Satu minggu yang lalu hari minggu pukul 4 sore, saya sedang berada di kampus tercinta Universitas Padjadjaran Jatinangor. Seperti biasa,  bersama notebook tercinta ASUS E202S, saya terkadang mengisi hari libur saya untuk mengerjakan tugas kuliah ataupun nulis ngeblog penuh suka cita.

Di kampus, saya tidak sendiri, ada banyak teman yang menemani keceriaan sore hari itu, sambil menunggu detik-detik sang surya pergi meninggalkan lagit. Seorang kawanku yang bernama Siradj pun terlihat sangat gembira sekali. Entah karena apa, sebelumnya saya gak tau apa yang telah terjadi pada dirinya, gak seperti biasanya yang selalu diam dan diam, hmm. Namun, perlahan tapi pasti, saya mulai mengerti kenapa ia terlihat bahagia.

Kecau! Ternyata ia mendapat hadiah laptop baru dari pamannya. Memang sih, enggak ada yang aneh melihat teman memiliki laptop baru, toh memang saya berkuliah di Teknik Informatika, so udah pasti jika banyak teman yang mendapat hadiah laptop baru dari keluarganya.

Tapi usul punya usul, di sini saya gak akan bercerita soal tugas apa yang saya kerjakan saat itu. Saya akan bercerita soal isi hati saya yang bermula dari hari itu.

Naasnya, ketika kawanku Siradj mengeluarkan laptop barunya, hadeuh… Bak melihat seorang ratu dari kayangan  dengan mengenakan gaun dan perhiasan indah, ternyata hati gak bisa boong, kalau mata ini suka dengan pandangan pertama melihatnya. Wkwkw, apasih.

Yap, benar saya terpikat dengan laptop si Siradj, toh kalau tampilannya memang benar menawan, gak bisa saya katakan jelek kan?


ASUS VivoBook S15 S510UQ di Mata Saya


Ini dia laptop barunya si Siradj, ASUS VivoBook S15 S510UQ. Sekilas, tampilannya begitu elegan dan indah dengan desain balutan logam. Saya suka!

Laptop kawanku, Siradj.

Enggak mau cuma lihat luarnya saja, selanjutnya saya coba ‘menggerebek’ kawanku itu. Saya tanya-tanya soal ‘daleman’ dari ASUS VivoBook S15 S510UQ.

Yuk kita lihat hasil gerebek yang saya lakukan di vidio di bawah ini.

Haha, menarik bukan? Jadi kepengen besok pergi ke toko ASUS dan bawa pulang laptopnya. Hehe… (Inget-inget, duit belum cair bos… wkwk).

Hmm, sambil menunggu duit cair untuk bisa beli laptopnya, seperti biasa, ada baiknya saya ubek-ubek dulu kelebihan-kelebihan dari si ASUS VivoBook S15 S510UQ ini dan membagikannya pula ke kawan semua. Ya, semoga aja dengan sharing ke temen-temen semua, Allah permudah jalan saya untuk bisa bawa pulang laptop ini bulan ini juga, aamiin.


Ada yang ‘Aneh’ di ASUS VivoBook S15 S510UQ


Jujur, saya agak merasa aneh ketika melihat keuinikan ASUS tipe ini. Bezel NanoEdge 7,8 mm yang sangat tipis pada panel layar sangat jarang ditemukan di laptop yang pernah saya lihat. Bingkai laptop khas 14 inch bisa memuat panel layar 15,6 ” Full HD adalah inovasi yang menurut saya cukup spektakuler. Melihat layar laptop kini serasa melihat layar smartphone.


ASUS Memang Kuat Tahan Lama


Yang paling saya suka dari semua produk laptop ASUS adalah kekuatan baterainya yang tahan lama. Baik bisa menghidupkan laptop dalam waktu lama, maupun kualitas baterainya tidak perlu dirakan lagi.

ASUS VivoBook S15 S510UQ siap kita ajak kerja produktif berlama-lama tanpa takut baterai cepat loyo di kemudian hari. Sans… Sans… Laptop ini sudah dipersenjatai dengan baterai jenis Polymer Lithium yang masa pakainya 3X lebih lama dibanding baterai Lithium Ion Standar. Ditambah dengan teknologi ASUS Battery Health yang memperpanjang masa pakai baterai dan teknologi Quick-Charge yang membuat baterai bisa terisi sebanyak 60% dalam 49 menit saja. Hmm, menarik bukan?

Kata temanku Siradj pun, dengan baterai 100%, laptop ini memungkinkan untuk melakukan beragam pekerjaan selama 8 jam. Huhu, mantap banget kalau dipake ‘ngoding’ non-stop 8 jam! (*Permisi, saya anak Informatika)


Produktivitas Tetap Terjaga


Berbeda dengan notebook yang saya miliki saat ini. Meski telah memiliki banyak fitur unggulan yang membantu pekerjaan harian saya, namun tetap saja, ada banyak hal yang tidak bisa saya lakukan dengan sebatas menggunakan notebook.

Laptopnya si Siradj ini, saya rasa sudah sangat mumpuni bagi para pelajar, mahasiswa, ataupun kreator yang ingin lebih leluasa ingin mengembangkan bakatnya lebih jauh lagi.

Dengan sepesifikasi:

  • Prosesor Intel® Core™ i5 terbaru.
  • RAM 4GB DDR4 2133MHz
  • Grafis NVIDIA® GeForce® 940MX
  • 1 TB HDD, 128 GB SSD
Spesifikasi ASUS VivoBook S15 S510UQ Lengkap

Saya sendiri merasa sudah bisa mencukupi beragam kebutuhan komputasi saya.


Saya Mau Apa dengan Spek Sebesar dan Fitur Sekeren Itu?


Di awal, saya udah bilang, kalau saya suka laptop ini berawal dari mata, artinya saya sangat suka desainnya yang sangat elegan. Hmm, kalau nanti saya berhasil membawa pulang laptop ini ke rumah, hal pertama yang akan saya lakukan adalah ‘menjinjingnya ke mana-mana’. Wkwk, sepertinya muka saja akan kebawa ganteng kalau bawa laptop seganteng ini.

Hmm, selanjutnya saya sendiri ingin melakukan hal-hal berikut. Seluruhnya belum bisa saya lakukan mengingan spek notebook saya saat ini masih belum cukup untuk memenuhinya.

  1. Ingin dual boot Windows dan Linux tanpa lelet. Dual boot Windows dan Linux di notebook spek standar bawah bikin kepala emosi karena membuat sistem melambat.
  2. Ingin jadi editor vidio kelas professional. Apa daya, sampai saat ini, paling banter saya hanya bisa menggunakan Movie Maker sebagai aplikasi terbaik untuk edit vidio.
  3. Ingin bisa multitasking tanpa lelet. Haha, sampai saat ini, kalau saya ngeblog (buka internet) sambil edit foto atau buka word, leletnya hadeuh cukup bisa melatih saya sabar.
  4. Ingin main game Rome 2. Entah keinginan ini akan terwujud atau tidak. Tapi yang pasti sekarang saya masih ingin membeli dan memainkan game Rome 2 yang butuh laptop spek tinggi.

Jangan Takut Dengan Bobot dan Konektivitas!


Hal yang ditakuti banyak orang ketika mendengar kata ‘laptop’ adalah bobotnya yang berat dan konektivitasnya yang tidak up to date dibanding notebook. No no no!

Sekarang coba lihat deh seberapa hebat ASUS VivoBook S15 S510UQ ini bisa memuaskan kita…

Sumpah, kalau menurut gua (*cie gua gua-an) sih dengan kelengkapan fitur di atas: bobotnya yang ringan dan konektivitasnya yang lengkap & modern udah sangat mencukupi kebutuhan komputasi di zaman modern ini.

Mana port VGA nya kang?

Aduh bang… udah gak zaman di laptop ada port VGA… hehe. Udah digantiin tuh dengan port HDMI.


Ada Windows Hello nya Bung!


Hampir lupa, yang paling saya banggakan dari ASUS VivoBook S15 510UQ ini adalah dia punya fitur Windows Hello.

Apaan tuh?

Coba… coba simak deh apa kata ASUS soal Windows Hello ini.

Windows Hello | Sensor sidik jari untuk akses satu sentuhan dengan Windows Hello.

Mengakses ASUS VivoBook S15 saat ini lebih mudah dan lebih aman. Dengan sensor sidik jari yang telah menempel di touchpad dan Windows Hello, Anda tidak perlu lagi mengetikkan kata sandi Anda setiap saat untuk masuk – hanya satu sentuhan saja yang diperlukan!”

Keren kan? Jadi kita bisa mengganti kata sandi hanya dengan menempelkan jari saja! Hebat-hebat… (*jadi makin gak paham aja dengan teknologi zaman sekarang)


Sahabat Ngegame


Buat kamu para gamers sejati. Para DOTA lovers, PB lovers, atau kamu-kamu yang seneng mainin games. ASUS VivoBook S15 S510UQ ini bisa menjadi salah satu jawaban selain ASUS ROG.

Kenapa?

Karena ASUS VivoBook tipe ini sudah dibekali dengan teknologi ASUS IceCool.

“Teknologi ASUS IceCool telah menggunakan kontrol kipas terbaru yang canggih, pipa panas tipis dan tata letak internal yang cerdas sehingga menciptakan sistem pendinginan yang efisien yang dapat menjaga suhu palm rest rata-rata di bawah 35°C – lebih rendah dari suhu tubuh untuk memastikan Anda memperoleh kinerja komputasi tertinggi dan kenyamanan saat digunakan.”

So, meski kamu bermain berjam-jam, ASUS memastikan laptop ini tidak akan overheat.


ASUS VivoBook S15 S510UQ di Hati Saya


Hmm, permisi ya Sobat, saya ingin mencurahkan isi hati saya untuk ASUS VivoBook S15 S510UQ ini lewat puisi berikut. Oh iya, puisi di bawah sekaligus menutup tulisan ini. Semoga bermanfaat.

Kalau hendak dikata.
Maka lidahku terbujur kaku tuk ucapkannya.
Lantaran hanya hati yang bisa katakan ini.

Kalau hendak disampaikan
Maka alam raya mungkin saja akan jadi buana surga.
Karena terlalu indah, terlalu manis.

Bukan untuk kekasih hati yang tengah hidup di bilik sukma.
Bukan pula untuk sang Ilahi yang selalu ada menemani.
Tapi untuk sebongkah pelita karya cipta.
ASUS VivoBook S15 S510UQ.


Referensi


https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-VivoBook-S15-S510UQ/


Penulis: Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan “Kang Arsa”. Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru…

6 Replies to “ASUS VivoBook S15 S510UQ, dari Mata hingga ke Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *