Scanner Brother Ads 2400N, Solusi Produktivitas Bisnis Anda

3Shares

Dalam sebuah bisnis, keberadaan scanner sangatlah berarti untuk meningkatkan produktivitas kerja. Bagaimana tidak? Meski saat ini zaman telah serba digital, namun keberadaan data fisik dengan media kertas masih dianggap barang sakral untuk menyimpan dan mengelola data-data penting di berbagai bidang kehidupan karena legalitasnya yang terjamin dan masih dipercaya masyarakat secara umum. Dengan scanner, data-data tersebut dapat dialih mediakan dalam bentuk media digital untuk memudahkan beragam kebutuhan pemakaian yang memerlukan portabilitas yang tinggi.

Namun sayang, masih banyak saja kalangan bisnis yang masih tidak mengacuhkan keberadaan scanner sebagai alat yang dapat membantu produktivitas bisnis dengan masih tetap menggunakan cara-cara konvensional untuk menyimpan dan mengelola data-data yang ada.

Untuk itu pada tulisan ini saya akan mengupas pentingnya keberadaan scanner untuk meningkatkan produktivitas bisnis Sahabat dan mengulas Scanner Brother Ads 2400N sebagai scanner terbaik yang mesti Sahabat gunakan.

Untuk Sahabat yang sedang dan telah memulai bisnis kecil, menengah, atau besar, saya sarankan agar Sahabat membacanya dengan baik dengan harapan ekosistem bisnis Indonesia dapat terus berkembang 🙂 .

Faktanya, Kertas Masih Digunakan Sebagai Media Penyimpanan Data Utama

Secara umum, dalam dunia bisnis kertas masih digunakan sebagai media penyimpanan data utama. Ada banyak sekali kegiatan dalam dunia bisnis yang mempergunakan kertas sebagai media pendukung. Sebut saja dalam penyimpanan data yang berhubungan dengan karyawan, data keuangan, surat menyurat, data pengguna layanan/konsumen, data-data perjanjian kerja sama, dan sebagainya. Tidak semua bisnis telah beralih menggunakan media dan aplikasi digital untuk menggantikannya.

Apa yang menjadi penyebabnya?

Hmm, keadaan zaman ini yang belum sepenuhnya bertransformasi menggunakan media digital adalah salah satu penyebabnya, terutama di Indonesia. Kultur masyarakat yang sedemikan rupa seperti di Indonesia ini membuat kertas masih dianggap mempunyai kredibilitas yang tinggi untuk menyimpan data penting dibanding dengan data digital yang rentan untuk dimanipulasi.

Memang sih, ada beberapa alasan yang menjadikan kertas masih menjadi media penyimpanan data utama di berbagai bidang bisnis, berikut di antaranya.

Padahal di balik beragam kelebihannya, sebagai media penyimpanan data kertas memiliki banyak sekali kelemahan yang akan berdampak langsung pada produktifitas bisnis kita, terlebih jika data telah banyak dan menumpuk.

Tapi inilah kehidupan, setiap masalah yang ada mesti dicari solusinya berdasarkan keadaan yang ada, bukan untuk disesali atau disalahkan 🙂 .

Penggunaan Scanner Masa Kini

Terus bagaimana nih, produktivitas bisnis jelas akan menurun jika kita masih menggunakan metode penyimpanan dan pengelolaan data secara konvensional menggunakan kertas!

Untuk masalah pengelolaan dan penyimpanan data, salah satu cara yang dapat menjadi solusi untuk meningkatkan produktivitas bisnis tanpa menyingkirkan kertas sebagai media penyimpanan data utama adalah penggunaan scanner. Fungsi scanner yang dapat mengalih mediakan media fisik menjadi media digital akan dapat membantu meningkatkan produktivitas bisnis di berbagai bidang dan berbagai sektor kerja.

Penggunaan Scanner dalam Bisnis Pendidikan

Dalam bisnis dan bidang pendidikan, masalah pengecekan hasil ujian adalah salah satu masalah yang sering terjadi. Ketika siswa atau pengguna layanan bisnis pendidikan semisal tempat kursus, tes kepribadian, ataupun penyelenggaraan tryout mengisi kertas ujiannya, maka dapat dipastikan akan ada banyak sekali kertas hasil ujian yang harus diperiksa untuk kemudian ditentukan hasil ujiannya.

Untuk menangani masalah ini, para pebisnis dan pelaku di bidang pendidikan bisa mengatasinya dengan mengubah format ujian menjadi mark sheet paper. Dengan cara ini, pemeriksaan dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan scanner dan aplikasi OMR.

Penggunaan Scanner dalam Bisnis Kesehatan

Sementara, dalam bisnis dan bidang kesehatan, penggunaan kertas sebagai pencatat data-data pasien menimbulkan masalah pelik karena keberadaannya yang sulit disimpan dan sulit dikelola. Akibatnya, akan ada banyak waktu yang terbuang percuma yang menurunkan tingkat produktivitas bahkan menimbulkan masalah baru.

Dalam hal ini, scanner dapat membuat data-data tersebut menjadi media digital yang dapat dengan mudah disimpan dan dikelola. Data-data yang ada dapat discan dengan scanner berkecepatan tinggi ditambah dengan aplikasi Document Management System untuk mengelola dan mengamankan, maka data-data dapat dengan mudah diakses oleh banyak pihak secara bersamaan dan pastinya tidak banyak menghabiskan tempat.

Penggunaan Scanner dalam Bisnis Keuangan

Begitupun dalam bisnis keuangan semisal bisnis perbankan. Praktik pengisian formulir yang masih diisi secara manual menimbulkan masalah antrian yang sangat tidak disukai oleh pelanggan.

Padahal, scanner dapat membantu permasalahan ini dengan memindai semua data yang telah diisi pada kertas lalu kemudian mengirim dan menyimpannya pada sistem aplikasi.

Penggunaan Scanner untuk Rekruitmen Karyawan

Dengan konsep yang sama dengan penggunaan pada beberapa bidang bisnis di atas, scanner juga dapat dipastikan akan mempermudah banyak bidang bisnis untuk membantu proses rekruitmen karyawan.

Penggunaan Scanner untuk Pengembangan Bisnis

Salah satu aspek yang bisa menandakan sebuah bisnis telah berkembang adalah telah digunakannya teknologi digital dalam setiap kegiatannya, salah satunya adalah scanner. Scanner sendiri dapat membantu banyak hal dalam bisnis misalnya untuk mempermudah mengirim surat, mempermudah penyimpanan data-data penting bisnis, mempemudah akses terhadap data apabila sewaktu-waktu dibutuhkan ketika berada di tempat yang jauh dari penyimpanan data, hingga mempermudah proses kerja bersama yang memerlukan data sumber yang sama.

Dari semua alasan itu, saya rasa sudah dapat meyakinkan Sahabat bahwa scanner benar-benar dapat meningkatkan produktivitas bisnis. Bener ga?

Scanner Brother Ads 2400N

Adakah scanner bagus yang recomended untuk kalangan bisnis?

Untuk saat ini, secara pribadi saya merekomendasikan kepada Sahabat untuk menggunakan Scanner Brother Ads 2400N. Tentu tidak semata-mata saya merekomendasikan scanner ini begitu saja, pastinya saya memiliki alasan dibalik perekomendasian ini.

Memangnya apa alasanmu merekomendasikan Scanner Brother Ads 2400N?

Gegas dan Gahar Bekerja

Alasan yang paling utama kenapa Scanner Brother Ads 2400N ini sangat baik untuk mendukung bisnis Sahabat adalah kemampuan scanner ini yang mendukung untuk kerja cepat dan produktif karena memang didesain untuk bisnis profesional.

Bagaimana tidak? Scanner ini dapat melakukan scan hingga 30 page per minute. Ditambah kapasitasnya yang maksimal, dapat melakukan scan secara Automatic Document Feeder (ADF) yakni melakukan scan dua sisi secara otomatis hingga 50 lembar yang berbentuk lembar 27 hingga 413 GSM.

Hasil Memuaskan

Dengan resolusi optikal hingga 600 x 600 dpi dan terinterpolasi 1200 x 1200 dpi, maka hasil dari Scanner Brother Ads 2400N ini terbilang sangat memuaskan. Ditambah dengan desain jendela output yang memiliki sudut yang baik, maka kertas input akan keluar dengan mudah dan tidak akan mudah terlipat.

Dapat Bekerja Tanpa PC

Saya katakan bahwa scanner ini merupakan scanner bagus. Kenapa? Karena Scanner Brother Ads 2400N ini merupakan scanner yang mudah digunakan dan mementingkan kesederhanaan. Scanner ini memiliki fitur scan ke usb yang dapat Sahabat gunakan untuk melakukan scan tanpa pc langsung ke usb flashdisk. Dengan fitur ini, Sahabat enggak perlu repot kalau memerlukan proses scan secara tiba-tiba dan dibutuhkan segera.

Keren ya?

Didesain untuk Kebutuhan Kerja Bisnis

Yang juga mengesankan, scanner ini memang didesain untuk kebutuhan bisnis. Terdapat baragam fitur scan yang didesain khusus untuk kebutuhan bisnis yakni adanya kemudahan melakukan scanning untuk multi departemen melalui file, email, gambar, jaringan, software OCR, SharePoint, USB Host, bahkan FTP/SFTP.

Wired Network

Sebagai network scanner, Scanner Brother Ads 2400N dapat melakukan pencarian lewat jaringan tanpa harus melakukan log on pada PC Sentral atau memasang software pada beberapa titik lokasi.

Artinya, scanner ini dapat membagikan informasi hasil scan kepada seluruh tim dan departemen tanpa harus melibatkan banyak pengguna.

Integrasi Mudah dan Mendukung Beragam Sistem Operasi

Didesain sebagai desktop scanner, Scanner Brother Ads 2400N sangat mudah untuk diintergrasikan dengan berbagai driver seperti TWAIN, WIA, ICA, SANE, dan ISIS. Dengan adanya integrasi driver ini, Sahabat akan lebih mudah melakukan integrasi software dan memproses gambar.

Selain itu scanner ini juga telah mendukung pengoperasian pada sistem operasi Windows, Linux, dan juga Mac.

Wah, hebat kan?

Harga Murah

Menariknya, dari seluruh fitur keren di atas, scanner ini dihargai sangat terjangkau oleh kalangan bisnis kecil hingga besar. Berapa harganya? Yeay hanya sepuluh jutaan saja. Lebih detilnya Rp10.590.000 berdasarkan data harga official. Mungkin saja harga di toko lain lebih murah atau lebih mahal.

Hmm, dengan fitur lengkap namun harga miringnya, Sahabat tertarik kan untuk membelinya? Kalau saya sih tertarik banget.

Dari beberapa alasan perekomendasian saya di atas, secara tidak langsung Sahabat bisa mengetahui juga bahwa Scanner Brother Ads 2400N ini dapat di gunakan dalam beberapa bidang dan sektor yang telah saya paparkan pada bagian ‘Penggunaan Scanner Masa Kini’ bukan?

Ya, scanner ini dapat Sahabat gunakan untuk kepentingan bisnis pendidikan, kesehatan, finansial, rekruitmen karyawan, hingga pengembangan bisnis. Yeay!

Vidio Official Scanner Brother Ads 2400N

Yuk lihat juga bagaimana fitur dan cara kerja scanner ini secara lebih lengkap melalui vidio di bawah ini.

 

Pilihan Tipe Lain Scanner Brother

Selain tipe Ads 2400N, Scanner Brother juga memiliki beberapa tipe lain yang memiliki fitur bawaan dan unggulan yang berbeda-beda. Untuk bisnis sendiri, terdapat tipe Ads 2800W dan juga Ads 3000N yang bisa menjadi pilihan selain tipe Ads 2400N ini. Adapun sahabat dapat melihat detail dan harga scanner tersebut di daftar katalog Scanner Brother pada tautan berikut.

Katalog Scanner Brother

Saatnya Produktif untuk Sukses

Saat ini adalah zamannya produktivitas. Sangat jelas, dalam sebuah bisnis, produktivitas menjadi hal yang harus selalu ditingkatkan semaksimal mungkin. Untuk itu, penggunaan document scanner untuk menunjang berbagai hal dalam bisnis seperti yang telah dijelaskan di atas haruslah dilakukan sesegera mungkin.

Yuk saatnya kita bangun produktivitas bisnis!

Referensi

Tulisan ini ditulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis, serta sumber-sumber referensi di bawah ini.

  • http://www.brother.co.id/id-ID/work/products/all-scanners/scanners/ads-2400n
  • https://www.brother-usa.com/products/ADS2400N#specifications
  • http://www.brother.co.id/id-ID/work/products/all-scanners/scanners?fr=wireless

Keterangan

Sebagian gambar fitur pada tulisan ini diolah menggunakan sumber gambar freepik.com dan software inkscape.

3Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Kreator Konten Daring dan Programmer. Bloger Bandung. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Hubungi saya melalui email arsabandung@gmail.com . Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai