Tips Melakukan Gaya Hidup Sehat bagi Anak Kos (Pelajar dan Mahasiswa)

3Shares

Gaya hidup sehat adalah komitmen jangka panjang dengan manfaat kesehatan yang menyeluruh bagi tubuh dan kehidupan Anda. Meningkatnya kesehatan tubuh, mental dan emosional akan turut meningkatkan kualitas hidup Anda serta membawa pengaruh positif bagi orang-orang di sekitar Anda.”  -Alodokter

Gaya hidup sehat sangat penting untuk dilakukan karena berkaitan erat dengan kualitas kesehatan fisik dan psikis kita, agar senantiasa terlindung dari gangguan-gangguan kesehatan yang ada.


Dalam beberapa kasus dan berdasarkan pengalaman saya, pelajar dan mahasiswa adalah kalangan yang sering tidak acuh pada gaya hidup sehat. Apalagi untuk mereka-mereka yang tinggal menyendiri terpisah dari keluarga dan sanak saudara, alias anak kos. Bahkan bisa dikatakan bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar pelajar dan mahasiswa yang hidup ngekos itu hanya memikirkan belajar, makan, dan tidur. Lebih naasnya lagi, sebagian dari mereka tidak memperhatikan sama sekali gaya hidup sehat semisal pola makan, pola olahraga, pola tidur, dan lain-lain.

Sumber gambar: freepik.com

Ah masa, apa ada buktinya bro?

Saya sendiri merupakan seorang mahasiswa yang tinggal ngekos, dan hampir seluruh teman saya juga merupakan anak kos. Dengan keadaan seperti itu, pastinya saya mengenal banyak tipe anak kos dalam mengatur gaya hidupnya. Ada yang memang sangat memperhatikan gaya hidup sehat, ada yang kerjaannya tidur melulu, ada yang kerjaannya main game melulu, ada yang gak pernah berolahraga, dan lain sebagainya.

Hmm, unik-unik ya?

Untuk memperkuat data dan fakta tersebut, saya telah mencoba melakukan polling survey kepada kawan-kawan satu jurusan dan kawan-kawan satu fakultas saya secara online mengenai pola makan dan pola olahraga mereka sebagai salah satu kategori gaya hidup sehat. Penasaran? Yuk kita tengok!

Hasil survey terhadap teman satu jurusan saya.

Hasil survey terhadap teman satu fakultas saya.

Sayang, dari 491 anggota grup fakultas hanya 49 orang saja yang mau mengikuti polling, dan hanya 32 orang dari 63 anggota grup jurusan saja yang mau mengikuti polling. Meski begitu, saya rasa jumlah itu sudah cukup untuk mengetahui keadaan gaya hidup dari pelajar/mahasiswa yang kebanyakan tinggal ngekos.

Cukup memprihatinkan bukan, hanya ada segelintir orang yang benar-benar menjaga gaya hidup sehat, sementara gaya hidup sehat memiliki efek yang sangat besar terhadap kualitas kesehatan kita.

Kok bisa gitu ya?

Saya rasa ada beberapa faktor yang melatarbelakangi keadaan semacam itu. Mulai dari ketidaktahuan, ketidakmauan, keadaan ekonomi, keadaan fisik, dan ketidakmampuan mengatur waktu. Sulit memang menemukan akar permasalahannya, toh setiap individu pasti memiliki alasan yang berbeda-beda.

Meski begitu, pada tulisan ini saya akan berbagi beberapa tips melakukan gaya hidup sehat bagi kalian-kalian yang juga merupakan anak kos, terutama kalian yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa.

Oke, check it out bro/sis!

Makan Makanan yang Bergizi, Sekalipun Uang Makan Minim

Sumber gambar: freepik.com

Yap, pastinya kamu mesti makan makanan yang bergizi. Karena pemenuhan kebutuhan gizi dan nutrisi sangat berpengaruh pada kesehatan kita. Makan bukan hanya pemenuhan rasa lapar belaka dan juga bukan hanya pemenuhan hasrat mengunyah makanan yang sangat disukai saja. Maka dari itu, penting sekali bagi kita untuk mengubah mindset berfikir, bahwa makan mesti diatur dengan pola pemenuhan gizi dan nutrisi.

Apa ada standarnya?

Ada! Pemerintah kita melalui Kementrian Kesehatan telah membuat satu rujukan pola makan yang baik dengan nama ‘Pedoman Gizi Seimbang’ yang menggantikan pola sebelumnya ‘4 Sehat 5 Sempurna’. Dalam pedoman tersebut, tertulis bahwa makanan yang disarankan itu terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, dan buah-buahan.

Makanan Seimbang | Sumber: http://gizi.depkes.go.id

Unduh Pedoman Gizi Seimbang Kemenkes RI : Klik di Sini

Tapi, uang makan saya minim, bagaimana nih?

Ada beberapa tips dari saya untuk mengatur makan kita meskipun uang makan minim. Begini caranya:

Lihat kandungan makanan.

Misal: coba ganti asupan protein, dari daging ayam dengan telor ayam. Dengan cara itu kamu bisa menghemat setengah pengeluaran, namun dengan kandungan gizi yang tidak jauh berbeda.

Buah-buahan tidak selalu mahal.

Akali harga buah-buahan yang cukup tinggi dengan membeli buah-buahan kiloan, kemudian makan secara rutin. Dengan cara ini, kamu bisa menekan harga dan pastinya bisa mengonsumsi buah-buahan (semisal pisang, belimbing, jeruk, jambu, dll) secara rutin.

Cari warung nasi non-branded.

Dengan menu yang sama, kamu bisa mendapat harga yang sangat murah dengan menemukan warung nasi murah ketimbang harus makan di warung nasi mewah. Pengalamanku, dengan makan di warung nasi khusus karyawan/pelajar, kamu bisa mendapat setengah harga lebih murah dengan menu yang sama dibanding makan di warung nasi umum. Semangat mencari!

Selalu Berolahraga, Meski Hanya di Kamar Kos

Sumber gambar: freepik.com

Hmm, entah mengapa, olahraga seakan-akan dilupakan oleh sebagian anak kos. Padahal, melakukan olahraga rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan fisik kita.

Bagi saya, olahraga yang paling mudah dilakukan (bisa juga kamu lakukan) dan memiliki cukup banyak manfaat adalah berlari/jogging. Yap, cukup berlari kecil memutari tempat tinggalmu itu cukup untuk membuat fisikmu bugar.

Masalahnya, sebagian anak kos itu malas keluar kosan…

Solusinya adalah: ya berolah raga di dalam kamar kosan. Cara semacam ini terkadang saya lakukan. Dengan berlari di tempat kamu bisa mendapat manfaat yang sama dengan berlari mengitari lapangan bukan? Selebihnya, kita juga bisa melakukan olahraga lain seperti senam yoga atau olahraga kekuatan: push up, sit up, dll. Menarik bukan?

Usahakan Selalu Tampil Kece

Sumber gambar: freepik.com

Siapa sih yang gak mau tampil kece. Semua orang pasti ingin tampil kece, apalagi masa-masanya lagi cari jodoh, hohoho. Tapi, kenapa beberapa orang lupa jika menjaga kebersihan diri adalah salah satu sisi yang membuat penampilan menjadi kece.

Anak kos identik dengan kebiasaan jarang mandi alias cuma cuci muka doang, kalaupun mandi cuma mandi bebek (mandi cepat). Hmm, apa kamu salah satu diantaranya? Kalau saya sih engga.

Percayalah, dengan melakukan kebiasaan mandi 2 kali sehari, menyikat gigi minimal 2 kali sehari, membersihkan kuku, mencuci tangan dan kaki, memakai pakaian yang rapi dan bersih, hingga menjaga rambut agar tetap fresh, secara tidak langsung kamu telah membuat penampilanmu menjadi kece tanpa meninggalkan gaya hidup sehat.

Ingat Tujuan Utama: Belajar dan Berprestasi

Sumber gambar: freepik.com

Buat kamu yang masih menyandang status sebagai pelajar atau mahasiswa, ingatlah bahwa tujuan kamu saat ini adalah belajar dan meningkatkan prestasi. Bukan mencari jodoh, bukan bermain games, bukan pula mencari popularitas.

Ketahuilah, jika pola tidur memiliki hubungan erat dengan tingkat konsentrasi belajar yang akan berdampak langsung dengan hasil belajar kamu.  So, lakukan pola tidur berkualitas selama 6 s.d. 8 jam sehari demi tujuanmu itu.


Demikian tips melakukan gaya hidup sehat ala anak kos yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.

Sekadar info, Sahabat bisa mengunjugi akun-akun sosial media SEMBUTOPIA:
instagram: @sembutopia
facebook: sembu.topia
twitter: @sembutopia
untuk mendapatkan informasi lain seputar gaya hidup sehat.

Mari sembuhkan indonesia dengan melakukan gaya hidup sehat!


Label: SEMBUTOPIA, Mari Sembuhkan Indonesia, Gaya Hidup Sehat

Referensi

3Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Kreator Konten Daring dan Programmer. Bloger Bandung. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Hubungi saya melalui email arsabandung@gmail.com . Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai