Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Saat pertemuan pertama dengan dosen jurusan, kami mahasiswa Teknik Informatika Unpad sempat diberi kabar bahwa setiap mahasiswa diberi fasilitas gratis unduh produk microsoft. Seluruh produk dapat diunduh secara langsung di web microsoft imagine Unpad. Sontak banyak mahasiswa yang gembira mendengar kabar itu.

Hmm, bagaimana tidak, akhirnya kita bisa merasakan kenikmatan sensasi memakai produk microsoft original.

Dalam web microsoft imagine Unpad, kita bisa menguduh secara gratis software-software berikut.

  1. Visio 2013
  2. Project 2013
  3. Access 2013
  4. Windows 8.1 Education
  5. Visio 2016
  6. Project 2016
  7. Access 2016
  8. Windows Server 2016
  9. Visual Studio for Mac
  10. Visual Studio Community 2017
  11. Visual Studio Enterprise 2017
  12. Windows 10 Education
  13. Microsoft Azure for Students

Proses pengunduhan terbilang mudah, cukup dengan melakukan request account menggunakan email Unpad. Kemudian melakukan pengunduhan software ketika akun telah di aktivasi.

Sahabat bisa membaca panduan singkatnya di tautan berikut.

Microsoft Imagine Universitas Padajajaran – Unduh Produk Microsoft Gratis untuk Mahasiswa Unpad

Loh, kok gak ada Microsoft Office kang?

Nah, sempat saya bertanya kepada Pak Setiawan, Kadep Ilmu Komputer, perihal cara mendapatkan Microsoft Office. Ia memberitahu jika untuk mendapatkan Microsoft Office original bisa langsung mendaftar ke rektorat Unpad bagian pelayanan. Katanya, cukup bawa laptopmu kesana, nanti laptopmu akan dipasangi Microsoft Office.

Mudah bukan?

Proses Tidak Semudah yang Dibayangkan

Ada salah satu temanku yang sudah mengunjungi rektorat untuk meminta dipasangi office. Tapi naas, bukan laptop langsung dipasangi office, namun ternyata Sahabat harus menunggu proses antrian permintaan pemasangan yang cukup panjang. Dikatakan jika laptop yang ingin dipasangi harus ditinggal di sana.

Lah, gimana kalau laptopnya dipake buat ngerjain tugas?

Ada Cara yang Lebih Praktis

Selama ini saya tidak menggunakan Microsoft Office, tetapi memakai software WPS Office 2016 sebagai alternatif terbaik pengganti Microsoft Office. Kemarin, otak saya mulai kembali dibisiki setan untuk kembali menggunakan Ms Office bajakan.

Saya coba cari installer Ms Office 2016 update terbaru di Google. Kemudian saya unduh, dan saya install di perangkat notebook saya. Haha, pikiran mulai berfikir akan mengunduh KMS Pico sebagai cracker aplikasi. Hehe.

Entah takdir, entah kebetulan. Disaat saya membuka Office Word (oh ya, saya belum pake KMS Pico), munculah secerca cahaya illahi, timbul pilihan trial Ms. Office 365 (mirip-mirip Ms. Office 2016). Aku membatin, daripada pake software bajakan, lebih baik saya pake yang trial saja. Kalau masa trial habis, kan bisa saya install ulang kembali, wkwk.

Eh, taunya, di website microsoft tertulis bahwa Office 365 menyediakan lisensi Pro gratis bagi pelajar.

Hmm, apakah ini lisensi yang dilanggan Unpad?

Dan jeng jreng, ketika saya mencobanya, eh benar saja, mahasiswa Unpad bisa mengunduh Office 365 secara gratis dengan menggunakan email Unpad.

*maaf, tulisan kali ini terasa garing, lagi stress banyak tugas, hehe.

Cara Unduh Office 365 Gratis

Sebelum memulai, pastikan di perangkat komputer Sahabat tidak ada aplikasi Ms. Office Professional Plus 2016. Kalau masih ada, harap hapus terlebih dahulu. Pastikan juga perangkat Sahabat sedang terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil (kuota min 2GB).


Selanjutnya, masuk ke halaman web Microsoft Office 365 for Education. Buka di tautan berikut.

Ms. Office 365 for Education

Di sana jelas tertulis bahwa software ini gratis.

Bukan versi percobaan! Peserta didik dan pengajar memenuhi syarat untuk mendapatkan Office 365 for Education, yang mencakup Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan kini Microsoft Teams, plus alat ruang kelas tambahan. Yang Anda perlukan untuk memulai hanyalah alamat email sekolah yang sah. Segera Mulai.


Setelah itu, masukkan email Unpad Sahabat pada kolom ‘Masukkan alamat email sekolah Anda‘.


Selanjutnya pilih I’m a student.

Isikan data diri pada formulir yang telah disediakan. Disana terdapat kolom kode konfirmasi email, artinya Sahabat harus membuka inbox email Unpad Sahabat. Pilih Oke.


Di halaman Invite more people, Sahabat bisa mengundang kawan-kawan lainnya untuk turut mengunduh Ms. Office 365 ini. Kalau sedang malas, ya di skip saja.


Untuk selanjutnya ikuti saja ya alurnya ya. Mohon maaf, saya lupa print screen tampilannya.


Mengenai link unduh, JANGAN pilih tombol ‘Instal Office 2016‘, tapi pilih Other Installs. Kenapa? Karena untuk tombol ‘ Instal Office 2016’, secara default akan mengunduh Office 32 bit.

Catatan:

Jangan lupa, pastikan tipe bit unduhan Ms. Office sesuai dengan bit sistem operasi Sahabat (32bit atau 64bit).


Unduh dan pasang Microsoft Office 365. Dan jangan lupa, setelah install, login menggunakan akun email Unpad di software Office Sahabat agar status software menjadi ‘Activated‘.


Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.


Penulis: Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan “Kang Arsa”. Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru…

3 Replies to “Unduh Office 365 Gratis untuk Mahasiswa Unpad

    1. Nanti setelah akun teraktivasi. Tinggal login aja di tiap perangkat. Kalau gak salah 1 pc, 1 tablet, 1 smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *