Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Setelah masa jabatan suatu organisasi akan berakhir, biasanya pengurus akan mengadakan rapat dan sebagainya untuk membahas mengenai pembuatan laporan pertanggungjawaban. Begitu pula dengan Praja Muda Karana. Meski bisa dibilang merupakan organisasi kecil karena kepengurusannya hanya mengikat satu gugus depan saja, namun pembuatan laporan pertanggungjawaban masih dinyatakan penting untuk dibuat.

Laporan ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban atas program kerja yang dibuat dan diajukan di awal periode. Melalui laporan pertanggungjawaban, pembina ataupun tokoh-tokoh lain bisa mengetahui seberapa baik dan seberapa jauh tujuan program kerja telah tercapai.

Saya sendiri pernah membuat laporan pertanggungjawaban saat saya menjadi sekretaris Pramuka pada saat saya ada di jenjang SMA. Susah-susah gampang sih. Tapi yakin deh, kalau Sahabat sudah terbiasa untuk menulis dan membuat laporan-laporan, hanya butuh waktu beberapa jam untuk menyusun draf laporan pertanggungjawaban ini.

Hmm, tapi bagaimana dengan para sekretaris kualitas 3 yang bingung membuat laporan?

Oke deh, pada kiriman ini saya bakal membagikan file contoh laporan pertanggungjawaban yang pernah saya buat. Semoga bisa diambil manfaatnya ya, bisa dijadikan referensi, dan semoga bisa menjadi berkah. Aamiin.

Yuk unduh di tautan berikut.

COVER LAPERJAB

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN

Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Penulis: Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *