Bisnis MLM Online Syariah sebagai Solusi Perkembangan Ekonomi Umat

0Shares

Secara umum, bisnis merupakan serangkaian aktivitas jual-beli yang biasa kita lakukan untuk memperoleh pendapatan berupa keuntungan yang kemudian dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Keadaan dunia yang semakin maju telah membuat sistem bisnis berkembang pesat dan memunculkan sistem-sistem baru, misalnya saja sistem bisnis online.

Yap, keadaan kemajuan teknologi informasi juga turut memengaruhi sektor ekonomi. Saat ini sebagian pelaku bisnis mulai beralih menggunakan sistem bisnis online sebagai cara baru meraih keuntungan dengan mudah dan cepat. Apalagi, saat ini memang telah tersedia platform-platform toko online yang memudahkan kita melakukan aktivitas bisnis.

 Gambar: Tokopedia sebagai salah satu platform toko online yang membantu aktivitas bisnis online 

Sebut saja tokopedia dan bukalapak, mereka adalah contoh platform toko online yang saat ini banyak dipergunakan pebisnis untuk menjual berbagai produk usahanya.

Meski demikian, perilaku bisnis manusia tidaklah berubah. Ya, perilaku ekonomi manusia yang menyukai keuntungan yang besar dengan usaha tertentu tidaklah berubah. Maka, bentuk bisnis Multi Level Marketing atau biasa kita sebut MLM juga tidak pernah pudar dan sepi peminat dari dunia bisnis kita.

Konsep Bisnis MLM

Saat ini, konsep bisnis MLM semakin berkembang luas. Bisa kita buktikan dengan banyaknya usaha MLM yang bisa kita pilih dan tentunya tersebar di mana-mana. Karenanya, konsep bisnis MLM juga terkenal erat kaitannya dengan  bisnis rumahan .

Hmm, bisnis dengan konsep MLM itu seperti apa ya? Saya belum paham…

Seperti namanya, Multi Level Marketing. MLM merupkan konsep bisnis dengan sistem pemasaran rantai. Maksudnya, seorang penjual/sales barang usaha pada sistem MLM tidak hanya mempunyai pendapatan dari barang yang mereka jual, tetapi mereka juga akan mendapat kompensasi dari setiap penjualan sales lain yang mereka rekrut.

Yeay, seru kan?

Dalam sistem MLM ini, sales yang memiliki sales rekrutan yang banyak dan aktif melakukan bisnis akan memiliki pendapatan yang belipat. Tentunya, sistem ini akan sangat menguntungkan jika kredibel.

Konsep Bisnis Syariah

Di lain sisi, masyarakat juga mulai menyadari pentingnya menggunakan prinsip syariah dalam bermuamalah/berbisnis. Masyarakat secara perlahan mulai teredukasi bahwa agamanya, Islam mengajarkan prinsip bermualamah yang harus ditegakkan oleh setiap individu.

Saya pikir, ini merupakan dampak positif dari kemajuan teknologi informasi. Karena dengan teknologi informasi saat ini yang sangat maju, masyarakat dengan mudahnya mengakses informasi seputar keagamaan maupun seputar bisnis.

Apa bedanya konsep bisnis syariah dengan konsep bisnis konvensional?

Secara umum, konsep bisnis syariah tidak membatasi kita untuk mecari keuntungan dan pendapatan yang banya, hanya saja setiap tindak-tanduk yang kita lakukan harus dilaksanakan atas dasar ketaatan pada aturan-aturan yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Artinya, saat berbisnis, kita tidak diperkenankan melakukan cara-cara yang diharamkan agama. Kita harus bisa membedakan antara yang halal dengan yang harap serta yang hak dengan yang batil.

Adapun, dalam melakukan bisnis syariah, kita mesti memiliki empat nilai etika berikut.

  1. Kesatuan
    Nilai kesatuan ini tergambarkan dalam konsep tauhid kita yang memadukan seluruh aspek kehidupan muslim baik dalam bidang ekonomi, politik, sosial, menjadi satu kesatuan. Artinya, dalam bisnis kita pun harus tetap menegakkan aturan agama.
  1. Keseimbangan
    Keseimbangan dalam bisnis syariah maksudnya kita mesti berbuat adil.
  1. Kebebasan
    Maksudnya, dalam melakukan kebebasan kita harus tetap memerhatikan kewajiban kita memerhatika sesama, seperti menunaikan zakat dan bersedekah.
  1. Kebenaran, kebajikan dan kejujuran
    Dengan kebenaran, kebajikan, dan kejujuran, prinsip dasar syariah akan semakin pekat. Keruguan di salah satu pihak akan terhindarkan.

Online X MLM X Syariah

Apa bisa sistem bisnis online digabungkan dengan sistem MLM dan juga prinsip syariah?

Tentu saja bisa. Perlu Sahabat ketahui, jika sistem bisnis online adalah sistem universal, artinya semua bisnis dapat dibuat online. Karena sistem bisnis online merupakan konsep penggunaan teknologi informasi daring pada bidang bisnis.

Sedangkan sistem MLM itu adalah sistem perolehan pendapatannya. Semua bisnis bisa dibangun dengan konsep ini, tergantung keputusan dan strategi perusahaan bisnis.

Dan pastinya prinsip syariah adalah prinsip yang universal juga. Sebagai seorang muslim kita percaya, setiap aturan yang diturunkan oleh Allah Subhanahu Wata’ala pastilah baik. Dengan prinsip syariah, kita tidak hanya akan mendapatkan keuntungan, namun juga keberkahan dunia akhirat. Insya Allah.

Dengan itu, semua sistem itu dapat digabungkan satu sama lain, menjadi  bisnis online syariah , bisnis online mlm,  MLM syariah , atau bahkan menjadi bisnis online MLM syariah.

K-Link, Bisnis MLM Syariah Tersertifikasi

Sahabat yang saat ini sedang mencari  bisnis online syariah  dengan tipe MLM. K-Link bisa menjadi solusi bagi Sahabat. K-Link telah memiliki sertifikasi sebagai Perusahaan Penjualan Berjenjang Langsung Syariah atau yang kita kenal dengan perusahaan MLM dari Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Lembaga:

PT Momen Global Internasional

Produk:

Nutrisi Kesehatan

No. Surat Keputusan:

006.53.01/DSN-MUI/VII/2017

Tentunya, K-Link juga telah dikenal selalu menjual produk-produk berkualitas. Ditambah, sistem penjualan yang dikenal baik, membuat Sahabat akan mendapatkan kenyamanan dalam berjualan nantinya. Dan pastinya berdampak langsung pada produktifitas member menuju kehidupan yang lebih baik.

Bagi saya sendiri, produk K-Link adalah produk yang sering saya dengar. Dahulu ayahku merupakan sales produk K-Link. Saya sebagai anak darinya, tentu banyak menggunakan produk K-Link untuk berbagai macam kebutuhan seperti produk K-Liquid Chlorophyll untuk menjaga kesehatan badan saya.

Saya sarankan, Sahabat langsung mengunjungi website resmi ka-link untuk informasi lebih lanjut.

 www.k-net.co.id 

Membantu Mendongkrang Perekonomian Umat

Melakukan bisnis MLM syariah yang dapat dilakukan secara online seperti bisnis MLM syariah K-Link pastinya sangat berpengaruh terhadap perekonomian para salesnya. Dengan produk dan sistem pemasaran yang baik, jelas akan mendongkrak produktifitas sales dalam membangun kehidupan yang lebih baik. Tak luput dari itu, sales merupakan bagian dari umat. Lebih jauh lagi, produk yang berkualitas juga akan berpengaruh secara langsung terhadap konsumen. Misalnya saja produk K-Link yang notabene merupakan produk nutrisi kesehatan. Setiap produk tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan kesehatan konsumen. Dan lagi, konsumen adalah bagian dari umat.

Dengan demikian, bisa kita katakan konsep bisnis seperti ini bisa menjadi solusi membangun ekonomi umat yang lebih baik. Aamiin.

Referensi

Keterangan

Gambar fitur: diolah dari freepik.com

0Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Kreator Konten Daring dan Programmer. Bloger Bandung. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai