untuk desain grafis; Adobe Photoshop, Paint.Net, atau GIMP untuk mengolah foto pada laptop ini.

Sementara untuk menyimpan hasil desain dan olahan fotonya, Sahabat bisa menyimpannya di hardisk berkapasitas besar 1TB.

Tidak hanya itu saja Sahabat, saya sangat suka dengan layarnya yang juga mendukung kita lebih semangat dan lebih nyaman saat mendesain. Layarnya itu loh.. Iya layarnya…

Bezelnya tipis abis!!! Laptop tipe ini hadir dengan layar  NanoEdge Display . Yuhu, siapa sih yang gak jatuh hati padanya? Apalagi buat para pecinta desain, layar laptop akan terasa lebih lebar dan nyaman dipandang.

Sebenaranya saya gak paham-paham amat tentang dunia psikologis manusia. Yang jelas, berdasarkan fakta pengalaman yang saya alami, konten blog terasa lebih bagus ketika dibuat dalam suasana nyaman.

Suasana nyaman setiap orang mungkin beda-beda. Ada yang suka ngeblog di luar rumah, ada yang suka ngeblog sambil denger musik, ada yang suka ngeblog sambil nonton drakor atau semacamnya (note: gua mah engga suka, wkwk). Sedangkan saya sendiri terkadang lebih senang ngeblog sambil mendengar tilawah quran yang dibacakan oleh qari-qari favorit seperti Muzammil Hasballah atau Taqi Malik (*maaf kalau so alim, hehe).

Keadaan semacam itu membuat saya membutuhkan laptop dengan suara yang jernih. Supaya suara yang didengar lebih nikmat.

Generasi laptop ASUS saat ini sudah banyak yang dibekali teknologi  ASUS SonicMaster  , salah satunya ASUS Vivobook A407. Yang pasti, kombinasi teknologi hardware dan software dari ASUS ini pasti memanjakan semua blogger yang butuh suara berkualitas baik untuk kegiatannya.

Rasanya kurang lengkap jika pada tulisan ini saya memberi rekomendasi laptop tanpa disertai informasi spesifikasi lengkapnya. Untuk itu, untuk melengkapinya berikut saya lampirkan spesifikasi dari ASUS Vivobook A407.

CPU Intel® Core™ i3-6006U Processor, 2.0GHz (3M Cache)
Operating System Windows 10 Home
Memory 4GB DDR4
Storage 1TB  HDD 5400RPM
Display 14″ (16:9) LED backlit HD (1366×768) Glare, Ultra Slim 200nits
Graphics NVIDIA MX110 2GB GDDR5 / Intel HD graphics 510
Input/Output 1x Microphone-in/Headphone-out jack, 1x USB 3.0 port, 1x HDMI, 1x MicroSD card reader, dan 1x USB 2.0 Port
Camera VGA Web Camera
Connectivity Dual band 802.11ac Bluetooth V4.1
Audio ASUS SonicMaster Technology
Battery 3 cell Li-ion, 33WHrs
Dimension 328.6 x 246.3 x 21.9mm
Weight 1,55Kg with Battery
Colors Stary Grey dan Icicle Gold
Warranty 2 tahun garansi global
Harga IDR 6,499.000

Kualitas konten blog harus menjadi perhatian para blogger. Bukan hanya membuat konten itu sendiri menjadi baik, namun akan berdampak baik bagi keseluruhan blog itu sendiri. Namun, untuk membuat konten berkualitas itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu banyak usaha *disertai doa semisal belajar menulis, desain, fotografi, dan mengelola blog, yang notabenenya membutuhkan waktu cukup lama hingga menjadi professional.

Sementara dibalik itu, keberadaan laptop yang pas pun sangat berpengaruh. Tanpa adanya laptop yang pas, semua usaha itu tidak akan maksimal hasilnya, atau bahkan tidak bisa dilakukan sama sekali.

ASUS Vivobook A407 dengan segala kelebihannya, saya rasa sangat pas untuk membantu para blogger zaman now melakukan segala kebutuhan bloggingnya.

Untuk itu, buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas konten blogmu TO THE NEXT LEVEL, saya sarankan untuk selalu belajar dan berusaha, serta pilih ASUS Vivobook A407 sebagai sahabatmu. 🙂

0Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Kreator Konten Daring dan Programmer. Bloger Bandung. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Hubungi saya melalui email arsabandung@gmail.com . Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai