Special Review Jagoan Hosting: Cloud Hosting Mantap untuk Blog dan Website Kamu

Bicara soal hosting, bagiku merupakan hal yang paling krusial di saat kita sedang mengembangkan sebuah blog dan website. Hosting adalah kunci utama suatu blog dan website dapat berselancar dan menyebar luas ke jaringan internet.

Hosting adalah tempat untuk menyimpan segala macam kebutuhan suatu website agar dapat online di dunia maya atau internet. Agar website kita bisa online di dunia maya, maka tentu website kita membutuhkan layanan hosting.
– www.jagoanhosting.com –

Apabila kita misalkan sebuah blog atau website ini sebagai gedung pencakar langit, maka hosting adalah gedungnya, domain sebagai nama gedungnya, dan konten sebagai isi gedung dengan beragam fungsinya (perusahaannya).

Yap, tanpa adanya gedung yang mumpuni, akan ada banyak fungsi perusahaan yang terkendala masalah. Begitupun dengan website dan blog, tanpa adanya hosting yang mumpuni, akan ada banyak fungsi yang juga terkendala masalah.

Oleh karenanya, Sahabat perlu bersikap bijak dalam memilih hosting πŸ™‚

Tentu dalam menentukan layanan hosting, tidak baik jika bersikap asal dalam memilih hosting. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam memilih hosting. Berikut saya paparkan beberapa di antaranya.

Teknologi Yang Dipergunakan

Pastikan hosting yang akan Sahabat pilih telah menggunakan teknologi terbaru serta memberikan akses pada teknologi-teknologi terbaru. Hmm, sedih sekali memang, masih banyak sekali layanan penyedia hosting yang masih menggunakan teknologi tradisional.

Salah satu kasus dasar yang bisa saya berikan adalah: Sahabat bisa membeli hosting yang sudah menggunakan arsitektur hosting cloud ketimbang shares hosting. Atau kasus lainnya, Sahabat bisa membeli hosting yang telah dipersenjatai dengan storage SSD ketimbang hosting dengan storage HDD, membeli hosting yang telah support dengan bahasa pemrograman web terbaru, dan memiliki panel hosting terbaik yakni cPanel.

Menyesuaikan dengan Kebutuhan Penggunaan

Dalam memilih hosting, perlu juga disesuaikan dengan kebutuhan Sahabat semua. Ibarat memilih rumah, jika keluarga yang akan menempati rumah tersebut berjumlah 10 orang, maka enggak layak banget jika Sahabat membeli rumah tipe 21. Hehe.

Hal-hal dasar yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan antara lain: besaran storage, besaran bandwith, dan jumlah maksimal database.

Professionalitas Perusahaan

Professionalitas perusahaan ada kalanya sangat dibutuhkan oleh kita. Demi menjamin keberlangsungan website dan blog kita.

Professionalitas perusahaan yang saya maksudkan di sini ialah mengenai pelayanan yang diberikan kepada setiap customernya (pelayanan 22/7 atau pengadaan promo), penjagaan kualitas hosting (perbaikan server apabila terjadi masalah), dan lain sebagainya.

Professionalitas perusahaan ini bisa kita nilai dari review-review pelanggan mereka.

Kemudahan Penggunaan

Percayalah, enggak semua penyedia layanan hosting memberikan kemudahan bagi para customernya. Layanan-layanan online chat, dashboard yang mudah dipahami, atau adanya fitur bantuan-bantuan teknis bisa memudahkan kita dalam mengelola blog dan website.

Dan pastikan juga, bahwa hosting Sahabat juga memberikan hak akses yang luas kepada Sahabat. Karena nyatanya, ada hosting yang membatasi semua itu semisal menghapus hak akses untuk mengatur versi PHP.

Harga yang Ditawarkan

Dan yang terakhir, pastikan bahwa harga yang ditawarkan sesuai standar atau lebih murah berdasarkan fitur yang diberikan hoho. Toh masih banyak penyedia hosting yang menawarkan fitur maksimal dengan harga yang murah. Kalau ada yang lebih murah kenapa engga?

Bicara soal teknologi hosting, saat ini ada dua bentuk umum dari suatu hosting: cloud hosting dan shared hosting. Saya sengaja melampirkan perbedaannya di tulisan ini. Karena bagi saya pengetahuan ini merupakan hal penting yang harus Sahabat semua ketahui.

Apa sih bedanya shared hosting dengan cloud hosting?

Shared Hosting = Hosting Tradisional

Pada shared hosting, web Sahabat akan disimpan pada sebuah mesin server. Server tersebut akan digunakan secara bersama-sama oleh beberapa pengguna shared hosting lainnya. Sehingga sumber daya yang ada akan digunakan secara bersama-sama pula.

Nah, jika salah satu web pengguna sedang banyak pengunjung, maka hal ini akan berdampak pada web pengguna lainnya sob. Al hasil, web bisa menurun kecepatannya atau bahkan bisa down.

Cloud Hosting = Hosting Masa Kini

Sedangkan pada sistem clouh hosting, web akan di hosting pada serangkaian server-server yang saling berhubungan satu sama lain dan berfungsi sebagai satu kesatua. Web sahabat tidak akan bergantung pada satu mesin sever saja. Jadi, kalau salah satu mesin server rusak, maka server lainnya akan mengambil alih sob.

Nah, selain itu, web Sahabat juga akan mendapatkan alokasi sumber daya khusus yang enggak terbagi dengan pengguna lainnya. Jadi kalau web Sahabat penuh pengunjung, yang terdampak hanya web Sahabat doang, tidak berdampak sama sekali pada pengguna lainnya.

Secara teori, begini perbedaan di antara keduanya:

Sumber gambar: premiuminfo.org

Begitu…

Nah sesuai judul, topik utama pada tulisan kali ini saya akan memberikan review spesial mengenai cloud hosting dari Jagoan Hosting (maap, muter-muter dulu, demi kebaikan bersama hihi πŸ™‚ ).

Hmm, penasaran kan apa yang spesial dengan paket cloud hosting dari Jagoan Hosting?

Jagoan Hosting?

Perlu Sahaat ketahui, Jagoan Hosting adalah penyedia layanan web hosting Indonesia terbaik dengan berbagai produk termurah se-Indonesia.

Ada banyak layanan yang tersedia di Jagoan Hosting ini:

  1. Web Hosting
  2. Cloud Hosting
  3. VPS Cloud
  4. Domain

Setiap layanan Jagoan Hosting telah dipersenjatai dengan teknologi web hosting indonesia paling powerfull dengan segala kemudahan fitur dan layanan terbaik web hosting.

Oh ya, penyedia layanan hosting Jagoan Hosting ini bisa kamu akses dari url jagoanhosting.com πŸ™‚ .

Cloud Hosting Indonesia dan Singapore

Saat ini, Jagoan Hosting menawarkan dua paket cloud hosting: Cloud Hosting Indonesia dan Cloud Hosting Singapura. Sahabat bisa dengan mudah mengakses kedua paket ini dari menu utama Jagoan Hosting.

Apa bedanya Cloud Hosting Indonesia dengan Cloud Hosting Singapore?

Sebenarnya perbedaaanya hanya terletak pada lokasi server dan beberapa tipe hardware yang dipakai. Namun untungnya, Jagoan Hosting telah menyamakan paket yang tersedia memiliki spesifikasi yang sama yaitu terbagi menjadi 3 paket:

  1. Paket Fame
  2. Paket Hits
  3. Paket Superstar

Jika Sahabat ingin menghosting website atau blog dengan target pengunjung Indonesia, maka sangat baik untuk memilih Cloud Hosting Indonesia. Nah, kalau target pengunjungnya adalah pengunjung Internasional, maka lebih baik Sahabat memilih paket Cloud Hosting Singapore.

Tiga Paket Keren Cloud Hosting dari Jagoan Hosting

Masing-masing Cloud Hosting Indonesia dan juga Singapore memiliki tiga paket keren dengan spesifikasi berikut.

Paket FAME

Benar kata Jagoan Hosting, paket ini ditujukan untuk blog pribadi sederhana (blog tulisan saja) atau web landing page yang notabene tidak membutuhkan banyak space.

Sesuai dengan spesifikasinya yang imut, harganyapun juga imut unyu unyu wkwk. Cuma lima ribuan saja per bulannya.Info Detail:

Paket HITS

Naik satu tingkat setelahnya, ada yang namanya paket HITS. Paket HITS ini saya katakan cukup untuk membuat website-website fungsional yang tidak membutuhkan banyak ruang storage, semisal website organisasi, website aplikasi, atau toko online dengan jumlah porduk minimalis.

Mantapnya, paket ini sudah dibelaki dengan developer tools yang bakalan memudahkan para developer mengembangkan website.

Paket SUPERSTAR

Ini nih yang paling saya suka. Paket superstar yang bisa membuat website dan blog kita menjadi bintang. Dengan membawa storage unlimited, jumlah database maksimal yang banyak, developer tools, dan gratis domain .com untuk pembelian hosting minimal 1 thaun.

Paket ini adalah paket super lengkap dengan harga murah yang pernah saya temui. Cocok banget untuk beragam jenis website atau blog dengan jumlah artikel banyak sekalipun.

Telah Dibekali Server Hebat

Masing-masing Cloud Hosting Indonesia dan Singapore pun telah dibekali server hebat nan tangguh. Berikut saya screenshot kelebihdan dari keduanya.

Cloud Hosting Singapore

Cloud Hosting Indonesia

Mantap abis bukan? Hoho…

Kebetulan eh kebetulan… Saat ini saya adalah seorang mahasiswa teknik informatika yang biasa melakukan pengembangan website (developer) plus saya pun adalah seorang bloger aktif yang telah berkecimpung di dunia bloger sejak lima tahun lalu. Hihi.

Nah, berdasarkan pengalaman pribadi sebagai seorang bloger dan developer, saya rasa paket cloud hosting dari jagoan hosting di atas bener-bener cocok buat para bloger dan developer tanah air.

Apa alasannya?

Ya tentu dari fitur yang ditawarkan dong. Apalagi itu paket Superstar yang bikin ngiler semua orang.

Bloger pasti butuh storage yang besar untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan artikel yang banyaknya. Plus juga butuh kecepatan kases blog yang mumpuni. Dan semua itu ada di paket Superstar.

Untuk Developer juga sama. Keberadaan Developer Tools yang sudah bisa didapatkan di Paket Hits sanga membantu developer seperti saya untuk mengembangkan website dengan lebih leluasa.

Dan pastinya yang enggak kalah penting, Jagoan Hosting juga memberikan pelayanan yang maksimal kepada setiap pelanggannya. Dengan memberikan empat layanan berikut:

Hmm, kepincut buat beli hosting di Jagoan Hosting kan… Hihi πŸ™‚

Selain fitur hostingnya yang mantap abis, yang saya suka dari Jagoan Hosting adalah mereka sering mengadakan promo yang menggiurkan.

Untuk di akhir tahun 2018 dan menyambut tahun baru 2019 ini, Jagoan Hosting sedang melakukan promo besar-besaran #MakinMudah. Yeay!

Ada banyak promo yang ditawarkan, mulai dari promo hosting murah dan domain murah yang gak boleh kamu tinggalkan kesempatan seru ini. Hmm, buat kamu yang kepincut dapetin promo ini bisa langsung akses tautan di bawah ini.

Fiuh… Rasanya cape juga ya nulis artikel sepanjang ini. Tapi, sebetulnya masih banyak yang ingin saya sampaikan tentang Jagoan Hosting ini. Cuma ya bagaimana lagi, gak bagus juga kalau buat artikel sangat panjang. Tapi saya harap, tulisan ini bisa membuat Sahabat semua mengenal lebih dekat Jagoan Hosting dengan berbagai kehebatannya.

Dan inilah saatnya saya mengajak Sahabat untuk menjadi bagian dari #SobatJagoan. Yuk beli hosting dan domain untuk website dan blogmu di Jagoan Hosting. Dan untuk kamu yang sudah punya hosting di luar sana, yuk ah pindahin ke Jagoan Hosting. Ada layanan migrasi kok. Plus mumpung lagi ada promo juga kan… hehe

Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Semoga tulisan ini bermanfaat ya πŸ™‚

Gambar fitur di blog ini diambil dari sumber referensi dan hasil olahan gambar lisensi gratis freepik.com menggunakan software inkscape.

Muhammad Fadillah Arsa

Kreator Konten Daring dan Programmer. Bloger Bandung. Founder Forum Bloger ID. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Hubungi saya melalui email arsabandung@gmail.com . Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai