Dengan Zakat Online Dompet Dhuafa, Kamu bisa Bayar Zakat Semudah Belanja Online

0Shares

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ke-taatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat. Dan yang demikian itulah agama yang lurus.”

(QS. al-Bayyinah [98] : 5)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dalam agama Islam, zakat memiliki peranan penting dalam membangun fondasi keagamaan umat yang kokoh layaknya peranan sholat lima waktu. Selain dikarenakan termasuk salah satu dari lima rukun islam sebagaimana hadits dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah; menunaikan shalat; menunaikan zakat; menunaikan haji ke Baitullah; dan berpuasa Ramadhan.” (HR. Bukhari, no. 8; Muslim, no. 16)

zakat juga pada faktanya telah mampu menjadi solusi atas berbagai macam masalah umat di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial, termasuk di zaman modern saat ini. Apalagi, zakat sendiri memiliki keutamaan-keutamaan yang begitu besar [Referensi1].

Dengan alasan itu, nampaknya penting bagi kita untuk terus menggemakan semangat menunaikan perintah berzakat pada masyarakat kita.

Keberadaan Lembaga Penyalur Zakat Sangatlah Membantu Kita

Dompet Dhuafa, Salah Satu Lembaga Penyalur Zakat

Tentu, akan terasa sulit jika untuk menggemakan penunaian zakat sebagai salah satu bagian dari penegakkan syariat Islam, tidak ada suatu kelompok masyarakat, lembaga, ataupun badan yang memberi fasilitas bantuan kepada kita.

Mungkin akan terasa kurang efektif jika kita mesti mencari sendiri mustahik yang berhak menerima zakat kita. Keluar masuk kampung hingga keluar masuk desa yang jumlah dan kepadatannya sangat luar biasa ini.

Gambar: Gubahan dari gambar aktual.com

Karenanya, keberadaan lembaga penyalur zakat yang saat ini banyak kita temui adalah anugerah terbaik dalam membantu kita menunaikan dan menyalurkan zakat.

Dompet Dhuafa adalah Salah Satunya

Hmm, siapa yang tak kenal dan tak akrab dengan dompet dhuafa?

Salah satu lembaga masyarakat yang bergerak di bidang penghimpunan dan penyaluran ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh, dan Wakaf) ini sampai sekarang terus berkerja membantu umat.

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF.

Dompet Dhuafa sendiri memiliki tekad mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan. Dan pastinya, dompet dhuafa juga telah membantu mengubah cara pandang kita dalam mengatasi beragam permasalahan umat dan memunculkan zakat sebagai solusi darinya.

Kesehatan

Dompet Dhuafa di dalam program kesehatan, mendirikan berbagai lembaga kesehatan yang bertujuan untuk melayani seluruh mustahik dengan sistem yang mudah dan terintegrasi dengan sangat baik. [Referensi2]

Ekonomi

Untuk memutus lingkaran kemiskinan di Indonesia, Dompet Dhuafa merangkul masyarakat di seluruh daerah dengan berbagai program pemberdayaan, agar terciptanya entrepreneur dan lapangan kerja baru. [Referensi2]

Pendidikan

Masa depan Indonesia yang lebih baik ada di tangan anak-anak. Dompet Dhuafa membantu mewujudkannya dengan memberikan program pendidikan dan beasiswa bagi anak-anak Indonesia yang tidak mampu. [Referensi2]

Pengembagan Sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Untuk itulah Dompet Dhuafa ada, bersama dengan para relawan membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah dan tidak tahu arah. [Referensi2]

Zakat Online Dompet Dhuafa

Apa tanggapan Sahabat tentang keberadaan media bayar zakat online?

Hmm, secara sekilas sangat menarik bukan? Keadaan sistem informasi saat ini yang sedang berada dalam zaman kemajuan pesat juga telah mentransformasi trend cara pembayaran zakat.

Zakat Online Dompet Dhuafa hadir menjadi salah satu opsi bagi Sahabat untuk melakukan pembayaran zakat secara mudah dan cepat. Yap, Sahabat hanya butuh kurang lebih 3 langkah singkat semudah belanja online untuk membayar beragam jenis zakat: zakat maal, zakat penghasilan, zakat fitrah dan fidyah. Bahkan lebih dari itu, Sahabat juga bisa melakukan infak/sedekah, wakaf, dan juga donasi kemanusiaan.

Wau, mantap sekali bukan?

Cara Melakukan Pembayaran Zakat di Zakat Online Dompet Dhuafa

Cukup mudah sekali! Sahabat hanya perlu melakukan 3 langkah pratis semudah belanja online di bawah ini.

Perlu diketahui sebelumnya, berikut layanan yang disediakan oleh aplikasi Zakat Online Dompet Dhuafa per hari ketika saya menulis artikel ini (*bisa saja layanan bertambah/berkurang di kemudian hari).

Zakat
  • Zakat Maal
  • Zakat Penghasilan
  • Zakat Fitrah
  • Fidyah
Infak/Sedekah
  • Program Pendidikan
  • Parsel Ramadhan
  • Program Kesehatan
  • Cahaya Dalam Sunyi
  • Listrik untuk Masjid
  • Program Ekonomi
  • Program Sosial
  • Program Lingkungan
Wakaf
  • Wakaf Masjid
  • Aset Produktif
  • Wakaf Pendidikan
  • Wakaf Kesehatan
  • Wakaf Ekonomi
Donasi Kemanusiaan
  • Bencana Dunia
  • Bencana Indonesia
  • Dompet Dunia Islam

Poin pentingnya, apabila Sahabat ingin melakukan pembayaran zakat, jangan lupa untuk terlebih dahulu menghitungnya. Sahabat bisa menggunakan beberapa alat bantu berikut berkenaan dengan perhitungan zakat.

  1. Kalkulator Zakat Penghasilan dan Zakat Maal – Dompet Dhuafa

    Dengan kalkulator zakat ini, Sahabat bisa menghitung berapa zakat penghasilan dan zakat maal yang mesti keluarkan.
    Kalkulator Zakat Dompet Dhuafa
  2. Panduan Fiqih Zakat
    Saya rasa, panduan fiqih zakat juga bisa membantu memahami bagaimana proses pembayaran zakat mesti dilakukan.
    Panduan Fiqih Zakat
  3. Chat dan Konsultasi Online – Dompet Dhuafa

    Alhamdulillah, Dompet Dhuafa menyediakan fitur chat dan konsultasi online. Saran saya, Sahabat bisa memanfaatkannya untuk berkonsultasi mengenai besaran pembayaran zakat. Fitur ini terletak di pojok kiri bawah website Dompet Dhuafa.
    Chat dan Konsultasi Online Dompet Dhuafa

 

Halaman Zakat Online Dompet Dhuafa bisa diakses melalui donasi.dompetdhuafa.org.

Adapun berikut tampilan formulir pengisiannya.

Isi formulir tersebut sesuai dengan data diri dan pilihan zakat Sahabat, lalu klik ‘Donasi Sekarang‘. Pastikan tidak ada yang salah dan terlewat ya…

Oh ya, halaman tersebut bisa Sahabat akses lewat Smartphone juga loh… Seperti ini tampilannya.

 

Setelah itu, Sahabat akan mendapatkan kode pembayaran dan halaman pembayaran. Klik ‘Bayar Sekarang‘, maka Sahabat akan dimasukkan ke halaman informasi pembayaran.

Kode Konfirmasi dan Tombol Bayar Sekarang

Setelah itu, Sahabat akan dimasukkan ke dalam halaman informasi pembayaran. Lakukan pembayaran/transfer, lalu klik tombol ‘Konfirmasi Pembayaran‘.

Informasi Pembayaran

Maka, selanjutnya Sahabat perlu mengonfirmasi pembayaran Sahabat (*pada beberapa metode) melalui form yang disediakan. Kemudian, klik ‘Kirim‘.

Konfirmasi Pembayaran

Yeay, Sahabat sudah berhasil melakukan pembayaran zakat semudah belanja online! Selamat! Yepee…

Yuk, mari kita bentangkan kebaikan, dimulai dengan zakat!

Saya cukupkan tulisan ini, semoga dapat bermanfaat.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog Berawal Dari Zakat, #25thnMembentangKebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa cek info lomba di donasi.dompetdhuafa.org/lombablog
0Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Kreator Konten Daring dan Programmer. Bloger Bandung. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Hubungi saya melalui email arsabandung@gmail.com . Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai