Assalamu’alaikum.wr.wb. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Kalau sebelumnya saya telah menceritakan pengalaman saya bisa masuk OSN Tingkat Provinsi, alias OSP. Pada kiriman kali ini saya akan membagikan tips-tips atau kiat-kiat yang saya lakukan sehingga bisa masuk ke OSP. Hmm, meski pada kenyataannya di tingkat OSP, saya gagal masuk OSN. Tapi ya, lumayanlah peringkatnya, gak anjlok-anjlok amat. Dan semoga aja, apa yang saya share di sini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Aaamiin.

Kuncinya Ada di Persiapan

Kunci kemenangan dari semua event adalah persiapan. Mau lomba balap karung kek, mau olimpade, mau sepak bola, pokoknya semua ajang perlombaan, kunci dari kemenangannya ada di persiapan. Ya biar bagaimanapun mau seencer apapun otak kamu, kalau persiapannya minim, bakal kalah sama yang otaknya gak terlalu encer tapi persiapannya matang.

So, kalau kamu emang niat mau masuk OSN, persiapin segalanya mulai dari sekarang. Usul sih, satu tahun sebelumnya udah disiapin matang-matang.

Buat agenda, kalau satu bulan menuju olimpiade itu, kamu tinggal latihan soal dan pemantapan. Jadi, semua materi harus sudah kamu kuasai sebelum satu bulan mau lomba.

Banyakin Baca Buku

Hmm, yang namanya olimpiade itu diikuti sama orang-orang pinter yang kutu buku dan punya banyak pengetahuannya. Mulai baca dan pahami satu per satu buku yang kamu miliki, malah kalau bisa beli atau pinjam ke perpustakaan. Beruntunglah yang sekolahnya punya perpustakaan…

Saya sendiri karena bukan anak IPS, tapi ikutan OSN bidang Ekonomi, membuat saya harus belajar lebih dari lawan-lawan. Alhamdulillah, 10 buku lebih berhasil saya baca. Mulai dari buku pelajaran, buku umum ekonomi, sampe buku Ensiklopedia.

Untuk kamu yang masuk olimpiade ekonomi, nih ada beberapa rekomendasi sumber belajar yang perlu kamu baca:

  • Buku Paket Ekonomi Erlangga
  • Buku Paket Ekonomi Yudhistira
  • Buku Olimpiade Ekonomi Yrama Widya
  • Pengantar Ilmu Ekonomi Sadono Sukirno
  • EBook Bank Syariah (googling aja)
  • Vidio Pembelajaran Zenius.net

Itu semua sih sumber untuk bidang ekonomi, akuntansinya sendiri saya belajar dengan guru.

Banyakin Belajar dengan Guru

Mau guru sekolah, mau guru privat, mau guru bimbel, ataupun teman yang lebih pintar. Mulailah meminta tambahan pelajaran dari guru. Asli, bimbingan dari guru bisa membuat ilmu kamu lebih nempel ketimbang cuma baca buku. Hmm, saya sendiri pernah belajar dua kali dengan Bu Kinanti, penulis Buku Paket Ekonomi Yrama Widya, lumayan…

Banyakin Ngisi Soal

Percaya deh, kadang ada beberapa soal yang sama. Ada yang dari soal satu tahun sebelumnya, ada juga soal lima tahun sebelumnya keluar lagi.

Eits, tapi ngisi soal bukan berarti menghafal soal. Kalau bisa, tiap nemu soal, tuliskan sub-bagian apa yang ditanyakan. Dari situ, kamu bisa tau sub-bab apa aja yang keluar di olimpiade.

Di Atas Langit Masih Ada Langit

Ada saatnya kamu harus melihat jauh ke atas. Jangan cuma ngeliat kawan-kawan se-sekolah atau se-kabupaten. Saya sendiri waktu masuk OSP berasal dari ranting Kabupaten Bandung yang notabenenya jarang masuk OSN.

Berpikirlah bahwa untuk bisa lolos ke OSP ataupun ke OSN. Kamu harus bisa mengalahkan lawan-lawan yang berasal dari daerah berbeda. Tentu ilmunya pun berbeda pula. Banyak lawan yang pinternya minta ampun.

Ada Masanya Kamu Harus Mengejar Impian

Kalau memang masuk OSP ataupun OSN adalah impian kamu. Maka jangan tanggung-tanggung untuk bisa meraihnya. Kerjalah dengan segala upaya. Toh kerja keras gak akan mendustai hasil. Malah saya kira jangan tanggung-tanggung. Kalau memang niat olimpiade, niatkan untuk bisa masuk OSN tingkat Nasional sekalian. Kalau niat udah kuat, semua bakal ngikut kok. Percaya deh?

Hasil Saya di OSP

Meski gak begitu suka dengan hasilnya, ya, kalau gak lolos mana bisa suka. Tapi ya saya harus menerimakan. Biar bagaimanapun itu udah yang terbaik lah.

Saya berhasil meraih juara 2 OSN Ekonomi tingkat Kabupaten Bandung. Di OSP tingkat Jawa Barat sendiri, saya berhasil meraih peringkat 17. Cukup luar biasa memang, bagi seorang anak IPA yang nekat masuk bidang Ekonomi.

Nah, bagi kamu yang emang udah dari awal anak IPS, jangan mau kalah dong dengan saya. Gapai prestasimu sebaik mungkin.

Semoga bermanfaat. Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum.wr.wb.


Penulis: Muhammad Fadillah Arsa

Panggil saja saya dengan sebutan "Kang Arsa". Seorang mahasiswa yang senang menulis. Karena dengan menulis, setiap ide akan mengalir menumbuhkan benih-benih pejuang baru...

2 Replies to “Tips Agar Bisa Masuk OSN Tingkat Provinsi

  1. Wih ada anak OSN nih, kece banget.

    Saya juga pingin banget ikutan OSN dan kalau bisa pengen banget sampe IChO (ngarepnya ketinggian wkwk).

    Sayangnya saya sekolah di SMK. Dulu sih ada yang namanya OSTN untuk anak SMK, tapi sekarang sudah dihapus 🙁

  2. Sama, ngarep mah bisa dapet medali emas. Tapi apa daya, kemampuan saat itu belum bisa mengubah takdir lolos ke nasional… Huhu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *