Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Sulit bagi saya ngebayangin pelajar kota yang tidak punya notebook sebagai pendamping belajar. Huff! Kayaknya bakal lebih berat untuk bersaing menjadi juara kelas. Lantaran ada banyak tugas sekolah yang siap menantang kita untuk menggunakan robot cerdas ini. Dari mulai tugas membuat laporan, tugas membuat vidio, membuat presentasi, ataupun tugas mencari sumber belajar. Hmm, rasanya membelikan notebook udah menjadi salah satu kewajiban para orang tua agar anak-anaknya bisa tampil kreatif dan produktif di kelas sehingga bisa mengantarkannya menjadi sang juara.

Buat kamu para pelajar, dalam memilih notebook pastinya kamu gak akan asal pilih. Pastinya bakal ada banyak pertimbangan yang harus kamu pikirkan agar nantinya notebookmu bisa menjadi teman dalam berjuang meraih prestasi. Gak mau kan kalau salah pilih notebook? Bisa-bisa keinginan bisa tampil kreatif dan produktif di kelas pupus hanya karena salah pilih notebook.

 

Maka gak ada salahnya kalau kamu baca tips memilih notebook yang pas untuk pelajar. Barangkali bisa membantu kamu dalam memilih notebook. Oke, apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih notebook untuk pelajar? Cekidot brother.

Sekilas, Spesifikasi Harus Mumpuni

Biarpun judulnya notebook buat pelajar, tapi jangan salah mengartikan kalau notebook buat pelajar itu adalah notebook yang ecek-ecek. Kenapa? Karena dunia pelajar itu juga butuh bereksplorasi dengan hal-hal baru. Maka perhatikan juga spek notebook yang akan dibeli.

Untuk kebutuhan pelajar sendiri, secara sekilas, dengan Intel sebagai processor, RAM sebesar 2 Gb, VGA Intel HD, dan HDD sebesar 500 Gb saya rasa sudah cukup mumpuni dijadikan sebagai notebook untuk pelajar, karena sudah bisa menjalankan banyak software harian.

Dari spek tersebut, ada banyak software keren yang bisa dipakai, misalnya:

  • Microsoft Office 2016 (berbayar) atau WPS Office 2016 (gratis) sebagai aplikasi kantor.
  • CorelDraw X6 (berbayar), Adobe Illustrator CS6 (berbayar), atau GIMP 2 (gratis) sebagai aplikasi desain berbasis vektor.
  • Adobe Photoshop CS6 (berbayar) atau Inkscape (gratis) sebagai aplikasi desain berbasis piksel.
  • Google Chrome atau Mozilla Firefox sebagai aplikasi penjelajah internet.
  • Games offline dan online.
  • Movie Maker sebagai aplikasi editing vidio.
  • Dan lain sebagainya.

Dan jangan lupa untuk mengecek, apakah notebook tersebut sudah dilengkapi dengan Wifi, Bluetooth, port HDMI/Micro HDMI, sebagai perangkat konektivitas? Toh semua itu bakal kamu butuhkan saat belajar nanti.

Harus Bisa Diajak Tampil Kece

 

Pelajar itu identik dengan golongan muda yang selalu ingin tampil keren nan kece di mana pun. Maka, kalau urusan memilih notebook trendi gak bisa kita hapus dari daftar tips memilih notebook buat pelajar. Karena kalau pelajar disuguhi notebook berpenampilan kuno ataupun gaya ketuaan, maka tingkat percaya diri mereka tidak semaksimal tampil dengan notebook yang trendi.

Dan untuk kamu pelajar yang ngaku anak muda, jangan mau kalau dibeliin notebook dengan gaya terlalu tua. Siapa sih yang gak mau tampil keren dengan notebook yang juga keren. Iya sih notebook bukan buat gaya-gayaan, tapi kalau memang ada notebook yang keren, kenapa tidak?

Memilih Notebook Yang Gak Buat Bungkuk

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan dalam memilih notebook untuk pelajar adalah ukuran dan bobotnya yang sesuai. Coba pilih deh notebook yang ramping, ringan, dan minimalis biar notebook kamu ini gak buat pertumbuhan kamu terhambat, atau bahkan membuat kamu bungkuk kaya aki-aki. Ukuran yang ramping dan ringan juga bisa membuat kamu lebih mudah membawanya kemana-mana, sesukamu. Kecuali ke dalam air ya! Nanti rusak, hehe.

Semuanya Harus Cepat

Kalau ingin lebih produktif dalam berkreasi maupun cepat dalam mengerjakan tugas sekolah, ya semua bagian notebook yang kamu pilih harus mendukung. Dimulai dari perangkat penangkap jaringan wifi yang cepat, generasi bluetooth yang cepat, port USB yang cepat, dan juga processor yang bisa cepat mengoperasikan setiap tugas aplikasi.

Untuk membedakan perangkat yang lebih cepat dengan yang tidak, Sahabat cukup membedakan generasi/versinya. Tentu perangkat dengan generasi/versi terbaru akan lebih optimal dan lebih maksimal kecepatannya dibanding dengan perangkat yang lebih lawas.

Pelajar Harus Pilih Notebook Yang Kuat Tahan Lama

Aktivitas pelajar yang padat harus ditemani dengan notebook yang memiliki baterai berkapasitas besar, alias kuat tahan lama. Kalau misalnya pelajar salah memilih notebook, dengan kapasitas baterai cuma kuat dua jam saja, pasti akan ada banyak kerugian yang didapat. Mulai dari molornya pengerjaan tugas, sulitnya berkeasi seharian, dan bakalan sulit untuk mencari inspirasi di luar rumah dengan ditemani notebook pribadi.

Hmm, pelajar harus mulai cerdas dalam memilih notebook yang pas. Pelajar harus bisa mengerti kalau mereka sebaiknya memilih notebook dengan kapasitas baterai minimal kuat 4 jam kerja. Toh, 4 jam itu akan terasa sebentar kalau aktivitas yang dilakukan dengan notebook sangat banyak dan padat. Gak mau kan kalau tugas terhambat cuma karena harus bolak balik ngecharge.

Memilih Yang Mendukung Kenyamanan Belajar

 

Buat apa kalau speknya bagus, penampilannya keren, ukurannya pas, aksesibilitas perangkat handal, baterai kuat, tapi enggak nyaman dipake buat belajar. Biarpun alasan kenyamanan saya simpan di bagian bawah, tapi urutan tulisan itu gak penting. Kenyamanan tetep harus dibuat nomor satu. Ya, biar bagaimanapun fungsi dari notebook untuk pelajar kan buat dipake belajar. Kalau notebooknya aja udah ribet, gimana jadinya dengan prestasimu?

Kenyamanan notebook yang sesuai untuk belajar sendiri ditentukan oleh banyak faktor, mulai dari touchpadnya yang responsif, keyboardnya enak dipake, ukuran layarnya yang pas, suaranya yang bagus, gak bising, dan juga bisa dipasangi OS terbaru. Semua itu sangat berpengaruh loh. Nih saya jelaskan sedikit.

Touchpad yang responsif: Mempermudah segala aktivitas komputasi.
Keyboard yang enak dipake: Mempercepat pengerjaan tugas dan berkreasi, membuat kamu lebih produktif.
Ukuran layar yang pas: Kalau kekecilan membuat sulit melihat objek kecil, kalau kegedean juga buat notebook susah dibawa.
Suaranya mantap: Suara notebook yang bagus buat kamu nyaman kalau ikutan bimbel online.
Gak berisik alias fanless desain. Supaya notebook kamu gak buat otak encermu terganggu.
Bisa dipasangi OS terbaru: Jangan melulu mempelajari teknologi jadul dong, move on!

Notebook Pelajar, Harga Pelajar

Kalangan pelajar dan mahasiswa identik dengan hal-hal yang serba murah, makan harus murah, kostan harus murah, jajan seadanya, kalau beli barang mesti yang murah, dan notebookpun harus yang murah namun tetap berkualitas. Ya, meskipun kamu masih pake uang si bapa atau si mamih, tapi ngerti lah sedikit kalau nyari uang itu gak mudah. Kalau memang ada notebook yang pas, hebat, bekualitas dengan harga murah, kenapa harus beli notebook yang harganya sama dengan harga motor gede?

Denger nih, pelajar cerdas, pelajar pintar, dan pelajar yang bertanggung jawab itu adalah pelajar yang mampu memanfaatkan prinsip ekonomi dalam kehidupannya. Kamu sendiri tau kan perilaku hedonisme itu gak baik?

ASUS EeeBook E202, Rekomendasi Notebook untuk Pelajar

Dari semua tips memilih notebook buat pelajar itu, saya punya satu notebook yang pas untuk direkomendasikan ke semua pelajar Indonesia. Selain karena semua tips yang saya buat ngeklop dengan notebook yang satu ini, notebook ini juga memang keluar mencari sasaran pelajar.

Hmm, boleh-boleh. Notebook merek apa tuh?

Jahah, udah keburu saya tulis di atas bro, saya merekomendasikan banget agar kamu memilih ASUS seri EeeBook E202.

Tampilan ASUS EeeBook E202.

Coba jelasin kenapa saya harus pilih notebook itu!

Walach! Ya, boleh lah. Nih saya kasih paparkan lagi. Demi kamu para pembaca setia, apa sih yang gak saya kasih buat kamu. Cie….

Sekilas, Spesifikasi Sudah Mumpuni

Varian warna ASUS EeeBook E202

Notebook ini dipersenjatai dengan prosessor Intel Celeron Dual Core hemat daya, RAM 2 Gb yang cukup dipake menggukan banyak software pelajar, VGA Intel HD Graphics, HDD 500 Gb yang cukup buat nyimpen banyak data, Wifi berkecepatan tinggi 802.11ac Gigabit Speeds, Bluetooth 4.0, dan port Micro HDMI. Sekilas sudah cukup mumpuni kan?

Bisa Diajak Tampil Kece

Dengan adanya empat warna pilihan yang ekspresif yakni Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Red Rouge, pastinya notebook ini udah sesuai banget dengan kamu yang mau tampil kece dan bergaya muda.

Gak akan Membuat Bungkuk

ASUS EeeBook E202

Haha, udah gak zaman notebook gede dan berat. Sekarang masanya notebook yang pas ukurannya, enak diajak main, dan enteng meski harus dijinjing langsung. ASUS EeeBook E202 ini punya ukuran pas pelajar yaitu 11,6″, dengan dimensi luas 193 x 297 mm alias gak lebih besar dari ukuran kertas A4. So, dijamin gak akan buat bungkuk kaya kakek dan nenek tercinta.

Semuanya Sudah Ngebut

Wifinya udah memakai generasi ke lima 802.11ac Gigabit Speeds, Bluetooth sudah versi 4.0, port USBnya sudah punya port USB 3.1 type-C yang pastinya sangat cepat dan menghemat waktu karena kecepatan transfer USB 3.1 ini lebih cepat 11x dibandingkan USB 2.0 (USB dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya), ditambah prosessor Intel Celeron Dual Core hemat daya yang juga bisa diajak ngebut.

Kuat Tahan Lama

Baterai ASUS EeeBook E202 dapat bertahan hingga 8 jam.

Kalau nanya apa notebook ini kuat tahan lama, jawabannya kuat banget. Gimana enggak kuat, kalau notebook ini bisa kuat sampe 8 jam non-stop dengan 3 sel baterai polimer-ionnya. Ditambah prosessor yang dipakenya pun mendukung pula, dengan nilai Thermal Design Power (TDP) yang kecil, yakni hanya mengonsumsi daya sebesar 6 watt, membuat baterainya gak terbebani.

Hmm, coba bayangin deh, dengan notebook yang bisa kuat 8 jam kamu bakal ngapain aja? Notebook masih tetep kuat dipake presentasi di sekolah seharian, atau kamu bisa nonton vidio pembelajaran online (misal quipper atau zenius) selama 8 jam. Haha, tapi awas mata bisa minus kalau keseringan….

Nyaman Dipake Belajar

Touchpad sangat luas dan responsif abis. Saya jamin belajar pasti nyaman dengan notebook yang satu ini, karena touchpadnya sangat luas, 36% lebih luas dibanding notebook sejenis, ditambah dengan kualitas touchpad yang sangat responsif dan mendukung teknologi ASUS Smart Gesture.

Keyboard enak dipake. “ASUS Eeebook E202 ini memiliki desain one-piecce chiclet keyboard membuat pengalaman mengetik lebih mudah, dengan jarak antar keyboard 1.66mm bikin pengetikan semakin nyaman dan kokoh, bahkan tahan sampai 10 juta kali pengetikan”, itu kata si asusnya langsung loh. Jadi kalau ada tugas membuat makalah, laporan, atau tugas lainnya, kamu bisa ngetik dengan nyaman.

Ukuran layar yang pas. Tadi udah saya bahas, layarnya 11,6″ pas banget buat pelajar.

ASUS EeeBook E202 dengan teknologi Fanless design dan ASUS SonicMaster.

Suaranya mantap BGT. Mantapnya suara notebook adalah nilai lebih yang bisa kamu manfaatkan saat tampil presentasi di kelas, menonton vidio pembelajaran bareng temen, ataupun sedang refresing nonton vidio atau dengerin tilawah quran saat break kelas.

ASUS EeeBook E202 sudah dilengkapi dengan dual speaker berteknologi ASUS SonicMaster, sehingga suara yang dihasilkan sangat mantap.

ASUS EeeBook E202 hadir dengan fanless design.

Dijamin gak berisik. Dikarenan nilai TDP prosessornya yang rendah, membuat notebook ini gak cepet panas. Karenanya, notebook ini gak butuh-butuh amat angin kencang untuk mendinginkan motherboardnya. Otomatis, gak ada kipas tuh. Makanya, notebook ini dijamin gak berisik, dan kamu pun bisa nyaman belajar tanpa terganggu suara bising notebook.

Bisa dipasangi OS terbaru. ASUS EeeBook sangat kompatible/cocok dengan Windows 10. Jadi jangan takut kalau notebook gak bisa pake OS terbaru kayak notebook jadul. Alhasil, kamu bisa berkarya bebas dengan ilmu terupdate. Oh ya, notebook ini hadir dalam versi DOS dan juga bulit-in Windows 10.

Pas di Kantong Pelajar

Dan yang terakhir, pastinya notebook ASUS EeeBook E202 ini pas banget dengan kantong pelajar. Untuk kamu yang gak dikasih uang sama mamih babeh pun gak usah risau, karena kamu bisa nabung karena harganya yang tergolong murah di kelasnya.

Berapa harga ASUS EeeBook E202?

Kalau kamu cek di tokopedia, untuk notebook dengan OS DOS, kamu bisa bawa pulang notebook ini dengan harga Rp2.999.000, kalau dibuletin mulai Rp 3 jutaan. Untuk yang built-in Windows 10, menurut gadgettren.com, harganya Rp3.499.000, alias mulai 3,4 jutaan. Pas dikantongmu kan? Yuk dibeli….

Penutup

Saya cukupkan di sini kiriman mengenai tips memilih notebook untuk pelajar. Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.

Catatan

  • Sebagian gambar fitur pada kiriman ini dibuat dengan lisensi vektor gratis www.freepik.com.
  • Tulisan ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com.


Penulis: Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

4 Replies to “Tips Memilih Notebook untuk Pelajar

  1. Mas, aku naksir grafisnya. . . .bukan yg buat hahaha. . .

    ASUS emang bisa dibilang keren soal laptop yang kecil-kecil. Punya laptop ASUS yang kecil sampe sekarang awet-awet aja dan tetep kenceng.

    Oh ya, selamat sudah menang ya mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *